Tentang Qq Com Adalah

Tentang Qq

Qq.com adalah layanan perangkat lunak pengiriman pesan instan yang dikembangkan oleh raksasa teknologi Cina Tencent.

QQ juga menawarkan layanan yang menyediakan permainan sosial online, musik, belanja, micro blogging, film, dan perangkat lunak grup dan obrolan suara.

Pada April 2014, lebih dari 200 juta pengguna QQ online simultan dicatat.

Pada akhir Juni 2016, ada 899 juta akun QQ aktif.

Sejarah

Tencent QQ pertama kali dirilis di Cina pada Februari 1999 dengan nama OICQ (“Open ICQ”, referensi ke ICQ layanan IM awal).

Setelah ancaman gugatan pelanggaran merek dagang oleh ICQ milik AOL, nama produk diubah menjadi QQ (dengan “Q” dan “QQ” digunakan untuk menyiratkan “imut”).

Perangkat lunak ini mewarisi fungsi yang ada dari ICQ, dan fitur tambahan seperti kulit perangkat lunak, gambar orang, dan emotikon.

QQ pertama kali dirilis sebagai layanan komunikasi real-time “paging jaringan”. Fitur lain kemudian ditambahkan, seperti ruang obrolan, game, avatar pribadi (mirip dengan “Meego” di MSN), penyimpanan online, dan layanan kencan internet.

Klien resmi berjalan pada Microsoft Windows dan versi beta publik diluncurkan untuk Mac OS X versi 10.4.9 atau lebih baru.

Sebelumnya, dua versi web, WebQQ (versi lengkap) dan WebQQ Mini (versi Lite), yang memanfaatkan Ajax, tersedia. Namun, pengembangan, dukungan, dan ketersediaan WebQQ Mini telah dihentikan. Pada tanggal 31 Juli 2008, Tencent merilis klien resmi untuk Linux, tetapi ini belum dibuat kompatibel dengan versi Windows dan tidak mampu melakukan obrolan suara.

Menanggapi persaingan dengan messenger instan lainnya, seperti Windows Live Messenger, Tencent merilis Tencent Messenger, yang ditujukan untuk bisnis.

Tencent QQ memegang Guinness World Record untuk jumlah pengguna online simultan tertinggi pada program pesan instan dengan 210.212.085 pengguna online pada 3 Juli 2014.

Keanggotaan

Pada tahun 2002, Tencent menghentikan pendaftaran keanggotaan gratisnya, mengharuskan semua anggota baru membayar biaya. Namun pada tahun 2003, keputusan ini dibatalkan karena tekanan dari layanan pesan instan lainnya seperti Windows Live Messenger dan Sina UC.

Tencent saat ini menawarkan skema keanggotaan premium, di mana anggota premium menikmati fitur-fitur seperti ponsel QQ, unduhan nada dering, dan pengiriman / penerimaan SMS. Selain itu, Tencent menawarkan keanggotaan tingkat “Diamond”.

Saat ini, ada tujuh skema berlian yang tersedia:

  1. Merah untuk layanan QQ Show yang menampilkan beberapa kemampuan dangkal seperti memiliki nama akun berwarna.
  2. Kuning untuk mendapatkan penyimpanan dan dekorasi tambahan di Qzone — layanan blog.
  3. Biru untuk mendapatkan kemampuan khusus dalam permainan-permainan QQ game.
  4. Ungu untuk mendapatkan kemampuan khusus dalam game termasuk QQ Speed, QQ Nana, dan QQ Tang
  5. Merah muda karena memiliki dorongan yang berbeda dalam permainan pemeliharaan hewan peliharaan yang disebut QQ Pet.
  6. Hijau untuk menggunakan musik QQ — layanan bagi pengguna untuk mengalirkan musik secara online.
  7. VIP karena memiliki fitur tambahan di klien obrolan seperti menghapus iklan
  8. Hitam untuk mendapatkan manfaat terkait DNF (Dungeon & Fighter), video game beat-up PC multiplayer.

Koin QQ adalah mata uang virtual yang digunakan oleh pengguna QQ untuk “membeli” item terkait QQ untuk avatar dan blog mereka. Q Koin diperoleh baik dengan membeli (satu koin untuk satu RMB) atau dengan menggunakan layanan ponsel.

Karena popularitas QQ di kalangan anak muda di Cina, Koin QQ secara bertahap diterima oleh vendor online dengan imbalan barang “nyata” seperti hadiah kecil. Hal ini menimbulkan kekhawatiran untuk mengganti (dan dengan demikian “menggelembungkan”) mata uang riil dalam transaksi ini.

Bank Rakyat Tiongkok, bank sentral Tiongkok, mengatakan sedang menyelidiki kemungkinan menindak Q Koin karena orang menggunakan Q Koin sebagai ganti barang dunia nyata. Tencent mengklaim Koin QQ adalah komoditas biasa, dan karenanya, bukan mata uang.

QQ International

Windows

Pada tahun 2009, QQ mulai memperluas layanannya secara internasional dengan klien QQ International untuk Windows yang didistribusikan melalui portal berbahasa Inggris khusus.

QQ International menawarkan kesempatan bagi penutur non-Mandarin untuk menggunakan sebagian besar fitur dari mitra China-nya untuk berhubungan dengan pengguna QQ lainnya melalui obrolan, VoIP, dan panggilan video, dan ia menyediakan antarmuka non-Mandarin untuk mengakses Qzone, sosial Tencent jaringan. Klien mendukung bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Jerman, Korea, Jepang, dan Cina Tradisional.

Salah satu fitur utama QQ International adalah terjemahan mesin opsional dan otomatis di semua obrolan.

Android

Versi Android QQ International dirilis pada September 2013. Antarmuka klien dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Jerman, Korea, Jepang, dan Cina Tradisional. Selain pesan teks, pengguna dapat saling mengirim gambar, video, dan pesan media audio. Selain itu, pengguna dapat berbagi konten multimedia dengan semua kontak melalui antarmuka Qzone klien.

Fitur terjemahan langsung tersedia untuk semua pesan masuk dan mendukung hingga 18 bahasa.

iOS

QQ International untuk perangkat iPhone dan iOS dirilis pada akhir 2013, sepenuhnya setara dengan perangkat Android-nya.

Kemitraan

Di India, Tencent telah bermitra dengan ibibo untuk menghadirkan layanan seperti obrolan, surat, dan permainan ke ranah internet India yang sedang berkembang.

Di Vietnam, Tencent telah mencapai kesepakatan dengan VinaGame untuk menghadirkan portal QQ Casual Gaming serta QQ Messenger sebagai tambahan bagi komunitas game Vietnam yang sudah berkembang pesat.

Di Amerika Serikat, Tencent telah bermitra dengan AOL untuk menjadikan QQ Games sebagai pesaing di pasar permainan sosial AS. Diluncurkan pada 2007, QQ Games dibundel dengan installer AIM, dan berkompetisi dengan games.com milik AOL untuk memberikan pengalaman bermain game bagi basis pengguna AIM.

QQ web

Tencent meluncurkan QQ berbasis web secara resmi pada 15 September 2009, versi terbaru yang menjadi 3.0. Alih-alih semata-mata IM berbasis web, WebQQ 3.0 berfungsi lebih seperti sistem operasinya sendiri, dengan desktop tempat aplikasi web dapat ditambahkan.

Situs web jejaring sosial

Pada tahun 2009, Tencent meluncurkan Xiaoyou (校友, ‘teman sekolah’), situs web jejaring sosial pertamanya. Pada pertengahan 2010, Tencent mengubah arah dan menggantikan Xiaoyou dengan Pengyou (朋友, ‘teman’), mencoba untuk membangun jaringan yang lebih luas, di mana pengguna QQ yang masih ada dapat dengan mudah dialihkan, sehingga memberi Pengyou keuntungan besar atas para pesaingnya. Jaringan sosial Tencent, Qzone, terhubung dengan versi QQ Internasional dan asli.

Klien open source dan lintas platform

Menggunakan reverse engineering, komunitas open source telah memahami protokol QQ dengan lebih baik dan telah berusaha mengimplementasikan perpustakaan inti klien yang kompatibel dengan klien yang lebih ramah pengguna, bebas dari iklan. Sebagian besar klien ini adalah lintas platform, sehingga mereka dapat digunakan pada sistem operasi yang tidak didukung klien resmi.

Namun, implementasi ini hanya memiliki sebagian fungsi klien resmi dan oleh karena itu terbatas dalam fitur. Selain itu, perusahaan induk QQ, Tencent, telah lebih dari versi berturut-turut memodifikasi protokol QQ sejauh itu tidak dapat lagi didukung oleh sebagian besar, dan mungkin saja, dari implementasi pihak ketiga yang berhasil di masa lalu (beberapa di antaranya adalah tercantum di bawah ini). Pada 2009, tidak ada pengembang klien pihak ketiga yang mempublikasikan rencana untuk memulihkan dukungan QQ.

Barang dagangan

Tencent telah mengambil keuntungan dari popularitas merek QQ dan telah mendirikan banyak toko Q-Gen yang menjual barang dagangan merek QQ seperti tas, jam tangan, pakaian serta penguin mainan.

Karakteristik terkait

Akun QQ murni kombinasi angka. Nomor akun yang disediakan untuk pengguna terdaftar dipilih secara acak oleh pendaftaran pengguna sistem. Pada tahun 1995, akun QQ terdaftar hanya memiliki 5 digit, sementara saat ini, nomor digital yang digunakan untuk akun QQ telah mencapai 12. Nomor QQ pertama dipegang oleh Ma Huateng dan nomor akunnya adalah 10001.

Keanggotaan akun QQ biasanya berlangsung selama sebulan. Ketika keanggotaan ini sudah lewat waktu dan belum diperpanjang, akun tersebut akan dinonaktifkan.

Sehubungan dengan menghitung “QQ Age”, login selama 2 jam penuh akan dianggap sebagai satu hari penuh. Dengan demikian, login ke QQ selama sekitar 700 jam akan membuat usia bertambah 1 tahun. Di QQ versi 2012, pengguna dapat melihat usia di halaman informasi pribadi.

Pada tahun 2004, Tencent meluncurkan hierarki QQ yang menunjukkan tingkat anggota terdaftar. Pada awalnya, hierarki ini semata-mata didasarkan pada jam yang dihabiskan anggota di QQ. Oleh karena itu, semakin lama anggota itu tinggal, semakin tinggi level yang bisa dia tuju. Hasil ini, bagaimanapun, dikritik karena orang cenderung membuang energi listrik karena tinggal lebih lama di lokasi. Oleh karena itu, Tencent mengubah dasar dari satuan jam menjadi satuan harian karena keterlibatan beberapa departemen.

Sengketa dengan Qihoo 360

Pada 2010, perusahaan anti-virus China, Qihoo 360, menganalisis protokol QQ dan menuduh QQ secara otomatis memindai komputer pengguna dan mengunggah informasi pribadi mereka ke server QQ tanpa persetujuan pengguna. Sebagai tanggapan, Tencent menyebut 360 malware dan menolak pengguna menginstal 360 akses ke beberapa layanan QQ. Kementerian Perindustrian dan Informasi Tiongkok menegur kedua perusahaan karena “persaingan tidak patut” dan memerintahkan mereka untuk mencapai kesepakatan.

Pengawasan pemerintah

Beberapa pengamat mengkritik kepatuhan QQ dalam pengawasan dan sensor internet pemerintah Tiongkok. Laporan 2013 oleh Reporters Without Borders secara khusus menyebutkan QQ sebagai memungkinkan pihak berwenang untuk memantau percakapan online untuk kata kunci atau frasa dan melacak peserta berdasarkan nomor pengguna mereka.

Kontroversi adware

QQ versi Cina menggunakan iklan yang disematkan. Versi yang lebih lama dari klien telah dicap sebagai adware berbahaya oleh beberapa vendor antivirus dan anti-spyware.

Keamanan

Pada 6 Maret 2015, QQ mencetak 2 dari 7 poin pada kartu pesan perpesanan aman Electronic Frontier Foundation. Ia menerima poin karena komunikasi terenkripsi dalam perjalanan dan untuk memiliki audit keamanan independen baru-baru ini. Itu kehilangan poin karena komunikasi tidak dienkripsi ujung ke ujung, pengguna tidak dapat memverifikasi identitas kontak, pesan masa lalu tidak aman jika kunci enkripsi dicuri (yaitu layanan tidak memberikan kerahasiaan ke depan), kode tidak terbuka untuk tinjauan independen (mis. kodenya bukan open-source), dan desain keamanan tidak didokumentasikan dengan baik.

Sumber: en.wikipedia.org

 

Sites Linking In 2019: 325.959

Peringkat Alexa 2019: 2 zchina,6 Global.

Situs Web: https://www.qq.com

Artikel Terkait:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *