Sepatu kulit yang masih baru memang kerap menimbulkan rasa sakit, panas, serta luka melepuh pada kaki pemakainya. Namun jangan menyerah atau mogok sehingga tidak mau mengenakannya lagi. Sebaliknya, ikuti beberapa tips berikut agar sepatu kulit lebih cepat nyaman dipakai:

1. Gunakan Minyak Khusus

Ada berbagai macam minyak yang mampu melunakkan bahan sepatu kulit, seperti mink, saddle soap, kelapa, hingga foot oil. Sebelum membelinya, tanyakan lebih dulu manakah kira-kira jenis terbaik untuk bahan sepatu kulit Anda.

Selain itu, baca baik-baik komposisi bahan produknya. Beberapa minyak mengandung pine tar, minyak kastor, mineral oils, dan bahan kimia berbahaya lainnya. Semua ini bisa membahayakan bahan sepatu karena memicu pembusukan.

Sesudah memperoleh minyaknya, bersihkan dulu sepatu dari kotoran sebelum mengaplikasikannya. Seka permukaan sepatu dengan lap basah lalu keringkan benar. Berikutnya, tes penggunaan minyaknya di area tersembunyi, karena beberapa jenis mungkin dapat meninggalkan noda.

Setelah dirasa aman, baru oleskan minyaknya untuk merestorasi dan menutrisi bahan kulitnya sehingga jadi lebih lembut.

Caranya?!

  • Tuang sedikit minyak ke wadah kecil.
  • Bungkus 2 jari (telunjuk dan tengah) dengan lap bersih, lalu celupkan ke dalam minyak.
  • Setelah itu, gosokkan minyak pelan-pelan ke permukaan sepatu dengan gerakan melingkar.
  • Biarkan minyaknya meresap, ini bisa memakan waktu beberapa jam hingga seharian penuh.
  • Selanjutnya, aplikasikan lagi jika lapisan minyak yang pertama sudah kering.
  • Setelah terserap, maka amati apakah kulit sepatu sudah lebih lunak. Jika belum Anda bisa mengulangi proses di atas hingga diperoleh hasil yang diinginkan.

2. Coba Alkohol dan Vaseline

Nah kalau resep berikutnya ini bukanlah alkohol minuman keras yang dimaksud, melainkan isopropyl alcohol yang tersedia di apotek atau supermarket.

Cara melemaskan kulit sepatu dengan alkohol dan vaseline adalah:

  • Tuang alkohol ke wadah kecil.
  • Celupkan cotton ball ke dalam alkohol lalu gosokkan ke seluruh permukaan bahan.
  • Lepas talinya (bila ada), agar alkohol juga dapat diaplikasikan ke bagian dalam sepatu.
  • Biarkan selama 30 menit hingga kering.
  • Selanjutnya, oleskan vaseline di area yang sudah diolesi alkohol. Gunakan sikat gigi supaya lapisannya tipis serta merata.
  • Diamkan sepatunya semalaman, baru seka permukaan sepatu dengan kain untuk membersihkan vaseline-nya.
  • Ulangi proses di atas kalau hasilnya belum terlalu memuaskan.

3. Pakai Sepatu Kulitnya Terus-Menerus

Alternatif terakhir untuk mempercepat proses pelemasan bahan sepatu kulit adalah dengan mengenakannya terus-menerus. Meski begitu, tak perlu seharian penuh juga, cukup ½ hari saja supaya kaki tak sakit.

Tapi, bila kaki mulai terasa sakit sebelum ½ hari mengenakannya, tak mengapa untuk melepaskannya lalu ganti dengan alas kaki lain yang lebih nyaman. Besok lusanya, baru coba kenakan lagi sepatunya.

Hindari memakainya setiap hari agar sepatu mempunyai waktu untuk melepaskan kelembaban di dalamnya. Lakukan rutin setiap 2 hari sekali saja. Nanti begitu bahan kulitnya sudah lebih lunak, baru pakai itu seharian.

Yang jelas, kunci dari semua cara yang disebutkan tadi adalah kesabaran. Bagaimanapun juga sepatu baru, terutama yang dari kulit asli, butuh waktu untuk ‘pecah’.

Memang sih bahan kulit yang lebih tipis (terbuat dari kulit anak sapi) lebih mudah lemas. Namun, untuk sepatu yang mempunyai banyak jahitan rata-rata butuh waktu lebih lama. Anda dapat mempercepat proses pelemasannya dengan mengenakan 1-2 pasang kaus kaki ketika berjalan memakainya.