Tentang Tirto Id Adalah

Tirto.id adalah sebuah situs berita, artikel dan infografik di Indonesia dengan slogan Jernih Mengalir Mencerahkan.

 

Tentang Tirto.id

Diluncurkan: 3 Agustus 2016.

Markas: Jakarta dan YogyakartaIndonesia.

Pemilik: PT. Tirta Adi Surya.

Bahasa: Indonesia.

 

Ketika membicarakan sebuah media online, hal pertama yang dibayangkan orang kebanyakan adalah kecepatan. Begitu tercampur dengan kenangan yang diromantisir tentang media cetak, asumsi itu mengembang: jurnalisme media online adalah jurnalisme yang asal mengundang klik, banyaknya halaman dibuka (page views), lepas dari konteks, dangkal, dan tidak enak dibaca. Orang-orang tersebut seakan berpikir bahwa di dunia ini gerak dan manfaat muskil berbaur karena faktor inheren masing-masing.

Tapi pandangan itu tak sepenuhnya benar. Di alam, air menunjukkan bahwa hal-hal itu tidaklah bertentangan. Air mengalir, mengisi ceruk, sekaligus jernih – menunjukkan kedalaman. Air selalu dibutuhkan. Mencita-citakan jurnalisme yang demikian, kami menamai diri Tirto, yaitu alternatif pengucapan dari tirta yang berarti air.

Selain air, nama Tirto juga kami pilih sebagai ungkapan rasa hormat kepada Tirto Adhi Soerjo (1880-1918), Bapak Pers (ditetapkan pada 1973) sekaligus Pahlawan Nasional (Keppres RI no 85/TK/2006). Almarhum Tirto terlibat dalam penerbitan Soenda Berita, Medan Prijaji, dan Putri Hindia, juga pembentukan Sarekat Dagang Islam. Pada zamannya, Tirto yang cerdas dan kritis memanfaatkan surat kabar sebagai sebagai alat perlawanan terhadap pemerintah kolonial Hindia Belanda.

Sastrawan besar Indonesia, Pramoedya Ananta Toer, menjuluki Tirto “Sang Pemula” sebagai penanda jasa-jasanya mengawali upaya pencerahan—pada masa itu berupa kesadaran kebangsaan—lewat jurnalisme di Indonesia. Keputusan kami untuk memakai *.id yang merupakan kode domain Indonesia dalam jaringan internet global juga tak lepas dari semangat berbangsa tersebut.

Tirto.id menerjemahkan visi mencerahkan itu sebagai keharusan menyajikan tulisan-tulisan yang jernih (clear), mencerahkan (enlighten), berwawasan (insightful), memiliki konteks (contextual), mendalam (indepth), investigatif, faktual, didukung banyak data kuantitatif dan kualitatif – baik skunder maupun primer, serta dapat dipertanggungjawabkan.

Kami sengaja memakai logo dengan paduan warna biru sebagai perlambang air jernih dan dalam, serta pemilihan huruf kecil sebagai ujud jati diri kami yang rendah hati dan selalu terbuka yang tidak harus merasa paling benar dan jumawa.

Bersama para awak yang berpengalaman dan terampil di bidang ilmu-ilmu sosial, penulisan jurnalistik, riset, dan olah statistik, Tirto.id memilih melaju di rel jurnalisme presisi (precision journalism). Selain memanfaatkan data berwujud foto, kutipan, rekaman peristiwa, serta data statistik yang ditampilkan baik secara langsung maupun lewat infografik dan video infografik, produk-produk Tirto dilengkapi pula dengan hasil analisis ratusan media massa dari seluruh Indonesia yang disarikan ke dalam bentuk tiMeter (pengukuran sentimen) atas tokoh, lembaga, serta kasus yang dibicarakan dalam tiap-tiap laporan mendalam.

Tirto.id percaya bahwa laporan-laporan yang tercipta dari kekuatan data, disampaikan secara baik, namun tak abai pada kecepatan adalah sumber informasi yang layak diperoleh oleh masyarakat Indonesia hari ini, terutama para pengambil keputusan, dan pengendali perubahan.

Tirto.id berdiri di atas dan untuk semua golongan, serta non-partisan. Tirto.id tidak bekerja untuk kepentingan politik mana pun.

Tirto.id kini merupakan media online yang terdaftar di Dewan Pers Indonesia. Pendanaannya dilakukan secara mandiri oleh Sapto Anggoro (Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab), Teguh Budi Santoso (Chief Content Officer) dan Nur Samsi (Chief Technology Officer). Dalam kurun waktu tiga tahun, terhitung sejak 2016, nilai perusahaan ini diproyeksikan akan mencapai lebih dari Rp400 miliar.

 

Metodologi Periksa Data dan Riset Mandiri Tirto.id

Periksa Data merupakan produk Tirto.id yang terdiri atas dua format. Format pertama, live fact-check, merupakan komparasi langsung antara pernyataan narasumber dengan data resmi. Pada format ini, periksa data dilakukan langsung pada acara tertentu, misalnya debat Calon Pemimpin Daerah dan pidato Presiden.

Format kedua dalam Periksa Data adalah analisis atas isu yang berkembang di masyarakat. Dari isu tersebut, tim riset akan melakukan verifikasi menggunakan data resmi dan dituliskan dalam bentuk laporan singkat (mild-report). Sejak Januari 2017, hasil analisisnya diterbitkan dua kali seminggu dalam bentuk artikel.

Dalam hal sumber yang digunakan dalam Periksa Data, Tirto.id memiliki tingkatan yang dijadikan pedoman untuk melakukan verifikasi. Tingkatan pertama, sumber data berasal dari Badan Statistik Negara/Daerah, Pemerintah Pusat/Daerah, Bursa Efek serta laporan perusahaan. Sumber data pada tingkatan kedua berasal dari badan dunia, seperti PBB, Bank Dunia, IMF, ASEAN, OECD dan lainnya. Sedangkan, untuk tingkatan ketiga, sumber data berasal dari jurnal ilmiah terverifikasi, seperti MIS Quarterly dan The Quarterly Journal of Economics, serta konsultan besar, seperti Nielsen, BCG dan Mckinsey.

Sumber dari data yang digunakan dalam Periksa Data ini ditampilkan pada infografik. Selain itu, link dari data yang digunakan ditautkan pada tulisan dalam bentuk hyperlink.

Riset Mandiri

Riset Mandiri merupakan survei yang langsung dilakukan oleh tim riset Tirto.id. Metodologi survei yang digunakan bervariasi, disesuaikan dengan tujuan penelitian serta tipe respondennya. Pada setiap hasil survei, metodologi, karakteristik dan jumlah responden, wilayah penelitian serta waktu pelaksanaan akan dipublikasikan bersamaan dengan laporan nya.

Bila pembaca memiliki saran, ide maupun tanggapan untuk Periksa Data dan Riset Mandiri dapat dikirimkan ke factcheck@tirto.id

 

Redaksi Tirto

Pemimpin Redaksi / Penanggung Jawab: A. Sapto Anggoro
Redaktur Eksekutif: Nurul Qomariyah Pramisti
Editor at Large: Zen RS
Koordinator Liputan: Jay Akbar
Tim Redaksi:

Editor: Maulida Sri Handayani, Suhendra, Fahri Salam, Agung DH, Windu Jusuf, Ivan Aulia Ahsan, Aunurrahman Wibisono, Maya Saputri, Mufti Sholih.

Mild Report: Iswara N Raditya Akbar, Petrik Matanasi, Akhmad Muawal, Tony Firman, Ahmad Zaenudin, Aditya Widya Putri, M Faisal Reza Irfani, Husein Abdulsalam, Ringkang Gumiwang, Aurelia Joan, Ign. Loyola Adhi Baskara, Fadrik Aziz Firdausi, Irfan Teguh Pribadi, Dea Chadiza, Widia Primastika, Renalto Setiawan, Eddward S. Kennedy, Dio Dananjaya, Indira Ardanareswari.

Indepth: Reja Hidayat, Mawa Kresna, Dieqy Hasbi Widhana, R. Diantina Putri, Aulia Adam, Wan Ulfa Nur Zuhra.

Hard News & Current Issue: Abdul Aziz, Rio Apinino, Gilang Ramadan, Addi Mawahibun Idhom, Yandri Daniel Damaledo, Felix Nathaniel, Adrian Pratama Taher, Aleksander Haryanto, Hendra Friana, Dipna Videlia, Yulaika Ramadhani, Yantina Debora, Ibnu Aziz, Fitra Firdaus, M. Bernie Kurniawan, Haris Prabowo, Adi Briantika, Vincent Fabian, Fadiyah, Irwan Agus Syambudi, Herdanang Ahmad Fauzan, Zakki Amali, Dhita Koesno, Nur Hidayah Perwitasari, Alfian Putra Abdi, Bayu Septianto, Riyan Setiawan, Selfie Miftahul.

Sosial Media: Irfan Satryo Wicaksono (manajer), Meisya Citraswara, Muhammad Anugrah, Embun Bening Diniari, Kezia Maharani Sutikno, Priamboro Satria Jati, RA Benjamin, Silmi Sabila.

Visual & Grafis: Sabda Armandio, Amir Fuaddi, Andrey Gromico, Riva Aulia Rais, Muhammad Yudha Dwi Putra, Rangga Putra, Alfia Aquita, Teguh Purnomo, Sandya Windhu Febryas, Dadan Gustian, Erenn Pratama, Gery Paulandhika, Pandji Putranda, Nadya Zahwa Noor, Bhagavad Sambada, Hafitz Maulana, Louis Lugas, Fandhi Cahyadi, Nauval Firdaus, Michael Alexandre, Afwan Fathul Barry, Andhika Krisnuwardhana, Zuerdaiswara Khoerudin.

CEO: A. Sapto Anggoro

Riset Redaksi: Teguh Budi Santoso, Yuti Ariyani, Desi Purnamasari, Scholastika Gerintya Saraswati, Frendy Kurniawan, Irma Garnesia, Hanif Gusman.

Web Quality Assurance: Andry Togarma Hermawan, Santhi Dwijayanti, Dede Mudopar, Refi Kurniasari, Siti Ninda Lestari, Septiany Amanda, Putri Avi Nursasi, Yosafat Vidy .

Marketing: Uteng Iskandar, Kartika Dwi Arini, Rafif Ramadhan, Zenith Luthfia, Nisa Ekawati, Franmastaka P Arganata, Novi Prakarti.

Konten Pemasaran: Zulkifli Songyanan, Mario Lawi.

Support Redaksi: Reza Ganesh (HRGA), Farouk Kartanegara (Finance), Pratiwi Dwi Aryanti (Sekretaris), Irvan Ardiyanto (Staf GA), Diajeng Nurfajarini (Staf Administrasi), Intan Permata Aji (Staf Administrasi).

Publisher:
PT TUJUH CAHAYA SENTOSA

Bisnis:
PT TIRTA ADI SURYA

 

Alamat / Kontak Tirto.id

Jakarta:
Jalan Kemang Timur Raya No.63 B, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, 12730
Telpon: (021) 22707925

Yogyakarta:
Jalan Matraman No.1 RT/RW 01/49, Ringinsari, Maguwaharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta, 55281
Telpon: (0274) 4333958

Redaksi : redaksi@tirto.id
Opini: opini@tirto.id
Magang dan karier: karier@tirto.id
Iklan: sales@tirto.id

 

Sumber: tirto.id

Sites Linking In 2019: 4.993

Peringkat Alexa 2019: 44 Indonesia, 1.307 Global.

Situs Web: https://tirto.id

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *