8 Tips Agar Kaos Kaki Matching Sama Baju

Bagi sebagian orang, memang tidak mudah untuk tampil matching di segala situasi. Adakalanya penampilan kurang serasi sehingga membuat orang lain berkomentar atau sekadar memicingkan mata.

Sama seperti wanita, penampilan pria sebenarnya juga kompleks. Para kaum adam tak hanya perlu mempertimbangkan kemeja dan celana yang hendak dipakai, namun juga dasi, jas, sabuk, jam tangan, sepatu, hingga kaus kaki mana yang cocok dengan setelannya.

Nah meski kaus kaki sering tertutupi oleh celana dan sepatu, namun jangan abaikan pentingnya pesan yang dikumandangkan oleh item fashion satu ini. Sebab salah memadu-padankan kaus kaki dengan baju ternyata dapat merusak image.

Lantas bagaimana caranya agar kaus kaki matching dengan baju? Mari kita simak 8 tips berikut ini.

1. Hindari tabrakan antar pola

Bila celana atau setelan yang hendak dipakai sudah mengandung pola tertentu, maka jangan kenakan itu dengan kaus kaki yang juga berpola, apalagi kalau motifnya ternyata berbeda. Simpan kaus kaki berpola tersebut untuk tampilan dengan setelan polos di lain waktu. Sebaliknya, pakai kaus kaki polos untuk mengimbangi setelan tadi.

2. Kontraskan kaus kaki dengan baju bila ingin tampil lebih outstanding

Penampilan terasa membosankan karena serba abu-abu dari atas sampai bawah? Anda bisa mengubah kesan itu dengan memakai sepasang kaus kaki berwarna cerah atau yang polanya memikat mata. Hanya pastikan lagi di depan cermin bahwa tampilannya benar-benar serasi dengan dasi dan kemejanya.

3. Serasikan kaus kaki dengan dasi

Alternatif lain yang lebih gampang adalah  dengan menyamakan kaus kaki dengan dasi, entah dari segi pola atau warnanya.

4. Jangan berlebihan

Sebenarnya kaus kaki dengan pola atau warna yang menyolok mata dapat dipakai untuk berbagai event. Namun salah padu padan juga berpotensi membuat penampilan jadi lebai.

Karenanya, pertimbangkan lebih dulu, kira-kira pantas atau tidak bila memakai kaus kaki jreng di acara tersebut. Pedoman ini berlaku juga untuk tampilan yang lebih formal atau profesional.

Kunci utama agar tidak lebai di sini sebenarnya dengan menyeimbangkan antara baju yang dipakai dengan kaus kakinya. Kalau bajunya sudah menyolok, maka pilih kaus kaki yang biasa saja, begitu pula sebaliknya.

5. Jangan pakai kaus kaki putih

Dari sekian banyak warna, putih memang merupakan solusi paling mudah ketika Anda bingung harus pakai kaus kaki yang mana. Sayangnya menurut pakar, kaus kaki putih hanya cocok untuk nge-gym saja.

Selebihnya untuk penampilan lain, cobalah memilih warna lain untuk dipadu-padankan dengan pakaian. Jika masih bingung, pilih warna netral seperti hitam, abu, atau coklat.

6. Samakan warna kaus kaki dengan celana

Anda ingin terlihat formal tapi tetap simple? Ada solusi gampang untuk itu. Tinggal samakan saja warna kaus kakinya dengan celana yang dipakai. Dengan begitu penampilan jadi berkesan monokrom dari pinggang ke bawah.

7. Pilih sepatu yang tepat

Sepatu kasual misalnya, boleh dipakai dengan kaus kaki yang motif atau warnanya lebih menyolok. Sayangnya, keduanya tentu tidak cocok jika dipadukan dengan setelan formal.

Namun dalam hal ini, Anda tidak hanya harus memperhatikan jenis atau model sepatunya saja, tapi juga apakah warnanya serasi dengan kaus kaki dan penampilan secara keseluruhan.

8. Bahan kaus kaki katun lebih disarankan

Baik untuk penampilan formal maupun kasual, kaus kaki dari bahan katun lebih disarankan karena sifatnya yang breathable. Tapi lagi-lagi, tips terakhir ini kembali kepada kebutuhan tiap pribadi, mengingat kondisi setiap kaki tidaklah sama.

Anda sudah siap bereksperimen?

Penulis: Megsaroh

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *