Thursday , October 22 2020

Tianjin Binhai Library China, Perpustakaan Super Megah Bikin Heboh Dunia

Halokawan,

Jika saja perpustakaan dirancang dengan unik tentunya bakal menjadi tempat yang menyenangkan. Seperti perpustakaan Binhai Tianjin yang baru saja dibangun di Negara China ini. Tak sekedar ramai oleh pengunjung, perpustakaan tersebut juga sukses bikin warganet jadi heboh dikarenakan kemegahan-nya. Bahkan tidak tanggung-tanggung, Binhai Tianjin juga disebut sebagai perpustakaan terkeren di dunia.

Nah, berikut ini beberapa fakta perpustakaan Binhai Tianjin yang harus Kamu ketahui!

1. Karya Cipta Gabungan dari Tim Arsitek Belanda dan China

Hal utama yang membuat perpustakaan Binhai Tianjin menjadi populer dan dilirik oleh warga dunia tentu saja karena desainnya yang ‘gak biasa’ alias unik banget. Sekali Kamu menginjakkan kaki disana pasti bakal dibuat betah dan terkagum-kagum.

Keindahan bangunan perpustakaan Binhai adalah hasil karya gabungan dari tim arsitektur TUPDI (Tianjin Urban Planning and Design Institute) dengan MVRDV (lembaga arsitek asal Belanda). Perpustakaan ini resmi dibuka sejak 1 Oktober 2017 kemarin. Untuk lama pengerjaannya sendiri membutuhkan waktu hingga 3 tahun lamanya.

2. Bangunan Berdesain Futuristik, Menciptakan Kemegahan Luar Biasa

Cukup diperhatikan desain eksteriornya saja, Kamu sudah bisa melihat keunikan sekaligus kemegahan dari bangunan Binhai Tianjin. Jadi, perpustakaan ini memiliki tinggi 5 lantai. Dari luar tampak sebuah lingkaran putih di tengah-tengah gedung yang memperlihatkan lengkungan unik di balik dinding kaca.

Sedangkan bagian dalamnya juga tak kalah mengesankan. Kamu akan menyaksikan sebuah auditorium berbentuk bola raksasa di bagian tengah. Kemudian disekelilingnya terdapat rak bertingkat berpola kurva, saling menyambung dari bawah ke atas dan berisi jutaan buku-buku. Rak ini terhubung oleh tangga. Bisa juga dijadikan tempat duduk. Desainnya melengkung begitu unik.

Ruangan di perpustakaan ini juga terbilang nyaman. Didesain dengan warna dominan putih. Dindingnya terbuat dari kaca, jadi Kamu bisa melihat pemandangan luar. Selain itu, suasananya tampak nyaman. Gak sempit. Bener-bener legah deh. Oiya, perpustakaan ini juga memiliki ruang lain di samping untuk membaca, seperti ruang rapat, audio, ruang kantor, arena duduk, lounge dan sebagainya.

3. Disebut “Surga Buku”, Koleksinya Mencapai 1,2 Juta Buku

Jika umumnya perpustakaan hanya mengkoleksi ratusan atau ribuan buku, Binhai Tianjin ini justru dikabarkan memiliki 1,2 juta koleksi buku. Wah, benar-benar luar biasa ya? Tentunya di dalam bangunan seluas 34.000 meter persegi tersebut, Kamu bisa menemukan beragam jenis buku, mulai dari fiksi hingga non fiksi. Namun kebanyakan fiction sains.

Perpustakaan ini tampak tak pernah sepi pengunjung. Dari pagi hingga malam selalu terlihat ramai didatangi warga Tionghoa. Beberapa orang menyebut perpustakaan ini sebagai The Eye of Binhai. Namun ada pula yang memanggilnya “Super Sci-Fi”. Hmm menarik kan?

Jadi itulah beberapa fakta perpustakaan Binhai Tianjin yang sedang heboh dibicarakan oleh netizen. Nah, gimana nih berdasarkan alasan diatas, apa menurutmu Binhai Tianjin pantas disebut sebagai perpustakaan terkeren di dunia? Desainnya unik, koleksinya lengkap, ruangannya pun juga nyaman. Rasanya tak salah jika mengatakannya sebagai perpustakaan idaman. Setuju?

Ya, semoga aja Indonesia juga bisa memiliki perpustakaan seperti demikian. Dengan begitu, minat masyarakat terhadap membaca dapat meningkat.

About Bas