Tentang Weibo Com Adalah

Weibo.com adalah situs web microblogging dari negara Cina. Sina Weibo adalah platform berbasis pada membina hubungan pengguna untuk berbagi, menyebarluaskan, dan menerima informasi. Baik melalui situs web atau aplikasi seluler, pengguna dapat mengunggah gambar dan video secara publik untuk berbagi instan, dengan pengguna lain dapat berkomentar dengan teks, gambar dan video, atau menggunakan layanan olah pesan instan multimedia.

Banyak fitur Sina Weibo mirip dengan Twitter. Seorang pengguna dapat memposting dengan batas 140 karakter (meningkat menjadi 2.000 pada Januari 2016 dengan pengecualian repost dan komentar), menyebutkan atau berbicara dengan orang lain menggunakan format “@UserName”, menambahkan tagar, tambahkan tagar, ikuti pengguna lain untuk buat posting mereka muncul di timeline sendiri, kirim ulang dengan “// @ UserName” mirip dengan fungsi retweet Twitter “RT @UserName”, pilih posting untuk daftar favorit seseorang, dan verifikasi akun jika pengguna adalah seorang selebriti. URL secara otomatis disingkat menggunakan nama domain t.cn, mirip dengan t.co. Twitter Aplikasi resmi dan pihak ketiga dapat mengakses Sina Weibo dari situs web atau platform lain.

Hashtag sedikit berbeda antara Sina Weibo dan Twitter, menggunakan format tagar ganda “# HashName #” (kurangnya jarak antara karakter Cina mengharuskan tag penutup). Pengguna dapat memiliki tagar dengan meminta pemantauan tagar; perusahaan meninjau permintaan ini dan merespons dalam satu hingga tiga hari. Setelah pengguna memiliki tagar, mereka memiliki akses ke berbagai fungsi yang tersedia hanya untuk mereka dengan syarat mereka tetap aktif (kurang dari 1 pos per minggu kalender mencabut hak istimewa ini).

Selain itu, pengguna diizinkan untuk memasukkan emotikon grafis atau melampirkan file gambar, musik, dan / atau video mereka sendiri di setiap posting. Komentar muncul sebagai daftar di bawah setiap posting; seorang komentator juga dapat memilih untuk memposting ulang komentar, mengutip seluruh posting asli, ke halaman mereka sendiri.

Pengguna yang tidak terdaftar hanya dapat menelusuri beberapa posting dengan akun yang diverifikasi. Halaman akun yang tidak diverifikasi atau komentar untuk posting oleh akun yang diverifikasi tidak dapat diakses oleh pengguna yang tidak terdaftar.

Meskipun sering digambarkan sebagai Twitter versi Cina, Sina Weibo menggabungkan unsur-unsur Twitter, Facebook, dan Medium, bersama dengan platform media sosial lainnya. Pengguna Sina Weibo berinteraksi lebih dari yang dilakukan pengguna Twitter, dan sementara banyak topik yang menjadi viral di Weibo juga berasal dari platform itu sendiri, topik Twitter sering kali berasal dari berita atau peristiwa luar.

 

Tentang Weibo

Diluncurkan: 14 August 2009.

Pemilik: Sina Corp (operated by Weibo Corporation).

Jenis situs: Microblogging.

Bahasa: Simplified Chinese, Traditional Chinese, English.

 

Weibo.com adalah salah satu platform media sosial terbesar di Cina, dengan lebih dari 445 juta pengguna aktif bulanan pada Q3 2018. Platform ini telah menjadi kesuksesan finansial yang sangat besar, dengan lonjakan saham, penjualan iklan yang menguntungkan dan penghasilan tinggi serta total pendapatan per kuartal. Pada awal 2018, melampaui nilai valuasi pasar US $ 30 miliar untuk pertama kalinya.

Pada bulan Maret 2014, Sina Corporation mengumumkan spin-off Weibo sebagai entitas terpisah dan mengajukan IPO dengan simbol WB. Sina mengukir 11% dari Weibo di IPO, dengan Alibaba memiliki 32% pasca-IPO. Perusahaan mulai berdagang secara terbuka pada 17 April 2014.

Pada bulan Maret 2017, Sina meluncurkan Sina Weibo International Version. Versi baru ini memiliki desain antarmuka pengguna yang bersih dan ringkas, serta fitur bebas iklan; sementara volumenya sangat kecil, hanya menempati seperlima dari ruang asli, ia masih melakukan semua fungsi aslinya.

Menurut laporan iResearch pada 30 Maret 2011, Sina Weibo memiliki 56,5% pasar microblogging China berdasarkan pengguna aktif dan 86,6% berdasarkan waktu penjelajahan atas pesaing seperti Tencent Weibo dan Baidu. 100 pengguna teratas memiliki lebih dari 485 juta pengikut. Lebih dari 5.000 perusahaan dan 2.700 organisasi media di Cina menggunakan Sina Weibo. Situs ini dikelola oleh departemen microblogging yang berkembang dengan 200 karyawan yang bertanggung jawab atas teknologi, desain, operasi, dan pemasaran.

Para eksekutif Sina mengundang dan membujuk banyak selebritas China untuk bergabung dengan platform ini. Pengguna sekarang termasuk selebritas Asia, bintang film, penyanyi, tokoh bisnis dan media terkenal, atlet, cendekiawan, artis, organisasi, tokoh agama, departemen pemerintah, dan pejabat dari Hong Kong, Cina Daratan, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Makau, serta beberapa individu dan organisasi asing yang terkenal, termasuk Kevin Rudd, Boris Johnson, David Cameron, Narendra Modi, Toshiba, dan tim sepak bola nasional Jerman. Seperti Twitter, Sina Weibo memiliki program verifikasi untuk orang dan organisasi yang dikenal. Setelah akun diverifikasi, lencana verifikasi ditambahkan di sebelah nama akun.

Pada Maret 2018 Sina Weibo memiliki lebih dari 500 juta pengguna terdaftar; Dari jumlah tersebut, 313 juta adalah pengguna aktif bulanan, 85% menggunakan aplikasi seluler Weibo, 70% berusia perguruan tinggi, 50,10% adalah laki-laki dan 49,90% adalah perempuan. Ada lebih dari 100 juta pesan yang diposting oleh pengguna setiap hari. Dengan 90 juta pengikut, aktris Xie Na memegang rekor sebagai pengikut terbanyak di platform.

Weibo adalah kata dalam bahasa Cina untuk “microblog”. Sina Weibo meluncurkan nama domain baru weibo.com pada 7 April 2011, menonaktifkan dan mengalihkan dari domain lama, t.sina.com.cn, ke yang baru. Karena popularitasnya, media kadang-kadang merujuk pada platform hanya sebagai “Weibo,” meskipun banyak layanan microblogging / weibo Cina lainnya termasuk Tencent Weibo, Sohu Weibo, dan NetEase Weibo.

Weibo versi internasional

Sina Weibo tersedia dalam karakter Cina sederhana dan tradisional. Situs ini juga memiliki versi yang melayani pengguna dari Hong Kong dan Taiwan. Weibo sekarang mengembangkan edisi internasionalnya dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya. Pada 9 Januari 2018, perusahaan menjalankan tes publik selama seminggu dari edisi bahasa Inggrisnya.

Aplikasi resmi iPhone dan iPad Sina Weibo tersedia dalam bahasa Inggris.

Weibo International mendukung akun Weibo yang ada dan memungkinkan akun Facebook untuk terhubung ke platform; pengguna juga dapat menggunakan nomor ponsel mereka (termasuk nomor ponsel internasional) untuk mendaftarkan akun baru.

Layanan Weibo

Cerita Weibo

Salah satu fitur terbaru Weibo adalah Stories. “Cerita Weibo” adalah fungsi video yang memungkinkan pengguna merekam video dan menyimpannya di menu “Kisah” yang terpisah di halaman profil mereka.

Weibo VLOG

Weibo juga telah meluncurkan fungsi “Vlog” baru. Sekarang, setiap video dengan tagar VLOG akan tersedia di halaman pencarian utama di bawah sub-menu “VLOG”.

Weilingdi

Secara harfiah adalah layanan lain yang dibundel dengan Weibo. Mirip dengan Foursquare, Weilingdi adalah situs web jejaring sosial berbasis lokasi untuk perangkat seluler; situs ini tumbuh dari usaha patungan Sina 2011 dengan GeoSentric’s GyPSii.

Layanan berbagi foto Tina Sina, mirip dengan Instagram, juga diproduksi oleh perusahaan patungan yang sama. Sina Lady Weibo berspesialisasi dalam minat wanita. Pusat Data Weibo memungkinkan pengguna untuk mengakses analisis data tentang topik pilihan mereka, data resmi Sina Weibo, dan informasi demografis. Sina Weibo juga baru-baru ini merilis versi desktop yang tersedia untuk diunduh gratis di situs webnya.

Perjalanan Weibo

  • Tahap Pertama (Agustus 2009 – Oktober 2011).
  • Agustus 2009 – Sina Corporation meluncurkan Sina Weibo.
  • Awal 2010 – Pengenalan platform terbuka API.
  • Oktober 2010 – Sina Weibo meluncurkan kontes bincang-bincang pertama di Tiongkok.
  • November 2010 – Sina Micro-group memulai pengujian.
  • Tahap Kedua (Oktober 2011 – paruh pertama 2014).
  • Januari 2012 – Pengenalan fitur “perhatian tenang”
  • Januari 2013 – Pengenalan fungsi “teman dekat” untuk peningkatan lingkaran sosial pribadi.
  • Februari 2013 – Sina Corporation melaporkan total pendapatan sekitar US $ 66 juta, dengan lebih dari 500 juta pengguna terdaftar dan 46,2 juta pengguna aktif harian.
  • April 2013 – Alibaba mengakuisisi 18% saham di Sina Weibo.
  • Agustus 2013 – Peluncuran Sina Weibo Taobao, memungkinkan berbagi akun.
  • Maret 2014 – Sina Weibo berganti nama menjadi “Weibo”
  • April 2014 – Weibo terdaftar di NASDAQ.
  • November 2016 – Batas 140 karakter meningkat menjadi 2.000 kata.
  • Desember 2016 – Weibo melaporkan 313 juta pengguna aktif bulanan dan 139 juta pengguna aktif harian,
  • Oktober 2018 – Weibo mulai menyusun versi baru aplikasi selulernya untuk anak-anak yang melarang konten yang mengganggu.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Sina_Weibo

 

Sites Linking In 2019: 110.836

Peringkat Alexa 2019: 8 China, 18 Global.

Situs Web: https://www.weibo.com

Artikel Terkait:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *