Tips, Bisnis Online Yang Cocok Untuk Pemula

Pusing Memilih Bisnis Online?

Cek Tips Bisnis untuk Pemula, di Sini!

Meski internet sudah merambah ke banyak tempat di seluruh dunia, tidak semua orang terbiasa menggunakannya. Barangkali termasuk Anda. Kemudian ada tawaran memulai bisnis secara online. Padahal sebagai pemula, Anda merasa tidak memiliki kompetensi untuk menjalankannya. Wah, jangan menyerah semudah itu. Peluang di depan mata harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Coba cek bisnis online yang cocok untuk pemula di sini, deh!

Beberapa Contoh Bisnis Online yang Mudah Dilakukan Pemula

1. Membuka toko secara online

Anda bisa menjual berbagai macam produk di internet. Keuntungan dari internet adalah membuka kesempatan bagi banyak orang di seluruh dunia untuk terkoneksi dan saling berhubungan.

Jika tidak memiliki produk sendiri, seorang pemula dapat menjadi reseller. Mereka mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang diberikan penjual aslinya.

Membuka toko secara online tidak melulu harus punya website. Ada banyak start up seperti BukaLapak, Tokopedia, Lazada, dan sebagainya yang menawarkan para pemilik produk untuk berjualan di marketplace tersebut.

Sebagai pemula, ada banyak jenis toko online yang bisa dicoba seperti menjual produk kebutuhan sehari-hari. Contohnya sabun mandi, pasta gigi, sampo, dan sabun cuci muka. Pilih produk yang berkualitas atau produk yang jarang dijual di toko konvensional.

2. Mengisi survei online

Salah satu bisnis online yang bisa dijalani dengan mudah bagi pemula adalah mengisi survei. Banyak perusahaan yang menawarkan untuk mengisi beragam survei dengan tema yang telah ditentukan.

Meski tidak langsung mendapatkan reward, mengisi survei dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan. Biasanya perusahaan akan membayar sejumlah uang atau dengan voucher barang setelah mengisi sejumlah survei. Ada batasan minimal pengisian survei untuk mendapatkan uang.

Jika tertarik, cari informasinya di internet dan mendaftar. Ada beberapa perusahaan yang terpercaya seperti Valued Opinions dari luar negeri atau Survei Toluna yang berasal dari Indonesia.

Mulailah mengerjakan survei tersebut setiap hari agar mendapat keuntungan lebih. Biasanya pengisi survei yang rajin akan ditawarkan terus untuk mengisi survei dengan tema yang semakin beragam.

3. Menjadi freelance

Kemudian bisnis online yang cocok untuk pemula lainnya adalah menjadi freelance atau menawarkan keahliannya pada orang lain. Jika Anda memiliki kemampuan menulis, mendesain, mengolah data, mempromosikan sesuatu maka keahlian ini dapat dijual melalui internet.

Ada banyak website yang membuka peluang mempertemukan para pekerja lepas atau freelance ini dengan perusahaan serta perorangan yang membutuhkan jasa. Misalnya Sribulancer, Freelancer, Project.id, dan banyak lagi.

Tawarkan keahlian Anda di website tersebut dan mulailah mencari pekerjaan yang sesuai. Semakin sering mendapatkan pekerjaan atau proyek di sana, maka peluang memperoleh pekerjaan baru juga meningkat.

Jika percaya diri dan memiliki banyak keahlian, promosikan di akun Anda. Semakin banyak keahlian yang dimiliki tentu peluang pekerjaan tambah banyak, bukan?

Tips Bisnis untuk Pemula

Setelah membaca tiga contoh bisnis online di atas, ada pula tips yang bisa diterapkan untuk memulai bisnis online bagi pemula. Yuk, cek di bawah ini antara lain:

1. Memiliki blog atau media sosial yang tepat

Memulai bisnis online berarti Anda perlu mempromosikan diri sendiri kepada banyak orang. Salah satu caranya bisa dengan memiliki blog yang aktif dikunjungi. Memang tidak mudah membuat blog dikunjungi, apalagi bagi pemula. Namun, hal tersebut bisa dipelajari, kok. Selain itu, miliki media sosial yang menunjang aktivitas berbisnis Anda. Contohnya Instagram untuk memamerkan foto produk yang dijual di toko online atau mempromosikan keahlian melalui Facebook.

2. Bergabung dengan komunitas

Tips kedua yang dapat dilakukan adalah bergabung dengan komunitas bisnis. Perluas pergaulan dengan pakar bisnis yang biasanya sering berbagi ilmu di pertemuan komunitas bisnis. Anda akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan ilmu, menambah relasi bisnis, bertanya pada pebisnis sukses, dan banyak lagi keuntungan lainnya.

3. Berani berjualan

Tips terakhir adalah berani berjualan. Inti bisnis adalah memasarkan sesuatu, apakah itu berupa produk atau jasa. Maka jangan sungkan untuk berjualan apa yang Anda miliki melalui internet. Berjualan melalui blog, media sosial, pesan singkat Whatsapp, Blackberry Messenger, dan platform lain bisa menghasilkan keuntungan, lo.

Bagaimana, tertarik memulai bisnis? Semoga informasi mengenai bisnis online yang cocok untuk pemula ini membuat Anda bersemangat. Sukses, ya!