Thursday , October 29 2020

Tips Benar dan Aman Parkir Mobil Untuk Pemula

Cara Aman Parkir Mobil Untuk Pemula

 

Segala sesuatu yang hanya kita lihat itu biasanya terlihat mudah, tetapi belum tentu saat kita mencoba melakukannya sendiri. Begitu juga dengan berkendara. Bagi Anda yang masih pemula dalam hal mengemudi, besar kemungkinan Anda juga masih bingung bagaimana cara memarkir mobil yang baik dan benar.

Pengendara umumnya mencari tempat yang sesuai dengan ukuran kendaraannya. Jadi jangan terburu-buru memilih tempat parkir karena ada mobil lain di belakang Anda. Sebab jika ukuran mobil Anda tidak sesuai dengan ruang yang ada terutama jika terlalu sempit, maka akan mempersulit Anda ataupun pemilik kendaraan disebelah Anda untuk keluar/masuk mobil.

Kurang kewaspadaan saat memarkir kendaraan bisa mengakibatkan kerugian baik bagi mobil Anda maupun pengendara lain. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut kami akan memberikan tips-tips bagaimana memarkir mobil bagi pemula.

 

1. Pilih Tempat Parkir di Sisi Jalan

Jika Anda berada di tempat yang ramai, usahakan parkir di sisi jalan yang sekiranya tidak mengganggu kendaraan lain. Tujuan parkir di sisi jalan raya juga akan memudahkan Anda ketika melakukan proses parkir yang tidak mengganggu mobil lain dari kedua arah. Sehingga Anda akan lebih fokus dan tidak tergesa-gesa karena banyak mobil yang menunggu Anda selesai.

Jangan memberhentikan mobil secara mendadak saat sedang mencari tempat parkir untuk menghindari tabrakan dari belakang oleh mobil lain. Lebih baik Anda mengemudi secara perlahan sampai mendapatkan tempat parkir yang tepat dan jangan lupa untuk menyalakan lampu sein agar pengendara di belakang Anda dan tukang parkir tahu jika Anda sedang mencari tempat untuk parkir.

Jika Anda parkir di basement supermarket, hindari troli! Pastikan di area parkir Anda tidak terdapat jalan troli yang dapat mengakibatkan goresan pada mobil Anda.

 

2. Buka Jendela dan Matikan Audio Agar Lebih Fokus

Tujuan dari membuka jendela mobil dan mematikan audio adalah untuk memaksimalkan konsentrasi Anda serta dapat mendengar lebih baik apa yang terjadi disekeliling mobil Anda. Anda perlu belajar untuk membagi konsentrasi antara memainkan putaran setir dan pedal-pedal yang ada di kaki Anda.

Jangan berusaha menghafal teknik, tapi berusahalah untuk memahami kondisi sekeliling Anda. Dengan begitu Anda bisa lebih fokus dengan lingkungan serta instruksi dari tukang parkir. Pastikan keadaan di sekitar ruang parkir aman, misal terdapat tiang, pagar pembatas, garis parkir dll. Jika masih ragu, jangan ragu turun untuk mengawasi sekitar ruang parkir.

 

3. Maksimalkan Penggunaan Kaca Spion

Sebagai seorang pengendara mobil yang baik, kita harus mampu untuk memaksimalkan penggunaan kaca spion untuk memantau keadaan sekitar. Disaat seperti ini, kaca spion sangatlah penting. Anda akan sangat membutuhkan bantuan spion saat anda akan memarkir mobil, ataupun berjalan mundur di tempat yang terbatas.

Hal yang harus anda camkan adalah, jangan pernah merasa malu untuk mengeluarkan kepala anda dari jendela untuk mengintip sejauh manakah jarak mobil Anda dengan pembatas-pembatas yang ada di area parkir (namun pastikan kondisi sekitar sudah cukup aman ya). Selain itu, jangan hanya mengutamakan kaca spion kiri dan kanan saja untuk memantau bagian belakang mobil. Anda sesekali juga harus memperhatikan kaca spion tengah mobil.

 

4. Berikan Jarak Kanan dan Kiri Saat Memarkir Mobil

Ketika Anda sudah mendapatkan area parkir yang pas, maka selanjutnya Anda harus memperhatikan jarak aman kiri dan kanan antar mobil. Pastikan ada jarak di kiri kanan untuk membuka pintu mobil bagi penumpangnya. Umumnya ada garis parkir di area parkir untuk setiap mobil. Sebisa mungkin posisikanlah kendaraan Anda agar berada tepat di tengahnya.

Sebagai pemula, anda mungkin akan sedikit kesulitan untuk melakukan hal ini. Namun, anda bisa melakukan hal ini dengan mudah hanya dengan sedikit keberanian dan perhitungan. Bila kondisi tempat parkir ternyata tidak memungkinkan untuk memberi jarak aman ini, jangan sekali-kali nekat dengan tetap memarkirkan mobil anda di tempat yang sempit tadi.

 

5. Amankan Mobil Ketika Parkir

Mengamankan mobil ketika sedang parkir sangatlah perlu. Setelah Anda memastikan jarak kiri dan kanan Anda aman, jangan lupa pasang rem tangan dengan benar apabila Anda parkir di tempat yang datar, pasang rem tangan dan posisikan transmisi di gigi mundur (R) jika jalanan menurun juga pasang rem tangan dan posisikan pada gigi 1 apabila jalanan menanjak. Hal ini dilakukan agar mobil tidak bergerak sendiri saat Anda tinggal. Dan jangan lupa untuk memindahkan gigi ke posisi netral sebelum menyalakan mobil. Satu lagi, sempatkan waktu anda sejenak untuk menutup kaca spion kanan dan kiri.

 

Itulah tips-tips memarkir mobil yang benar dan aman bagi pemula. Jangan pernah malu untuk mencoba hal baru! Dan terutama jangan lupa utamakan keselamatan Anda sekalian. Karena keselamatan di tempat umum juga merupakan tanggung jawab kita bersama. Semoga bermanfaat.