Saturday , October 24 2020

Tips Belanja Cerdas dan Menguntungkan

Belanja merupakan salah satu hobi dari sebagian manusia modern. Sementara itu, apa yang dibeli kebanyakan berawal dari minat atau hobi. Misalnya saja adalah fashion. Orang yang sangat suka dengan hal-hal berkaitan fashion seperti baju, celana, aksesoris, dan barang-barang semacamnya akan berbelanja secara spesifik. Atau bisa juga beberapa contoh dari penggemar musik yang merelakan anggarannya untuk membeli beberapa album kaset/CD/Vinyl setiap bulan.

Logikanya, hobi berbelanja barang yang spesifik tentu saja membutuhkan pengetahuan tertentu. Bukan asal membeli barang, tapi mempertimbangkan dari segi mutu dan faktor lainnya. Berapapun biaya yang akan dikeluarkan, asalkan barangnya cocok pasti akan dibeli. Level kebiasaan tersebut sudah hampir setara (atau bahkan sama) dengan seorang kolektor. Untuk melakukan investasi dari kebiasaan ini, contoh yang paling mudah adalah membeli barang koleksi minimal dua. Yang satu untuk diri sendiri, sedangkan yang lain disimpan demi investasi. Tak perlu langsung menjualnya, namun tunggulah hingga setahun atau lebih. Kalau barang tersebut punya segmentasinya sendiri, peluangnya untuk laris selalu ada.

Belanja Cerdas

Belanja cerdas berarti adalah cara mengeluarkan uang untuk memperoleh barang yang diinginkan secara efisien. Bisa dalam hal biaya, waktu, lokasi, dan sebagainya. Seseorang yang sudah sangat berpengalaman dalam dunia belanja pasti telah memahami sejumlah tempat terbaik untuk berbelanja. Metode ini sekaligus akan menghemat pengeluaran tanpa harus mengurangi nilai atau mutu dari barang yang akan dibeli.

Bagikan Pengalaman Anda

Ingin membuka peluang profit dari kebiasaan berbelanja? Bagikanlah pengalaman Anda dalam sebuah blog atau website. Bahkan Anda bisa menulis berbagai ulasan mengenai produk yang baru saja Anda beli dengan gaya atau ciri khas tertentu.Cara ini sudah sangat umum di luar negeri dan kerap mendatangkan banyak keuntungan bagi pemilik/penulis blog atau website tersebut. Malahan, mereka bisa diendorse oleh sebuah perusahaan ternama yang mereknya sering menjadi langganan belanja. Bagikan setiap pengalaman Anda disertai dengan berbagai tips dan gambar-gambar yang pastinya akan mengundang banyak pembaca. Apalagi kalau Anda juga mempromosikan blog atau website Anda melalui berbagai media sosial.

Merintis Jaringan

Berbelanja bukan sekadar persoalan mendatangi pihak penjual, memilih barang, lalu melakukan transaksi. Justru Anda punya banyak kesempatan untuk melakukan komunikasi yang lebih efektif dengan para penjual, sambil menyerap informasi dan pengetahuan dari mereka. Hubungan yang semakin dekat antara pihak pembeli dan penjual juga akan semakin memudahkan diri Anda dalam merintis jaringan, manakala tertarik untuk membuka bisnis atau lahan baru.

Mulai saat ini, ubahlah kebiasaan berbelanja menjadi lebih berpeluang melalui berbagai contoh di atas. Kelihatannya memang sangat mudah, namun Anda akan butuh banyak langkah dan penyesuaian demi mencapai tujuan.

About Bas