Tentang Blogspot / Blogger Adalah

Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs.

Tentang Blogger

Diluncurkan: 23 Agustus 1999.

Diakuisisi oleh Google: pada tahun 2003.

Jenis situs: Layanan publikasi blog.

Pemilik: Google.

Situs web: blogger.com

Peringkat Alexa 2019: 195 Global.

Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com.

Pada tahun 2004, Google membeli Picasa, dan mengintegrasikannya dengan Blogger sehingga pengguna Picasa dapat mempublikasikan koleksi foto miliknya ke situs blognya.

Pada 9 Mei 2004, Blogger memperkenalkan beberapa perubahan besar pada sistem publikasi blognya, menambahkan fitur seperti templat yang memenuhi standar web, halaman arsip individual untuk masing-masing posting dan komentar, serta fitur posting melalui email.

Pada 14 Agustus 2006, Blogger meluncurkan versi terbarunya dalam tahap beta, yang diberi nama kode “Invader”. Versi terbaru ini memigrasikan pengguna Blogger ke server milik Google dan menambahkan beberapa fitur baru. Pada Desember 2006, versi baru ini keluar dari tahap beta. Mei 2007, Blogger selesai memigrasikan semua data penggunanya ke server Google.

Pada September 2009, Google memperkenalkan fitur baru sebagai bagian dari perayaan ulang tahunnya yang kesepuluh. Fitur tersebut meliputi tampilan baru untuk menulis post, penyempurnaan penanganan gambar, dan implementasi berbasis Google Docs lainnya, seperti:

  • Menambahkan lokasi penulisan di post.
  • Penanggalan tulisan ditentukan pada saat publikasi, bukan saat pembuatan.
  • Pengubahan tautan di mode penulisan (Compose mode).
  • Layanan penuh bagi Safari 3.
  • Tampilan pratayang yang menampilkan post dengan perkiraan lebar tulisan dan ukuran font ketika tulisan tersebut dipublikasikan.
  • Toolbar yang baru dengan tampilan khas Google, waktu pemuatan yang lebih cepat, dan tombol Undo serta Redo.
  • Pada tahun 2010, Blogger memperkenalkan template baru dan melakukan desain ulang situsnya.

Toolbar Google memiliki fitur “BlogThis!” yang mengizinkan toolbar pengguna dengan akun Blogger untuk memposting tautan langsung ke blog mereka.

Blogger mendukung layanan Google AdSense sebagai sebuah cara bagi pemilik blog untuk mendapatkan penghasilan dari blog mereka.

Blogger menawarkan layanan Google Adwords sebagai sebuah cara untuk mempromosikan blog baru.

Blogger menawarkan dukungan blog multi-pengarang, yang memungkinkan pengguna membuat sebuah blog untuk kelompok (group blog).

Blogger menawarkan fitur pengubahan template, yang mengizinkan pengguna mengubah desain templat blog sesuai keinginan mereka.

Pada akhir 2016, Blogger tersedia dalam 60 bahasa di dunia:

Afrika, Amharik, Arab, Basque, Bengali, Bulgaria, Catalan, Cina (Hong Kong), Cina (Sederhana), Cina (Tradisional), Kroasia, Ceko , Denmark, Belanda, Inggris (Inggris), Inggris (Amerika Serikat), Estonia, Filipina, Finlandia, Prancis, Galicia, Jerman, Yunani, Gujarati, Ibrani, Hindi, Hongaria, Islandia, Indonesia, Italia, Jepang, Kannada, Korea , Latvia, Lithuania, Melayu, Malayalam, Marathi, Norwegia, Persia, Polandia, Portugis (Brasil), Portugis (Portugal), Rumania, Rusia, Serbia, Slowakia, Slovenia, Spanyol (Amerika Latin), Spanyol (Spanyol), Swahili, Swedia, Tamil, Telugu, Thailand, Turki, Ukraina, Urdu, Vietnam, dan Zulu.

Blogger telah meluncurkan aplikasi seluler untuk pengguna dengan perangkat seluler.

 

Negara negara yang memblokir Blogger:

  1. Federasi Rusia.
  2. Fiji.
  3. India.
  4. Iran.
  5. Kuba.
  6. Kazakhstan.
  7. Kirgistan.
  8. Pakistan.
  9. Republik Rakyat Tiongkok.
  10. Republik Arab Syria.
  11. Turki.
  12. Vietnam.
  13. Yaman.

 

Situs Web: https://www.blogger.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *