Tuesday , October 20 2020

Tips Bagi Seorang Janda Bijak Mengatur Keuangan

Bagi Anda yang merupakan janda dengan memperoleh pensiun, maka patut bersyukur. Sebab masih ada uang bulanan yang diterima untuk sumber kehidupan hingga akhir hayat. Meskipun Anda dapat dikatakan terjamin, namun jika sifat boros tidak mampu dikekang, maka yang terjadi uang bulanan atau lebih tepatnya uang pensiunan yang diterima akan cepat habis sebelum akhir bulan. Seorang janda dengan uang pensiunan harus bijak dalam mengatur keuangannya. Yaitu, dengan cara berikut ini.

Utamakan Prioritas

Prioritas itu adalah mendahulukan manakah yang paling dibutuhkan untuk kehidupan Anda. pastikan Anda hanya membeli kebutuhan yang pokok dan mendasar. Jangan pakai uang pensiunan suami untuk membeli hal-hal yang bukan tergolong prioritas. Lebih baik Anda dahulukan uang pensiunan tersebut untuk dapat memenuhi kebutuhan Anda agar dapat bertahan hingga bulan depan. Jangan sampai Anda harus kehabisan uang dan memiliki hutang. Jika Anda masih kuat untuk bekerja, tentu tidak masalah ada penghasilan untuk membayar hutang. Namun jika fisik sudah tidak memungkinkan untuk bekerja. Lalu dari mana Anda dapat membayar semua hutang yang Anda miliki. Untuk itu, prioritaskan kebutuhan dan jangan sekali-kali tertarik berhutan bagi seorang janda.

Menabung

Menabunglah agar keuangan Anda tidak terbang kesana-kemari. Menabunglah untuk kebutuhan yang benar-benar harus Anda penuhi. Menabunglah untuk berjaga-jaga. Sisihkan sebagian uang pensiunan yang Anda terima untuk ditabung di bank. Jangan belanjakan seluruhnya. Tabungan yang Anda miliki termasuk cara yang bijak dalam mengatur keuangan bagi seorang janda. Apalagi jika Anda masih memiliki anak yang masih dalam tanggungan. Belum selesai sekolah dan perlu biaya. Sehingga tabungan tersebut tentu akan membantu Anda untuk menyisihkan sebagian uang bulanan guna membayar sekolah anak Anda. Jangan sampai lupa untuk hal tersebut jika Anda masih memiliki tanggungan anak saat menjadi janda.

Memiliki Usaha

Bagi seorang janda diperkenankan untuk memiliki usaha dengan mengambil uang pensiunan milik suami. Cara ini agar Anda dapat memiliki penghasilan di luar uang pensiun. Jika Anda tidak ingin menjalankan usaha dengan repot, maka dapat berinvestasi dengan memiliki kos-kosan atau rumah sewa. Sehingga setiap bulan atau tahunnya akan diperoleh penghasilan selain dari uang pensiun. Namun jika Anda termasuk janda yang ulet dan tidak betah hanya duduk di rumah menunggu setiap bulan berganti, maka bukalah usaha yang mampu Anda jalankan. Ingat pula usia, jangan sampai mengorbankan fisik yang sudah tidak sekuat dulu untuk bekerja. Jika memang tidak memungkinkan, maka pilihlah usaha yang memang tepat untuk seorang janda sesuai usia Anda.

Hati-hati Mengambil Kredit

Tidak dapat dipungkiri jika seorang ibu-ibu selalu tertarik untuk mengambil kredit. Apalagi jika saat arisan ada sales yang mempromosikan suatu produk. Laper mata akan membuat Anda harus mengambil kredit produk tersebut. tanpa disadari Anda telah memiliki banyak kredit. Jika kemudian uang pensiun hanya akan habis untuk membayar kredit, lalu apa yang bisa Anda lakukan untuk kehidupan sehari-hari? Jadi, jangan sampai Anda lalai untuk mengatur keuangan dari uang pensiun yang diperoleh. Lebih baik abaikan setiap tawaran kredit yang datang ke hadapan Anda. kredit yang tidak penting adalah bentuk dari keinginan yang harus dikekang dengan kuat bagi seorang janda.

About Bas