Tentang Google Adalah

Google LLC adalah sebuah perusahaan multinasional jasa dan produk Internet asal Amerika Serikat.

Tentang Google

Didirikan 4 September 1998 di Menlo Park, California.

Pendiri: Larry Page dan Sergey Brin (memegang 16% saham).

Simbol: NASDAQ: GOOGL

Saham: NASDAQ: GOOG

Industri: Internet, Perangkat lunak komputer, Perlengkapan telekomunikasi.

Kantor pusat: Googleplex, Mountain View, California, A.S.

Wilayah operasi: Seluruh dunia.

CEO: Sundar Pichai.

Jumlah Karyawan 2018: 98.771 orang.

Induk Perusahaan: Alphabet Inc.

Situs web: https://www.google.com, Indonesia: https://www.google.co.id

 

Produk Google

  1. Google Search (juga disebut sebagai Google Web Search atau hanya Google, adalah mesin pencarian web yang dikembangkan oleh Google LLC. Ini adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di World Wide Web di semua platform, dengan 92,74% pangsa pasar per Oktober 2018, menangani lebih dari 3,5 miliar pencarian setiap hari).mesin pencari milik google 12 43 12 6 2019
  2. Google Ads (sebelumnya Google AdWords, sebelum 24 Juli 2018, adalah platform periklanan online yang dikembangkan oleh Google, di mana pengiklan membayar untuk menampilkan iklan singkat, penawaran layanan, daftar produk, konten video, dan menghasilkan pemasangan aplikasi seluler dalam Google jaringan iklan ke pengguna web).
  3. Google Adsense (Google AdSense adalah program yang dijalankan oleh Google melalui mana penerbit situs web di Jaringan Google situs konten melayani iklan teks, gambar, video, atau media interaktif yang ditargetkan ke konten situs dan audiens. Iklan-iklan ini dikelola, disortir, dan dikelola oleh Google. Mereka dapat menghasilkan pendapatan baik berdasarkan per klik atau per tayangan. Google beta menguji layanan biaya per tindakan, tetapi menghentikannya pada Oktober 2008 demi penawaran DoubleClick (juga dimiliki oleh Google).  Pada Q1 2014, Google memperoleh US $ 3,4 miliar ($ 13,6 miliar per tahun), atau 22% dari total pendapatan, melalui Google AdSense. AdSense adalah peserta dalam program AdChoices, jadi iklan AdSense biasanya menyertakan ikon AdChoices berbentuk segitiga. Program ini juga beroperasi pada cookie HTTP. Lebih dari 11,1 juta situs web menggunakan AdSense).
  4. Google Mail /Gmail (adalah layanan email gratis yang dikembangkan oleh Google. Pengguna dapat mengakses Gmail di web dan menggunakan program pihak ketiga yang menyinkronkan konten email melalui protokol POP atau IMAP. Gmail dimulai sebagai rilis beta terbatas pada 1 April 2004 dan mengakhiri tahap pengujian pada 7 Juli 2009).
  5. Google Maps (adalah layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google. Menawarkan citra satelit, foto udara, peta jalan, pemandangan jalan 360 ° (Street View), kondisi lalu lintas waktu nyata, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda dan udara (dalam versi beta), atau transportasi umum).
  6. Google Translate (adalah layanan terjemahan mesin multibahasa gratis yang dikembangkan oleh Google, untuk menerjemahkan teks. Ini menawarkan antarmuka situs web, aplikasi seluler untuk Android dan iOS, dan API yang membantu pengembang membangun ekstensi peramban dan aplikasi perangkat lunak. Google Translate mendukung lebih dari 100 bahasa di berbagai tingkatan dan hingga Mei 2017, melayani lebih dari 500 juta orang setiap hari).
  7. Google Books (sebelumnya dikenal sebagai Google Book Search dan Google Print dan dengan nama samarannya Project Ocean, adalah layanan dari Google Inc. yang mencari teks lengkap dari buku dan majalah yang telah dipindai oleh Google, dikonversi ke teks menggunakan pengenalan karakter optik (OCR), dan disimpan dalam basis data digitalnya. Buku disediakan baik oleh penerbit dan penulis melalui Program Mitra Buku Google, atau oleh mitra perpustakaan Google melalui Proyek Perpustakaan. Selain itu, Google telah bermitra dengan sejumlah penerbit majalah untuk mendigitalkan arsip mereka).
  8. Google Earth (adalah program komputer yang menyajikan representasi 3D Bumi berdasarkan citra satelit. Program ini memetakan Bumi dengan melapiskan citra satelit, foto udara, dan data GIS ke bola dunia 3D, yang memungkinkan pengguna untuk melihat kota dan lanskap dari berbagai sudut. Pengguna dapat menjelajahi dunia dengan memasukkan alamat dan koordinat, atau dengan menggunakan keyboard atau mouse. Program ini juga dapat diunduh pada smartphone atau tablet, menggunakan layar sentuh atau stylus untuk bernavigasi. Pengguna dapat menggunakan program untuk menambahkan data mereka sendiri menggunakan Keyhole Markup Language dan mengunggahnya melalui berbagai sumber, seperti forum atau blog. Google Earth dapat menampilkan berbagai jenis gambar yang dihamparkan di permukaan bumi dan juga klien Layanan Peta Web).
  9. Google Drive (adalah layanan penyimpanan dan sinkronisasi file yang dikembangkan oleh Google. Diluncurkan pada 24 April 2012, Google Drive memungkinkan pengguna untuk menyimpan file di server mereka, menyinkronkan file di seluruh perangkat, dan berbagi file. Selain situs web, Google Drive menawarkan aplikasi dengan kemampuan offline untuk komputer Windows dan macOS, serta ponsel cerdas dan tablet Android dan iOS. Google Drive mencakup Google Documents, Google Sheets, dan Google Slides, yang merupakan bagian dari rangkaian kantor yang memungkinkan pengeditan kolaboratif dokumen, spreadsheet, presentasi, gambar, formulir, dan banyak lagi. File yang dibuat dan diedit melalui office suite disimpan di Google Drive).
  10. Google Chrome (umumnya dikenal sebagai Chrome, adalah peramban web lintas platform yang dikembangkan oleh Google. Ini pertama kali dirilis pada 2008 untuk Microsoft Windows, dan kemudian diangkut ke Linux, macOS, iOS, dan Android. Browser juga merupakan komponen utama Chrome OS, di mana ia berfungsi sebagai platform untuk aplikasi web).
  11. Google Docs (adalah pengolah kata yang disertakan sebagai bagian dari rangkaian perangkat lunak perkantoran berbasis web gratis yang ditawarkan Google dalam layanan Google Drive-nya. Layanan ini juga mencakup Google Sheets dan Google Slides, masing-masing program spreadsheet dan presentasi. Google Documents tersedia sebagai aplikasi web, aplikasi seluler untuk Android, iOS, Windows, BlackBerry, dan sebagai aplikasi desktop di Google ChromeOS. Aplikasi ini kompatibel dengan format file Microsoft Office. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit file secara online saat berkolaborasi dengan pengguna lain secara real-time. Suntingan dilacak oleh pengguna dengan riwayat revisi yang menghadirkan perubahan. Posisi editor disorot dengan warna dan kursor khusus editor. Sistem izin mengatur apa yang dapat dilakukan pengguna. Pembaruan telah memperkenalkan fitur-fitur menggunakan pembelajaran mesin, termasuk “Jelajahi”, menawarkan hasil pencarian berdasarkan pada isi dokumen, dan “Item tindakan”, yang memungkinkan pengguna untuk menetapkan tugas kepada pengguna lain).
  12. Perangkat Lunak Android (adalah sistem operasi seluler yang dikembangkan oleh Google. Ini didasarkan pada versi modifikasi dari kernel Linux dan perangkat lunak open source lainnya, dan dirancang terutama untuk perangkat seluler layar sentuh seperti smartphone dan tablet. Selain itu, Google telah mengembangkan TV Android untuk televisi, Android Auto untuk mobil, dan Wear OS untuk jam tangan, masing-masing dengan antarmuka pengguna khusus. Varian Android juga digunakan pada konsol game, kamera digital, PC, dan elektronik lainnya.Awalnya dikembangkan oleh Android Inc., yang dibeli Google pada 2005, Android diluncurkan pada 2007, dengan perangkat Android komersial pertama diluncurkan pada September 2008. Versi stabil saat ini adalah Android 9 “Pie”, dirilis pada Agustus 2018. Google merilis yang pertama beta rilis berikutnya, Android Q, pada ponsel Pixel pada Maret 2019. Inti kode sumber Android dikenal sebagai Android Open Source Project (AOSP), yang terutama dilisensikan di bawah Lisensi Apache.Android juga dikaitkan dengan serangkaian perangkat lunak berpemilik yang dikembangkan oleh Google, yang disebut Google Mobile Services (GMS), yang sering kali sudah diinstal sebelumnya pada perangkat. Ini termasuk aplikasi inti seperti Gmail, toko aplikasi / platform distribusi digital Google Play dan platform pengembangan Google Play Services terkait, dan biasanya termasuk browser web Google Chrome dan aplikasi Google Search. Aplikasi ini dilisensikan oleh produsen perangkat Android yang disertifikasi berdasarkan standar yang diberlakukan oleh Google, tetapi AOSP telah digunakan sebagai dasar ekosistem Android yang bersaing seperti Fire OS Amazon.com, yang menggunakan padanannya sendiri untuk Layanan Seluler Google.Android telah menjadi OS terlaris di seluruh dunia pada ponsel cerdas sejak 2011 dan pada tablet sejak 2013. Hingga Mei 2017, ia memiliki lebih dari dua miliar pengguna aktif bulanan, basis instalasi terbesar dari semua sistem operasi, dan pada Desember 2018, Google Play store menampilkan lebih dari 2,6 juta aplikasi).
  13. Google Analytics (adalah layanan analisis web yang ditawarkan oleh Google yang melacak dan melaporkan lalu lintas situs web, saat ini sebagai platform di dalam merek Platform Pemasaran Google. Google meluncurkan layanan pada November 2005 setelah mengakuisisi pengembang Urchin. Google Analytics adalah layanan analisis web yang paling banyak digunakan di web. Google Analytics menyediakan SDK yang memungkinkan pengumpulan data penggunaan dari aplikasi iOS dan Android, yang dikenal sebagai Google Analytics untuk Aplikasi Seluler).

 

Lain Lain Google

  1. Google Play (sebelumnya Android Market) adalah layanan distribusi digital yang dioperasikan dan dikembangkan oleh Google LLC. Ini berfungsi sebagai toko aplikasi resmi untuk sistem operasi Android, yang memungkinkan pengguna untuk menelusuri dan mengunduh aplikasi yang dikembangkan dengan perangkat pengembangan perangkat lunak Android (SDK) dan diterbitkan melalui Google. Google Play juga berfungsi sebagai toko media digital, yang menawarkan musik, buku, film, dan program televisi. Sebelumnya menawarkan perangkat keras Google untuk pembelian sampai diperkenalkannya pengecer perangkat keras online yang terpisah, Google Store, pada 11 Maret 2015, dan juga menawarkan publikasi berita dan majalah sebelum perbaikan Berita Google pada 15 Mei 2018.
  2. Google+ adalah jejaring sosial berbasis Internet yang dimiliki dan dioperasikan oleh Google. Jaringan ini diluncurkan pada 28 Juni 2011 dalam upaya untuk menantang jejaring sosial lain dan untuk sementara waktu menautkan produk Google lainnya seperti Blogger dan YouTube. Layanan tersebut, perampokan keempat Google ke jejaring sosial, mengalami pertumbuhan yang kuat di tahun-tahun awal, meskipun statistik penggunaan bervariasi, tergantung pada bagaimana layanan didefinisikan. Tiga eksekutif Google mengawasi layanan ini, yang mengalami perubahan besar yang menyebabkan desain ulang pada November 2015.Karena keterlibatan pengguna yang rendah dan kelemahan desain perangkat lunak yang diungkapkan yang berpotensi memungkinkan pengembang luar mengakses informasi pribadi penggunanya, API pengembang Google+ dihentikan pada 7 Maret 2019 dan Google+ ditutup untuk penggunaan bisnis dan konsumen pada 2 April , 2019. Google+ untuk masih digunakan Perusahaan untuk jejaring sosial internal perusahaan yang merupakan pengguna G-Suite.
  3. Google Doodle adalah perubahan logo khusus sementara di beranda Google yang dimaksudkan untuk memperingati liburan, acara, prestasi, dan tokoh sejarah terkemuka. Google Doodle pertama menghormati festival Burning Man pada tahun 1998, dan dirancang oleh Larry Page dan Sergey Brin untuk memberi tahu pengguna tentang ketidakhadiran mereka seandainya server mengalami crash. Google Doodles berikutnya dirancang oleh kontraktor luar hingga tahun 2000, ketika Page dan Brin meminta petugas hubungan masyarakat Dennis Hwang untuk merancang logo untuk Hari Bastille. Sejak itu, tim karyawan bernama “Doodlers” telah mengorganisir dan menerbitkan Doodles.
  4. Google Assistant adalah asisten virtual bertenaga kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh Google yang terutama tersedia di perangkat seluler dan rumah pintar. Tidak seperti asisten virtual perusahaan sebelumnya, Google Now, Google Assistant dapat terlibat dalam percakapan dua arah.Asisten awalnya memulai debutnya pada Mei 2016 sebagai bagian dari aplikasi perpesanan Google Allo, dan pengeras suara yang diaktivasi oleh Google Home. Setelah periode eksklusivitas pada smartphone Pixel dan Pixel XL, mulai dikerahkan di perangkat Android lainnya pada Februari 2017, termasuk smartphone pihak ketiga dan Android Wear (sekarang Wear OS), dan dirilis sebagai aplikasi mandiri di iOS sistem operasi pada Mei 2017. Bersamaan dengan pengumuman kit pengembangan perangkat lunak pada April 2017, Asisten telah, dan sedang, diperluas untuk mendukung berbagai perangkat, termasuk mobil dan peralatan rumah pintar pihak ketiga. Fungsionalitas Asisten juga dapat ditingkatkan oleh pengembang pihak ketiga.Pada 2017, Asisten Google diinstal pada lebih dari 400 juta perangkat.

 

Sejarah Google

Perusahaan Google secara resmi diluncurkan pada tahun 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin untuk memasarkan Google Search, yang telah menjadi mesin pencari berbasis web yang paling banyak digunakan.

Larry Page dan Sergey Brin, mahasiswa di Stanford University di California, mengembangkan algoritma pencarian pada awalnya dikenal sebagai “BackRub” pada tahun 1996. Mesin pencari segera terbukti berhasil dan perusahaan yang berkembang bergerak beberapa kali, akhirnya menetap di Mountain View pada tahun 2003. Ini menandai fase pertumbuhan yang cepat, dengan perusahaan melakukan penawaran umum perdana pada tahun 2004 dan dengan cepat menjadi salah satu perusahaan media terbesar di dunia.

Perusahaan ini meluncurkan Google News pada 2002, Gmail pada 2004, Google Maps pada 2005, Google Chrome pada 2008, dan jejaring sosial yang dikenal dengan Google+ pada 2011, di samping banyak produk lainnya. Pada 2015, Google menjadi anak perusahaan utama dari perusahaan induk Alphabet Inc.

Mesin pencari mengalami banyak pembaruan dalam upaya untuk memerangi penyalahgunaan optimasi mesin pencari, memberikan pembaruan dinamis hasil, dan membuat sistem pengindeksan cepat dan fleksibel. Hasil pencarian mulai dipersonalisasi pada tahun 2005, dan kemudian Google Suggest pelengkapan otomatis diperkenalkan. Sejak 2007, Pencarian Universal menyediakan semua jenis konten, bukan hanya konten teks, dalam hasil pencarian.

Google telah terlibat dalam kemitraan dengan NASA, AOL, Sun Microsystems, News Corporation, Sky UK, dan lainnya. Perusahaan ini mendirikan cabang amal, Google.org, pada tahun 2005. Google terlibat dalam sengketa hukum 2006 di AS atas perintah pengadilan untuk mengungkap URL dan string pencarian, dan telah menjadi subjek investigasi penghindaran pajak di Inggris.

Nama Google adalah varian dari googol, dipilih untuk menyarankan jumlah yang sangat besar.

 

Sites Linking In 2019: 2.313.149

Peringkat Alexa 2019: 1 Indonesia, 1 Global.

Situs Web: https://www.google.com

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *