Tentang Twitch Tv Adalah

Twitch.tv adalah situs layanan video yang memungkinkan pengguna meng-upload, melakukan live streaming, dan gameplay melalui konsol Xbox dan PlayStation 4 ke ribuan pemirsa secara real-time.

 

Tentang Twitch Tv

Diluncurkan: 6 Juni 2011.

CEO: Emmett Shear.

Pemilik: Amazon.

Kantor Pusat: Distrik Keuangan San Francisco.

Jenis situs: Live Streaming, Streaming Video.

 

Twitch adalah platform video streaming langsung yang dimiliki oleh Twitch Interactive, anak perusahaan dari Amazon. Diperkenalkan pada Juni 2011 sebagai spin-off dari platform streaming minat umum, Justin.tv, situs ini terutama berfokus pada streaming video game langsung, termasuk siaran kompetisi eSports, selain siaran musik, konten kreatif, dan yang terbaru, stream “in real life”. Konten di situs dapat dilihat langsung atau melalui video sesuai permintaan.

Pada Oktober 2013, situs web ini memiliki 45 juta pemirsa unik.

Pada Februari 2014, situs ini dianggap sebagai sumber lalu lintas internet puncak terbesar keempat di Amerika Serikat.

Pada saat yang sama, perusahaan induk Justin.tv di-re-branded sebagai Twitch Interactive untuk mewakili pergeseran fokus – Justin.tv ditutup pada Agustus 2014. Bulan itu, layanan tersebut dibeli oleh Amazon dengan harga US $ 970 juta, yang kemudian mengarah pada pengenalan sinergi dengan layanan berlangganan perusahaan Amazon Prime.

Twitch kemudian memperoleh Curse, operator komunitas video game online dan memperkenalkan cara untuk membeli game melalui tautan pada stream bersama dengan program yang memungkinkan streamer untuk menerima komisi atas penjualan game yang mereka mainkan.

Pada 2015, Twitch memiliki lebih dari 1,5 juta penyiar dan 100 juta pemirsa per bulan.

Pada Q3 2017, Twitch tetap menjadi layanan video streaming langsung terkemuka untuk video game di AS, dan memiliki keunggulan dibandingkan YouTube Gaming.

Pada Mei 2018, ia memiliki 2,2 juta penyiar per bulan dan 15 juta pengguna aktif harian, dengan sekitar satu juta pengguna bersamaan rata-rata. Selain itu, memiliki lebih dari 27.000 saluran mitra Twitch (Mei 2018).

Sejarah

Ketika Justin.tv diluncurkan pada 2007 oleh Justin Kan dan Emmett Shear, situs itu dibagi menjadi beberapa kategori konten. Kategori game tumbuh sangat cepat, dan menjadi konten paling populer di situs.

Pada Juni 2011, ​​40 perusahaan memutuskan untuk memutar konten game sebagai Twitch.tv, yang terinspirasi oleh istilah gameplay twitch. Ini diluncurkan secara resmi dalam versi beta publik pada 6 Juni 2011. Sejak itu, Twitch telah menarik lebih dari 35 juta pengunjung unik sebulan.

Twitch memiliki sekitar 80 karyawan pada Juni 2013, yang meningkat menjadi 100 pada Desember 2013.

Twitch telah didukung oleh investasi modal ventura yang signifikan, dengan US $ 15 juta pada tahun 2012 (di atas US $ 7 juta pada awalnya dikumpulkan untuk Justin.tv), dan US $ 20 juta pada tahun 2013. Investor selama tiga putaran penggalangan dana menjelang akhir 2013 termasuk Draper Associates, Bessemer Venture Partners dan Thrive Capital. Selain masuknya dana ventura, diyakini pada 2013 bahwa perusahaan telah menjadi menguntungkan.

Terutama sejak penutupan kompetitor langsungnya Own3d.tv pada awal 2013, Twitch telah menjadi layanan streaming e-sports paling populer. Layanan video yang bersaing, seperti YouTube dan Dailymotion, mulai meningkatkan keunggulan konten game mereka untuk bersaing, tetapi sejauh ini memiliki dampak yang jauh lebih kecil.

Pada pertengahan 2013, ada lebih dari 43 juta pemirsa di Twitch setiap bulan, dengan rata-rata penonton menonton satu setengah jam sehari.

Pada Februari 2014, Twitch adalah sumber lalu lintas Internet terbesar keempat selama masa puncaknya di Amerika Serikat, di belakang Netflix, Google, dan Apple. Kedutan menghasilkan 1,8% dari total lalu lintas Internet AS selama periode puncak.

Pada akhir 2013, terutama karena meningkatnya jumlah penonton, Twitch memiliki masalah dengan lag dan frame rate yang rendah di Eropa.

Pertumbuhan, spekulasi akuisisi

Pada 10 Februari 2014, perusahaan induk Twitch, Justin.tv, Inc. berganti nama menjadi Twitch Interactive, yang mencerminkan peningkatan keunggulan layanan atas Justin.tv sebagai bisnis utama perusahaan. Pada bulan yang sama, aliran yang dikenal sebagai Twitch Plays Pokémon, upaya crowdsourced untuk memainkan Pokémon Red menggunakan sistem yang menerjemahkan perintah obrolan ke dalam kontrol game, menjadi viral.

Pada 17 Februari, saluran tersebut mencapai lebih dari 6,5 juta total penayangan dan rata-rata jumlah pemirsa serentak antara 60 dan 70 ribu pemirsa dengan setidaknya 10% berpartisipasi. Wakil Presiden Pemasaran Matthew DiPietro memuji aliran itu sebagai “satu lagi contoh bagaimana video game telah menjadi platform untuk hiburan dan kreativitas yang melampaui WAY di luar maksud asli pembuat game. Dengan menggabungkan video game, video langsung, dan pengalaman partisipatif. , penyiar telah menciptakan kebiasaan hibrida hiburan yang dibuat untuk komunitas Twitch. Ini adalah bukti konsep yang luar biasa yang kami harap dapat melihat lebih banyak di masa depan. Dimulai dengan edisi 2014, Twitch menjadi platform live streaming resmi dari Electronic Entertainment Expo.

Pada 18 Mei 2014, Variety pertama kali melaporkan bahwa Google telah mencapai kesepakatan awal untuk mengakuisisi Twitch melalui anak perusahaan YouTube-nya dengan harga sekitar US $ 1 miliar.

Pada 5 Agustus 2014, situs asli Justin.tv tiba-tiba berhenti beroperasi, dengan alasan perlunya memfokuskan sumber daya sepenuhnya pada Twitch.

Pada 6 Agustus 2014, Twitch memperkenalkan sistem arsip yang diperbarui, dengan akses multi-platform ke sorotan dari siaran sebelumnya dengan saluran, video berkualitas lebih tinggi, cadangan server yang ditingkatkan, dan antarmuka Manajer Video baru untuk mengelola siaran sebelumnya dan menyusun “sorotan” dari siaran yang juga dapat diekspor ke YouTube.

Pada tanggal 7 Agustus 2014, batas panjang 2 jam pada highlight dihapus lagi, dan proses banding ditambahkan untuk audio yang ditandai yang terkandung dalam rekaman sesuai permintaan.

Pada Januari 2015, untuk lebih memperbaiki masalah ini, Twitch memperkenalkan perpustakaan musik bebas royalti yang menampilkan trek dari berbagai label independen yang dibersihkan untuk digunakan dalam streaming.

Anak perusahaan Amazon (2014 – sekarang)

Pada 25 Agustus 2014, Amazon mengakuisisi Twitch Interactive seharga US $ 970 juta. Sumber melaporkan bahwa kesepakatan Google yang dirumorkan telah gagal dan memungkinkan Amazon untuk mengajukan tawaran, dengan Forbes melaporkan bahwa Google telah mundur dari kesepakatan karena potensi kekhawatiran antimonopoli yang mengelilinginya dan kepemilikan YouTube saat ini. Akuisisi ditutup pada 25 September 2014. Take-Two Interactive, yang memiliki 2% saham pada saat akuisisi, menghasilkan $ 22 juta.

Twitch sekarang dioperasikan sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Amazon.com dengan Emmett Shear yang tersisa sebagai CEO. Shear menggembar-gemborkan platform Amazon Web Services sebagai aspek “menarik” dari kesepakatan itu, dan bahwa Amazon telah “membangun hubungan dengan para pemain besar di media”, yang dapat digunakan untuk keuntungan layanan — terutama dalam bidang lisensi konten. Pembelian Twitch menandai akuisisi ketiga baru-baru ini yang berorientasi pada permainan video oleh Amazon, yang sebelumnya mengakuisisi pengembang Reflexive Entertainment dan Double Helix Games.

Pada 9 Desember 2014, Twitch mengumumkan telah mengakuisisi GoodGame Agency, sebuah organisasi yang memiliki tim eSports Evil Geniuses and Alliance. Pada Maret 2015, Twitch mengatur ulang semua kata sandi pengguna dan menonaktifkan semua koneksi ke akun Twitter dan YouTube eksternal setelah layanan melaporkan bahwa seseorang telah mendapatkan “akses tidak sah” ke informasi pengguna beberapa pengguna Twitch.

Pada Juni 2016, Twitch menambahkan fitur baru yang dikenal sebagai “Bersorak”, bentuk khusus dari emotikon yang dibeli sebagai transaksi mikro menggunakan mata uang di tempat yang dikenal sebagai “Bit”. Bit dibeli menggunakan Pembayaran Amazon, dan sorak-sorai bertindak sebagai sumbangan ke saluran. Pengguna juga mendapatkan lencana di dalam saluran berdasarkan seberapa banyak mereka bersorak.

Pada 16 Agustus 2016, Twitch mengakuisisi Curse, Inc., operator komunitas video game online dan perangkat lunak VoIP yang berorientasi game. Pada Desember 2016, GoodGame Agency didivestasi oleh Amazon kepada anggota masing-masing karena konflik kepentingan. Pada 30 September 2016, Twitch mengumumkan Twitch Prime, sebuah layanan yang menyediakan fitur premium yang eksklusif untuk pengguna yang memiliki langganan Amazon Prime aktif. Ini termasuk streaming bebas iklan, penawaran bulanan konten tambahan gratis (“Game Loot”), dan diskon game.

Pada Desember 2016, Twitch mengumumkan alat moderasi obrolan semi-otomatis, yang menggunakan pemrosesan bahasa alami dan pembelajaran mesin untuk menyisihkan konten yang mungkin tidak diinginkan untuk ulasan manusia.

Pada Februari 2017, Twitch mengumumkan Twitch Game Store, platform distribusi digital yang akan memaparkan pembelian digital game dalam antarmuka penelusuran situs.

Twitch and Blizzard Entertainment menandatangani kontrak dua tahun pada Juni 2017 untuk menjadikan Twitch menjadi penyiar streaming eksklusif acara kejuaraan eSports Blizzard terpilih, dengan pemirsa di bawah Twitch Prime mendapatkan hadiah khusus dalam berbagai permainan Blizzard.

Twitch juga mencapai kesepakatan pada tahun 2018 untuk menjadi mitra streaming dari Overwatch League, dengan situs ini juga menawarkan “All-Access Pass” dengan konten eksklusif, emotes, dan item dalam game untuk Overwatch.

Pada Agustus 2017, Twitch mengumumkan telah mengakuisisi platform pengindeksan video ClipMine.

Pada 20 Agustus 2018, Twitch mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi menawarkan akses bebas iklan ke seluruh layanan kepada pelanggan Amazon Prime, dengan hak istimewa ini membutuhkan langganan “Twitch Turbo” yang terpisah atau langganan saluran individu. Hak istimewa ini berakhir untuk pelanggan baru yang efektif 14 September 2018, dan untuk pelanggan lama Oktober 2018.

Pada bulan Oktober 2018, Twitch mengumumkan Amazon Blacksmith, ekstensi baru yang memungkinkan penyiar untuk mengkonfigurasi tampilan produk yang terkait dengan aliran mereka dengan tautan afiliasi Amazon. Pada tanggal 27 November 2018, Twitch menghentikan layanan Game Store, dengan alasan bahwa Twitch tidak menghasilkan pendapatan tambahan sebanyak yang diharapkan, dan peluang pendapatan baru seperti Amazon Blacksmith. Pengguna mempertahankan akses ke gim yang dibeli.

Konten dan pemirsa

Twitch dirancang untuk menjadi platform untuk konten, termasuk turnamen olahraga eSports, aliran pribadi pemain individu, dan talk show yang terkait dengan game. Sejumlah saluran melakukan live speed lari. Situs web Twitch saat ini menampilkan game berdasarkan jumlah penonton. Penampil tipikal adalah laki-laki dan berusia antara 18 dan 34 tahun, meskipun situs ini juga berupaya mengejar demografi lainnya, termasuk perempuan. Pada Juni 2018, beberapa game paling populer yang diputar di Twitch adalah Fortnite, League of Legends, Dota 2, Battlegrounds, Hearthstone, Overwatch, dan Counter-Strike: Global Offensive dengan total gabungan lebih dari 356 juta jam yang ditonton.

Twitch juga melakukan ekspansi ke konten non-game; seperti pada Juli 2013, situs ini mengalirkan pertunjukan ‘Fester’s Feast’ dari San Diego Comic-Con, dan pada 30 Juli 2014, akting musik dansa elektronik Steve Aoki menyiarkan pertunjukan langsung dari sebuah klub malam di Ibiza. Pada Januari 2015, Twitch memperkenalkan kategori resmi untuk aliran musik, seperti acara radio dan kegiatan produksi musik, dan pada Maret 2015, mengumumkan bahwa ia akan menjadi mitra streaming langsung resmi baru dari Ultra Music Festival, sebuah festival musik elektronik di Miami .

Pada 28 Oktober 2015, Twitch meluncurkan kategori non-gaming kedua, “Creative”, yang dimaksudkan untuk stream yang menampilkan penciptaan karya seni dan kreatif. Untuk mempromosikan peluncuran, layanan ini juga mengalirkan maraton delapan hari dari The Joy of Painting karya Bob Ross.

Pada Juli 2016, Twitch meluncurkan “Makan sosial” sebagai versi beta; itu terinspirasi oleh fenomena Korea dari Muk-bang dan para pemain Korea yang terlibat dalam latihan sebagai selingan di aliran permainan mereka.

Pada bulan Maret 2017, Twitch menambahkan kategori “IRL”, yang dirancang untuk konten dalam pedoman Twitch yang tidak termasuk dalam salah satu kategori mapan lainnya di situs (seperti lifelogs).

Pada Mei 2017, Twitch melakukan maraton langsung dari semua episode acara PBS Kids, Mister Rogers ‘Neighborhood. Mereka mengulangi maraton pada 20 Maret tahun berikutnya untuk menghormati apa yang akan menjadi Ulang Tahun ke-90 Fred Rogers.

Amal

Games Done Quick adalah acara lari cepat dua tahunan untuk kegiatan amal yang diadakan di Twitch.
Penyiar di Twitch sering menjadi tuan rumah streaming mempromosikan dan mengumpulkan uang untuk amal. Pada 2013, situs web tersebut telah menjadi tuan rumah acara yang, secara total, mengumpulkan lebih dari US $ 8 juta sumbangan untuk kegiatan amal, seperti Extra Life 2013. Pada 2017 situs web telah mengumpulkan lebih dari US $ 75 juta sumbangan untuk tujuan amal.

Olahraga profesional

Pada bulan Desember 2017, National Basketball Association mengumumkan bahwa mereka akan mengalirkan pertandingan NBA G League di Twitch mulai 15 Desember; siaran juga mencakup statistik interaktif overlay, serta aliran tambahan dari permainan dengan komentar oleh kepribadian Twitch. Pada bulan April 2018, diumumkan bahwa Twitch akan membawa sebelas pertandingan Liga Sepak Bola Nasional Kamis Malam, sebagai bagian dari kesepakatan streaming liga yang diperbarui dengan Amazon Prime Video. Selama musim 2017, aliran ini eksklusif untuk pelanggan Amazon Prime.

Pada Januari 2019, promosi gulat profesional Impact Wrestling mengumumkan bahwa mereka akan memindahkan acara mingguannya Impact! untuk siaran langsung antara Pursuit Channel dan Twitch mulai 11 Januari.

Konten yang dilarang

Pengguna Twitch tidak diizinkan untuk mengalirkan game apa pun yang berperingkat “Dewasa Saja” (AO) di Amerika Serikat oleh Entertainment Rating Rating Board (ESRB), terlepas dari ratingnya di wilayah geografis lain mana pun, dan game apa pun yang berisi “terang-terangan konten seksual “atau” kekerasan serampangan “, atau konten yang melanggar ketentuan penggunaan layanan pihak ketiga.

Twitch juga secara eksplisit melarang game tertentu dari streaming, apa pun peringkatnya; ini termasuk game seperti BMX XXX, game novel visual eroge (seperti Pembunuhan Dramatical), HuniePop, Bilas dan Ulangi, Second Life, dan Yandere Simulator. Larangan Yandere Simulator dikritik oleh YandereDev, pengembang game. Dia percaya bahwa permainan itu dipilih secara sewenang-wenang tanpa penjelasan, karena Twitch tidak melarang permainan lain dengan konten seksual atau kekerasan yang sama berlebihan seperti Mortal Kombat X, Grand Theft Auto, atau The Witcher 3.

Twitch.tv mengambil tindakan sementara pada Mei 2019 setelah saluran yang terkait dengan video game Artifact mulai digunakan untuk konten yang tidak pantas. Artifact, sebuah gim besar oleh Valve Corporation, telah kehilangan sebagian besar pemirsanya hanya dalam beberapa bulan dari rilis, dan pada akhir Mei 2019, beberapa streaming langsung populer berkomentar bahwa jumlah penonton untuk aliran Artifact telah turun mendekati nol.

Pada hari-hari berikutnya, beberapa aliran mulai membuat aliran yang mengaku sebagai gameplay Artifact tetapi dalam trolling atau konten di luar topik lainnya. Awalnya stream baru ini diputar dengan pemirsa atau lelucon, seperti menunjukkan video binatang atau pertandingan League of Legends. Setelah beberapa hari, aliran saluran Artifact lainnya muncul yang berisi konten yang bertentangan dengan ketentuan kebijakan penggunaan Twitch, termasuk film penuh hak cipta, pornografi, propaganda Nazi, dan setidaknya satu aliran yang menunjukkan keseluruhan video penembak dari penembakan di masjid Christchurch. Judul aliran seperti itu biasanya disajikan untuk menunjukkan bahwa mereka menampilkan konten lain sambil menunggu dalam antrian untuk pertandingan Artifact agar tampak sah. Ketika kabar tentang steam ini tumbuh di bagian Artifact, Twitch mengambil tindakan, menghapus akun yang mengalirkan penembakan Christchurch. Twitch kemudian mengambil langkah-langkah untuk sementara waktu melarang akun baru mengalir hingga mereka dapat menyelesaikan masalah.

Emotes

Kedutan menampilkan sejumlah besar emotikon yang disebut “emotes”. Ada emotes gratis untuk semua pengguna, emotes untuk pengguna Turbo, emotes untuk pengguna Twitch Prime, dan emotes untuk pengguna yang berlangganan ke mitra atau afiliasi Twitch. Pada Oktober 2015, Kappa adalah emote paling banyak digunakan di Twitch. Penyiar yang bermitra kedutan membuka lebih banyak “slot emote” karena mereka mendapatkan lebih banyak pelanggan hingga maksimum 50 emotes per saluran.

Sensor internet

Pada 20 September 2018, situs web Twitch diblokir dan aplikasi diblokir dari Apple App Store di Republik Rakyat Tiongkok.

Program mitra dan afiliasi

Pada Juli 2011, Twitch meluncurkan Program Mitranya, yang mencapai lebih dari 11.000 anggota pada Agustus 2015.

Mirip dengan Program Mitra dari situs video lain seperti YouTube, Program Mitra memungkinkan produsen konten populer untuk berbagi dalam pendapatan iklan yang dihasilkan dari aliran mereka. Selain itu, pengguna Twitch dapat berlangganan saluran streamer yang bermitra dengan harga US $ 4,99 per bulan, sering kali memberikan akses kepada pengguna ke emotikon unik, hak obrolan langsung, dan berbagai fasilitas lainnya. Twitch mempertahankan US $ 2,49 dari setiap langganan saluran US $ 4,99, dengan US $ 2,50 sisanya akan langsung ke streamer yang bermitra. Meskipun pengecualian dibuat, Twitch sebelumnya mengharuskan calon mitra memiliki “pemirsa bersamaan rata-rata 500+”, serta jadwal streaming yang konsisten setidaknya tiga hari seminggu. Namun, sejak peluncuran fitur ‘Prestasi’, ada “Path to Partnership” yang lebih jelas dengan tujuan yang dapat dilacak untuk jumlah penonton, durasi, dan frekuensi streaming bersamaan.

Pada bulan April 2017, Twitch meluncurkan “Program Afiliasi” yang memungkinkan saluran yang lebih kecil untuk menghasilkan pendapatan juga, juga mengumumkan bahwa itu akan memungkinkan akses saluran ke tingkat berlangganan multi-harga. Para peserta program ini mendapatkan sebagian tetapi tidak semua manfaat dari Mitra Kedutan. Streamer bisa mendapat untung dari bersorak dengan Bit yang dapat dibeli langsung dari Twitch. Afiliasi juga dapat mengakses fitur Berlangganan Twitch, dengan semua fungsi yang sama dengan yang dimiliki Mitra, di samping satu berlangganan emote. Afiliasi saat ini tidak dapat menerima pendapatan dari iklan, tetapi Twitch telah menyatakan rencana mereka untuk memperkenalkan fungsi ini di masa depan.

Iklan di situs telah ditangani oleh sejumlah mitra. Pada 2011, Twitch memiliki perjanjian eksklusif dengan Future US. Pada 17 April 2012, Twitch mengumumkan kesepakatan untuk memberikan CBS Interactive hak untuk secara eksklusif menjual iklan, promosi, dan sponsor untuk komunitas. Pada 5 Juni 2013, Twitch mengumumkan pembentukan Twitch Media Group, tim penjualan iklan in-house baru yang telah mengambil alih peran CBS Interactive dalam menjual iklan.

Dukungan platform

CEO Twitch Emmett Shear telah menyatakan keinginan untuk mendukung berbagai platform, menyatakan bahwa mereka ingin berada di “setiap platform di mana orang menonton video”. Aplikasi streaming kedutan tersedia untuk perangkat seluler dan konsol gim video, termasuk Android dan iOS, serta PlayStation 4, PlayStation 3, Xbox One, dan konsol gim video Xbox 360.

Pengguna dapat melakukan streaming ke Twitch dari sistem operasi PC, Mac, atau Linux, baik dengan perangkat lunak yang berdiri sendiri seperti Open Broadcaster Software, melalui platform seperti perangkat lunak EA’s Origin, Ubisoft’s Uplay, atau Valve’s Steam. Game seperti Eve Online, PlanetSide 2 dan franchise Call of Duty sekarang juga terhubung langsung ke Twitch. Pada 2013, Twitch merilis kit pengembangan perangkat lunak untuk memungkinkan pengembang mana pun mengintegrasikan streaming Twitch ke dalam perangkat lunak mereka.

Tidak ada aplikasi Apple TV resmi, dan aplikasi Roku ditarik pada 2017.

Aplikasi Desktop Twitch dan CurseForge

Aplikasi Desktop Twitch menggantikan Curse Client dan Curse Launcher pada 2017. Ini termasuk browser khusus untuk situs web Twitch dan fungsi tambahan yang diwarisi dari perangkat lunak Curse, seperti instalasi dan manajemen mod untuk game yang didukung melalui layanan CurseForge, dan obrolan suara. Perangkat lunak ini juga berfungsi sebagai klien untuk mantan Twitch Game Store.

TwitchCon

TwitchCon adalah konvensi penggemar yang ditujukan untuk Twitch dan budaya streaming video game. Acara perdana diadakan di Pusat Moscone di San Francisco dari 25-26 September 2015. Sejak awal TwitchCon telah menjadi acara tahunan. TwitchCon kedua diadakan di San Diego di San Diego Convention Center dari 30 September – 2 Oktober 2016. TwitchCon tahunan ketiga diadakan di Long Beach di Pusat Konvensi dan Hiburan Long Beach dari 20-22 Oktober 2017. TwitchCon tahunan keempat diadakan di San Jose McEnery Convention Center di San Jose, California, dari 26-28 Oktober 2018.

Sebagai alat pengajaran

Kedutan sering digunakan untuk tutorial video game; sifat Twitch memungkinkan sejumlah besar pelajar untuk berinteraksi satu sama lain dan instruktur secara real time. Twitch juga digunakan untuk pembelajaran pengembangan perangkat lunak, dengan komunitas pengguna streaming proyek pemrograman dan berbicara melalui pekerjaan mereka.

 

Sumber: en.wikipedia.org

Sites Linking In 2019: 16.691

Peringkat Alexa 2019: 26 Global.

Situs Web: https://www.twitch.tv

Artikel Terkait:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *