Tentang Taobao Adalah

Taobao adalah situs web belanja online terbesar di dunia yang berasal dari negara China (Tiongkok).

Tentang Taobao

Diluncurkan: Mei 2003.

Kantor Pusat: Hangzhou, China.

Pengguna Aktif bulanan 2018: 617 juta orang.

Pemilik: Alibaba Group.

Jenis situs: C2C and E-Coomerce.

Bahasa: Mandarin.

Peringkat Alexa 2019: 4 China, 7 Global.

Taobao Marketplace memfasilitasi ritel konsumen-ke-konsumen (C2C) dengan menyediakan platform untuk usaha kecil dan pengusaha perorangan untuk membuka toko online yang terutama melayani konsumen di wilayah berbahasa Cina (Daratan China, Hong Kong, Makau dan Taiwan) dan luar negeri.

Dengan lebih dari 1 miliar daftar produk pada 2016, volume transaksi gabungan dari Taobao Marketplace dan Tmall.com mencapai 3 triliun yuan pada 2017, lebih dari jumlah gabungan semua pengecer AS dan situs e-commerce. The Economist menyebutnya “pasar online terbesar di negara ini”. Penjual dapat memposting barang untuk dijual baik melalui harga tetap atau lelang. Pelelangan merupakan persentase kecil dari transaksi. Sebagian besar produk adalah barang dagangan baru yang dijual dengan harga tetap. Pembeli dapat menilai latar belakang penjual dengan informasi yang tersedia di situs, termasuk peringkat, komentar, dan keluhan.

Sejarah

Taobao Marketplace (sebelumnya “Taobao”) diluncurkan pada Mei 2003 oleh Alibaba setelah eBay mengakuisisi Eachnet, pemimpin lelang online China pada saat itu, dengan harga US $ 180 juta dan menjadi pemain utama di pasar e-commerce konsumen Tiongkok. Untuk melawan ekspansi eBay, Taobao menawarkan daftar gratis kepada penjual dan memperkenalkan fitur situs web yang dirancang untuk bertindak demi kepentingan terbaik konsumen lokal, seperti pesan instan untuk memfasilitasi komunikasi penjual-penjual dan alat pembayaran berbasis escrow, Alipay. Alhasil, Taobao menjadi pemimpin pasar daratan China yang tak terbantahkan dalam waktu dua tahun. Pangsa pasarnya melonjak dari 8% menjadi 59% antara tahun 2003 dan 2005, sementara eBay China anjlok dari 79% menjadi 36%. EBay menutup situs China-nya pada tahun 2006.

Pada bulan April 2008, Taobao memperkenalkan platform B2C baru yang didedikasikan bernama Taobao Mall untuk melengkapi pasar C2C-nya. Taobao Mall memantapkan dirinya sebagai tujuan untuk barang bermerek berkualitas bagi konsumen Cina. Taobao Mall meluncurkan domain web independen, Tmall.com, dan meningkatkan fokusnya pada vertikal produk dan peningkatan pengalaman berbelanja pada November 2010. Ini menjadi bisnis mandiri pada Juni 2011 dan mengubah nama China menjadi Tian Mao (Tmall) pada Januari 2012 Pada Oktober 2013, ini adalah situs web kedelapan yang paling banyak dikunjungi di Tiongkok.

Pada tahun 2008, Taobao memicu pertumbuhan keseluruhan industri belanja online Cina melalui pelaksanaan strategi “Big Taobao” dengan tujuan menjadi penyedia layanan infrastruktur e-commerce untuk semua peserta pasar e-commerce.

Pada Oktober 2010, Taobao beta meluncurkan eTao sebagai mesin pencari independen untuk belanja online, menyediakan informasi produk dan pedagang dari sejumlah situs web e-commerce konsumen utama di Cina. Pembeli online dapat menggunakan situs ini untuk membandingkan harga dari penjual yang berbeda dan mengidentifikasi produk yang akan dibeli. Menurut situs web Alibaba Group, eTao menawarkan produk dari Amazon China, Dangdang, Gome, Yihaodian, Nike China dan Vancl, serta Taobao dan Tmall.

Pada Mei 2011, Alibaba Group membuka toko ritel di Beijing dengan merek Taobao Mall. Taobao Mall berlantai 25,000sqm iFengChao Furniture Showroom dibuka sebagai pelengkap toko online mereka.

Pada Juni 2011, Ketua Eksekutif Alibaba Group dan mantan CEO Jack Ma mengumumkan bahwa Taobao akan dipecah menjadi tiga perusahaan yang berbeda: Taobao Marketplace (platform C2C), Tmall.com (platform B2C; kemudian disebut Taobao Mall), dan eTao (pencarian mesin untuk belanja online). Langkah itu dikatakan perlu bagi Taobao untuk “menghadapi ancaman kompetitif yang muncul dalam dua tahun terakhir di mana lanskap Internet dan e-commerce telah berubah secara dramatis.”

Sejak 2012 dan seterusnya, Taobao mulai menerima kartu kredit dan debit Visa dan MasterCard internasional; sebelumnya, hanya bank domestik yang didukung oleh AliPay.

Pada 29 April 2013, Alibaba mengumumkan investasi US $ 586 juta di Sina Weibo. Menurut Reuters, kesepakatan itu “harus mendorong lebih banyak lalu lintas web ke Taobao Marketplace Alibaba, situs web e-commerce terbesar Tiongkok dengan fokus konsumen.”Pada 1 Agustus 2013, Alibaba meluncurkan Weibo untuk Taobao, yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan Sina Akun Weibo dengan akun Taobao.

Maskot

Maskot Taobao adalah semut, yang mewakili budaya perusahaan mereka. Ma memperkenalkan Taobao ke dunia luar dengan menyatakan, “Kami adalah pasukan semut.” Ma pernah mengorganisasi lebih dari 2.000 karyawan di gimnasium untuk merayakan ulang tahun ke-5 upacara pendirian. Di pesta itu, karyawan Taobao melambaikan maskot Taobao – bendera “semut.” Pada akhir perayaan yang berlangsung selama empat jam, semua karyawan berdiri bergandengan tangan, bernyanyi “Jika Anda tidak mengalami angin dan hujan, Anda tidak dapat melihat pelangi. Semut yang diorganisir bersama dapat mengalahkan gajah. ”

Umpan balik toko

Untuk menyelidiki toko Taobao secara menyeluruh, cara yang baik adalah melihat umpan baliknya dengan mengklik ikon peringkat toko. Untuk toko-toko Tmall.com, orang-orang mengklik bintang-bintang untuk melihat peringkat mereka. Pengguna Taobao biasanya menghabiskan waktu untuk membaca umpan balik dan membandingkan item dari satu toko dengan yang lainnya. Umpan balik yang dibuat oleh pengguna dapat menjadi asli atau dibuat-buat yang harus dibaca oleh pengguna secara menyeluruh untuk menyimpulkan. Jika gaya dan nada umpan baliknya sama, kemungkinan, itu dibuat-buat. Beberapa umpan balik juga dapat diposting oleh pesaing. Pengguna harus melihat sebagian besar umpan balik untuk menyimpulkan apakah umpan balik tersebut asli atau tidak. Cara terbaik untuk menyimpulkan apakah barang tersebut benar-benar layak dibeli adalah dengan melihat umpan balik yang tersedia yang diposting oleh pengguna setelah mereka menggunakan barang tersebut untuk jangka waktu tertentu.

Untuk setiap transaksi perdagangan di Taobao, harus ada bagian dari umpan balik pelanggan, yang merupakan faktor penentu volume penjualan untuk toko. Oleh karena itu, pemilik toko sering berupaya memaksimalkan komentar positif dan menghilangkan komentar negatif. Bahkan negosiasi yang menguntungkan terjadi antara penjual dan konsumen untuk menilai kepuasan mereka terhadap komoditas dan pengalaman berbelanja mereka. Untuk mengumpulkan perspektif publik terhadap layanan Taobao, alat pencarian dan fungsi lainnya digunakan untuk menentukan dan mempelajari tuntutan pengguna, yang dapat membantu Taobao melakukan lebih banyak peningkatan; Ada juga survei yang diberikan kepada konsumen Taobao termasuk bagian-bagian berikut:

· Kendala yang Anda temui saat menggunakan produk.

· Saran dan ulasan produk Anda.

· Frekuensi penggunaan Anda pada produk, atau pentingnya produk tersebut bagi pengguna itu sendiri.

· Tingkat kepuasan terhadap aspek-aspek spesifik, termasuk tata letak visual dan tipografi, prosedur dan panduan instruksi.

· Tingkat kepuasan keseluruhan terhadap produk.

Alipay

Diluncurkan pada tahun 2004, Alipay adalah platform pembayaran online berbasis escrow, adalah solusi pembayaran yang disukai untuk transaksi di Taobao Marketplace. Ini adalah solusi pembayaran online pihak ketiga yang paling banyak digunakan di Tiongkok. Untuk memastikan transaksi yang aman, Alipay menggunakan sistem escrow di mana pembayaran hanya dirilis kepada penjual setelah pembeli telah menerima barang-barangnya dalam kondisi memuaskan. Menurut situs web Alibaba Group, Alipay bermitra dengan beberapa lembaga keuangan serta Visa dan MasterCard untuk memfasilitasi pembayaran di Cina dan luar negeri.

Sistem Alipay terpisah untuk kelompok pengguna yang berbeda. Misalnya, pengguna Alipay dapat mengirim dan menerima dana jika mereka memiliki akun yang menambahkan kartu kredit yang dikeluarkan di Cina, sedangkan pengguna yang menggunakan kartu kredit yang diterbitkan di luar China hanya dapat menggunakan Alipay untuk membayar barang atau jasa dari Taobao. Ini terbukti bermasalah bagi pengguna internasional Taobao, karena mereka tidak dapat menerima pengembalian uang yang tidak dikeluarkan melalui sistem Taobao.

Perubahan regulasi yang dikeluarkan oleh People’s Bank of China (Bank Sentral China) diatur untuk mengubah ekosistem pembayaran online Cina selamanya. Layanan pembayaran digital papan atas seperti WeChat Pay dan Alipay diharapkan untuk mentransfer semua data transaksi yang relevan ke lembaga yang tepat mulai 30 Juni 2018.

AliExpress

AliExpress dibuat pada bulan April 2010 sebagai situs web ritel internasional. Orang-orang yang tinggal di luar negeri dapat menggunakan layanan ini untuk membeli barang-barang dari manufaktur Cina secara online.

AliWangWang

Fitur khas berbelanja di Taobao Marketplace adalah kemudahan komunikasi antara pembeli dan penjual sebelum pembelian melalui program obrolan instan berpemilik miliknya, bernama AliWangWang. Sudah menjadi kebiasaan di kalangan pembeli online Cina untuk berinteraksi dengan penjual melalui AliWangWang untuk menanyakan tentang produk dan untuk menawar sebelum membeli produk.

Baopals

Pada bulan Februari 2016, 3 ekspatriat yang tinggal di Shanghai meluncurkan Baopals, sebuah platform belanja yang menerjemahkan Taobao dan Tmall ke dalam bahasa Inggris sehingga orang asing yang tinggal di China dapat mengakses semua produk dan layanannya. Saat ini, lebih dari 2,4 juta item telah terjual di platform.

Layanan lain

Taobao Marketplace memperkenalkan berbagai fitur dan layanan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pembeli dan pengecer online. Misalnya, pada Januari 2010, ia meluncurkan aplikasi Taobao, yang dibuat oleh pengembang independen melalui Taobao Open Platform, untuk diunduh oleh konsumen di Taobao App Store.

Pada bulan Maret 2010, ia memperkenalkan platform Taobao Data Cube, yang memberikan usaha kecil akses ke data transaksi konsumen agregatnya untuk mengetahui tren industri.

Pada Juni 2010, ia bermitra dengan Wasu Media Internet Limited untuk meluncurkan Taohua, platform produk hiburan digital, dan belanja televisi digital interaktif, yang dioperasikan oleh perusahaan patungan yang dibentuk oleh kedua perusahaan.

Pemasaran Digital

Singles ‘Day (juga dikenal sebagai karnaval belanja Double eleven) adalah hari belanja online terbesar di Tiongkok pada 11 November, yang dimulai dari 11 November 2009 oleh mal Taobao. Dibutuhkan keuntungan dari satu hari Cina yang dibuat oleh mahasiswa Cina di universitas untuk merayakan bujangan mereka. Setelah acara itu diluncurkan, ia mendapat perhatian tak terduga sehingga banyak perusahaan e-commerce lain mencoba meniru model ini. Namun, mal Taobao masih merupakan penerima manfaat terbaik dengan keterampilan promosi yang akurat dan kuat sampai sekarang.

Hari belanja dobel sebelas telah memperoleh banyak keuntungan bagi Taobao sejak 2009. Nilai penjualan pada dobel sebelas pada tahun 2009 adalah RMB50 juta (£ 5,68 juta) dan nilainya telah meningkat tajam menjadi RMB35 miliar (£ 3,97 miliar) dan RMB1 0,5 miliar (£ 170 juta) diperoleh.

Berikut adalah volume transaksi dari 2009 hingga 2013 di mal Taobao untuk 11 November:

  • 2009: RMB50 juta (£ 5,68 juta).
  • 2010: RMB900 juta (£ 102 juta).
  • 2011: RMB3,4 miliar (£ 386 juta).
  • 2012: RMB19,1 miliar (£ 2,17 miliar).
  • 2013: RMB35 miliar (£ 3,97 miliar).

Ini juga menunjukkan kekuatan besar dari 2014 hingga 2018, dengan volume transaksi dari 213,5 miliar pada 2018.

Keberhasilan karnaval belanja dua kali lipat di mal Taobao berkontribusi pada variasi keterampilan promosi dan mendukung jumlah perusahaan. Pada tahun 2016, Alibaba telah memperkenalkan pesta double-sebelas T-mal, yang mengundang banyak bintang, penyanyi, dan supermodel populer yang ikut serta dalam pertunjukan rahasia Victoria. Partai ini juga mengundang bintang-bintang seperti Scarlett Johansson, Kobe Bryant dan Beckham.

Sekarang, karena volume perdagangan dan pendapatan yang sangat besar di Hari Singles (11/11), Taobao telah meluncurkan kegiatan promosi lainnya pada tanggal 12 Desember, yang merupakan hari penjualan e-commerce yang serupa dengan Hari Singles. Sejak itu, volume perdagangan telah menetapkan tinggi baru setiap tahun.

Mengembangkan Strategi

Pada 29 Maret 2016, CEO grup Alibaba, Daniel Zhang, menunjukkan tiga arah tujuan pengembangan masa depan untuk Taobao: lebih berbasis komunitas, lebih banyak konten yang diaktifkan dan lokal diadaptasi dalam konferensi pelanggan tahunan 2016 yang diadakan di Hangzhou. Taobao secara luas menggunakan strategi belanja seperti personalisasi data, loyalitas pelanggan, penyiaran video dan permintaan terfokus dari satu komunitas untuk membangun panggung bagi penjual untuk menampilkan komoditas mereka. Ini benar-benar membangun ekosistem baru dari memproduksi konten, untuk menyebarkan konten, dan mengkonsumsi konten dengan platform internet bekerja sama Alibaba seperti Youku, Weibo, Alimama dan Alifilm. Kecuali untuk menggunakan pasokan terpusat dan sesuai permintaan tergantung pada kebutuhan pengguna untuk membentuk sistem operasional sendiri untuk memproduksi dan mengkonsumsi transmisi, Taobao juga meningkatkan kualitas komoditas dan layanannya terhadap konsumen.

Agen Adaptif

Taobao menerapkan alat pencarian bernama ‘agen adaptif’. Agen adaptif mengambil sinyal dari catatan pembelian konsumen, termasuk kategori, merek, fungsi dan warna dll .; Mesin pencari melibatkan pemindaian kode batang tertentu. Taobao melacak sejarah pembelian pelanggan dan mengorganisasikannya kembali ke dalam serangkaian pilihan yang kemungkinan menarik bagi pembeli. Cara agen adaptif bekerja adalah model gambar sebelumnya ditambah data posterior menggunakan teori BAYES (metode LAPLACE): Kemungkinan terjadinya peristiwa tertentu dapat diperkirakan melalui frekuensi kemunculannya di masa lalu. Peringkat suatu produk atau halaman dapat ditentukan oleh kombinasi informasi sebelumnya ditambah data posterior transaksi klik.

Popularitas model pencarian Taobao didasarkan pada perhitungan tingkat korelasi dan skor kualitas:

  • Skor statis dari judul produk (tingkat korelasi).
  • Skor yang cocok dari judul dan permintaan suatu produk (tingkat korelasi).
  • Model kategori suatu produk (tingkat korelasi).
  • Model transaksi komoditas (skor kualitas).
  • Model penjual (skor kualitas).
  • Umpan balik (skor kualitas).
  • Taobao meningkatkan traffic dengan meluncurkan aplikasi.

Pencarian Semantik

Taobao secara otomatis mengklasifikasikan teks dan gambar produk, dan menggunakan tag untuk membuat korelasinya cocok. Penggunaan pencarian semantik adalah untuk memecahkan masalah korelatif yang tidak dapat dipecahkan oleh teks kata kunci, seperti gambar, teks kompleks, dan teks ambigu. Pencarian semantik juga merupakan cara rekomendasi yang diberikan Taobao dengan lebih banyak barang serupa yang mungkin ditemukan konsumen saat mencari satu kata kunci. Ada penandaan entitas dan klasifikasi lainnya.

Taobao untuk Asia Tenggara

Pada bulan September 2013, Taobao meluncurkan situsnya di Asia Tenggara. Fitur terjemahan sekarang tersedia di Taobao.com untuk bahasa-bahasa utama di Asia Tenggara.

Tanggung jawab sosial perusahaan

Pada Agustus 2017, untuk melindungi anak-anak Afrika dari eksploitasi komersial, perusahaan telah menghapus kampanye iklan vendor yang kontroversial.

Metrik

Taobao Marketplace memiliki lebih dari 5 juta pengguna terdaftar pada Juni 2013 dan menjadi tuan rumah lebih dari 80 juta daftar produk. Ini memfasilitasi sekitar RMB 200 miliar dalam volume barang dagangan kotor pada tahun 2009. Pada September 2013, Taobao berada di peringkat ke-12 secara keseluruhan dalam peringkat internet Alexa. Untuk tahun yang berakhir 31 Maret 2013, gabungan volume barang dagang bruto (GMV) Taobao dan Tmall.com gabungan melebihi RMB 1 triliun.

 

Situs web: https://www.taobao.com

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Taobao

Artikel Terkait:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *