Monday , October 19 2020

9 Tips Merasa Bahagia Setiap Hari

Bahagia menjadi tujuan hidup semua orang di dunia. Namun, tidak semua orang bisa merasakan bahagia setiap hari. Bahkan seorang miliuner bisa saja merasa kurang bahagia walaupun dia bisa membeli segalanya yang diinginkan. Bahagia lebih menekankan pada perasaan emosional seseorang dalam menjalani kehidupan setiap hari. Bahagia memiliki harga sangat mahal karena tidak bisa dibeli dengan uang berapa pun jumlahnya.

Jika selama ini Anda masih kurang merasa bahagia, mungkin ada sesuatu yang salah dengan diri Anda. Berikut tips bahagia setiap hari yang bisa dilakukan:

1. Mencintai Diri Sendiri

Sudahkah Anda mencintai diri sendiri? Bagaimana orang bisa mencintai Anda jika Anda tidak mencintai diri sendiri? Dengan mencintai  diri sendiri, maka akan membuat Anda semakin percaya dan yakin pada diri Anda. Begitu juga dengan orang lain.  Hal itu akan membawa Anda pada perasaan bahagia.

2. Selalu Bersyukur dan Ikhlas

Bersyukur merupakan cara yang paling gampang untuk membuat Anda merasa bahagia. Bersyukur atas rezeki yang Anda dapat berapa pun jumlahnya dan atas semua yang Anda miliki. Bersyukur di tengah-tengah masalah yang sedang Anda hadapi. Dengan bersyukur dan ikhlas, akan membuat diri Anda tenang.

3. Jangan Mengeluh

Mengeluh adalah kebalikan dari bersyukur. Mengeluh hanya akan membuat Anda menjadi orang yang lemah dan makin terpuruk. Semua manusia di dunia ini sudah memiliki porsi cobaannya masing-masing. Jika Anda selalu merasa kekurangan dan tidak sempurna, percayalah bahwa ada orang lain di luar sana yang lebih menderita dari Anda. Jangan selalu melihat ke atas, karena Anda juga perlu melihat mereka yang jauh lebih tidak beruntung dari Anda.

4. Selalu Tersenyum

 

Tersenyum akan membuat aura positif. Dengan tersenyum, orang-orang di sekitar Anda juga akan memberikan senyum pada Anda. Senyum dapat menghapus rasa sedih dan mendatangkan hal-hal baik. Seperti pepatah yang mengatakan, ‘Awali hari dengan senyuman’.

5. Berpikir Positif

Pikiran positif akan membawa Anda pada hal-hal positif. Ketika Anda sedih atau sedang mendapat masalah, pikirkanlah bahwa kesedihan dan masalah pasti akan berlalu. Setiap masalah yang datang, hanya untuk  menguji seberapa tangguhkah Anda. Selalu berpikir positif, maka Tuhan akan memberi Anda hal baik.

6. Hilangkan Rasa Takut

Rasa takut yang Anda alami hanya akan membuat Anda dalam masalah. Rasa takut akan menarik Anda dari lingkungan. Akhirnya, Anda akan terjebak pada kondisi lingkungan individualisme. Kondisi seperti ini akan membuat Anda selalu diikuti rasa khawatir.

7. Memiliki Hubungan Baik Dengan Orang di sekitar Anda

Memiliki keluarga yang harmonis, tetangga yang baik, teman-teman yang peduli menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Anda. Memiliki banyak kenalan akan menambah rezeki. Membina hubungan baik dengan orang-orang akan membuat Anda  merasa lebih bahagia.

8. Lakukan Sesuatu Untuk Orang Lain

Bisa membantu orang lain yang membutuhkan adalah hal menyenangkan dan membuat perasaan lebih bahagia. Setiap kali Anda memiliki kesempatan, bantulah orang yang Anda kenal maupun tidak. Setiap kesedihan, penderitaan, ataupun ketidakberuntungan orang lain juga bisa Anda rasakan. Dengan melakukan hal untuk orang lain, akan membuat mereka bahagia. Jika mereka bahagia, bukankah Anda bisa ikut bahagia? Inilah cara yang bagus untuk Anda belajar bagaimana mendapat kebahagiaan.

9. Luangkan Waktu Untuk Jalan-Jalan

 

Anda perlu memanjakan diri setelah lelah beraktivitas. Rehat sejenak dari pekerjaan kantor, urusan rumah tangga, dan aktivitas lainnya yang memakan tenaga dan pikiran. Sekadar jalan-jalan ke pantai, meluangkan waktu untuk menonton bioskop, dan mampir ke tempat makan favorit, atau pergi ke salon bisa menjadi pilihan. Hal tersebut akan mengembalikan pikiran segar.

Nah, sudahkah Anda merasa bahagia hari ini? Tips bahagia setiap hari semoga bisa membantu  Anda untuk menemukan kebahagiaan. Karena Anda berhak mendapatkannya. Selamat mencoba!

About Bas