Apa saja obyek wisata terkenal di Provinsi Yogyakarta ?

Provinsi ini menjadi salah satu pusat kebudayaan yang menjadi lambang kebanggaan yang begitu mengagumkannya. Jika Anda punya banyak uang, sebaiknya sebelum memutuskan berwisata ke luar negeri, Anda kunjungi dulu Yogyakarta dan nikmati keindahan yang tiada duanya tersebut. Jika dari luar negeri saja turis banyak untuk berdatangan ke Yogyakarta, masa Anda sendiri belum pernah?

1. Candi Prambanan

Lokasi pertama yang wajib Anda kunjungi ketika ke Jogja adalah Candi, khususnya Candi Prambanan. Tempat wisata terkenal di Jogja nomor satu ini merupakan sejarah besar dalam perkembangan agama Hindu di Indonesia berikut kerajaannya. Tepat berada di pusat kota Yogyakarta, menjangkau kawasan Candi Prambanan sangat mudah. Banyak kendaraan umum yang akan mengantarkan Anda sampai ke lokasi dimana Anda akan menyaksikan relief yang banyak terukir di sekeliling Candi tersebut. Sebagai sejarah, Candi Prambanan merupakan perlambangan dari cerita Ramayana dengan Krishnayana.

2. Pantai Parangtritis

Tempat wisata terkenal di Jogja selanjutnya yaitu Pantai Parangtritis. Pantai ini merupakan bagian dalam list wisata baik itu wisatawan lokal maupun turis yang tidak boleh terlewatkan. Pantai ini terkenal karena ombaknya yang besar serta arusnya yang cukup kuat. Tentu saja penyebabnya karena pantai ini tepat berada di tepian Samudera Hindia. Menikmati pantai ini bukan sekedar ombaknya saja, kita pun bisa menikmati nuansa menunggangi kuda di tepian pantai. Jika berani, coba juga paralayang dari gumuk bukit pasirnya yang terkenal yaitu Bukit Parangkusumo. Suasana lain dari Indonesia akan Anda dapatkan ketika berada di gumuk yang jarang Anda temukan di Indonesia ini.

3. Malioboro

Menikmati Jogja terutama di sore dan malam hari akan sangat terasa ketika Anda berjalan-jalan di Malioboro. Saking terkenalnya, jalan ini kerap dijejali wisatawan. Tidak hanya dengan bagi pejalan kaki, jasa para tukang becak pun sangat dibutuhkan. Anda bisa menikmati sajian khas kuliner Jogja di sepanjang jalannya. Jika Anda memilih Malioboro sebagai destinasi terakhir perjalanan wisata, maka Anda pun bisa menjadikan Malioboro sebagai tempat membeli oleh-oleh. Sepanjang jalan Malioboro terdapat banyak pedagang souvenir khas Jogja mulai dari perhiasan, kerajinan tangan, aksesoris, batik, dan semua ditawarkan dalam harga yang murah.

4. Gua Jomblang

Lokasinya berada di Gunung Kidul. Merasakan suasana alam yang berbeda ketika matahari menyinari Anda langsung yang berada di dalam Gua. Lihat pula bagaimana indahnya dan masih alaminya hutan purba dalam Gua tersebut.

5. Arung Jeram Citra Elo

Masih bagi pecinta tantangan dan menyukai petualangan, menjajal adrenalin dengan arung jeram bisa dilakukan di Arung Jeram Citra Elo. Arung jeram ini sangat cocok dinikmati untuk wisatawan yang datang bersama keluarganya atau untuk mereka yang masih takut. Arusnya aman sehingga pemula tidak perlu takut. Tanpa harus menanti musim hujan, menjajal arung jeram di Arung Jeram Citra Elo bisa tetap Anda lakukan.

6. Kraton Jogja

Jogja yang kaya akan budayanya memiliki salah satu tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu Keraton. Tempat wisata terkenal di Jogja ini merupakan yang paling ramai didatangi mengingat tidak semua kota di Indonesia bahkan dunia masih memiliki peninggalan sejarah jaman kerajaannya. Di Keraton ini kita bisa tahu adat istiadat dalam lingkungan Keraton khususnya Sultan beserta dengan keluarga itu seperti apa. Ada juga museum dengan barang peninggalan jaman dahulunya yang bisa Anda kunjungi. Waktu bukanya yang terbatas tentu menuntut Anda meluangkan waktu di awal kedatangan ke Keraton Jogja tersebut.

Alamat : Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telepon: (0622) 74373721

7. Istana Taman Air Sari

Jaman dahulu, di tempat tersebutlah keluarga raja melakukan meditasi termasuk rekreasi. Bahkan ketika musuh menyerang, Istana Air Taman Sari pun dijadikan tempat bertahan dari serangan musuh. Ketika masuk tempat ini, Anda akan merasakan kesejukan. Bukan dari suasana kolam airnya saja tapi juga wangi bunga-bunga dari kebunnya.

Alamat : Jl. Nogosari No.6, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132

8. Gembira Loka

Setiap kota pasti memiliki kebun binatangnya. Namun, untuk Jogja sendiri kebun binatangnya memiliki nama yang unik yaitu Gembira Loka. Selain melihat koleksi hewan, di kebun binatang ini kita bisa juga bermain ATV, menaiki perahu, menunggangi sepeda air, naik gajah, dan lain-lain. Kebun binatang ini cocok jika Anda datangi bersama keluarga khususnya anak-anak. Selain mereka mendapatkan kegembiraan bermain, nilai edukasinya bisa Anda dapatkan.

9. Kuliner Gudeg Jogja

Berbicara tempat wisata terkenal di Jogja memang akan membuat siapapun ingin segera mengunjunginya. Selain karena tempat yang penuh sejarah, sebagai tempat wisata Jogja pun dikenal dengan keunikannya. Jogja yang dikenal dengan selera manisnya memiliki sajian kuliner khas yaitu gudeg. Menikmati gudeg langsung di kota asalnya akan menambah nikmat wisata kuliner Anda. Kuliner lain yang khas yaitu angkringan dengan nasi kucingnya. Sungguh menggugah selera.

10. Batik Jogja

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati wisata belanja. Jogja dikenal sebagai kota dengan orang kreatif berbudaya kuat. Batik khas Jogja banyak diminati. Wisatawan yang menginginkan batik asli Jogja dengan harga murah juga bisa dengan mudah mendapatkannya. Salah satu pasar dimana Anda bisa mendapatkan batik serta barang khas Jogja hasil kreatifnya bisa mengunjungi Pasar Beringharjo. Pasar ini merupakan tempat wajib yang harus Anda singgahi setelah datang ke 10 tempat wisata terkenal di Jogja tersebut.

Jadi, jangan lupa datang ke Jogja ketika masa liburan datang. Sudah berkeluarga atau tidak bukan halangan untuk berwisata ke kota ini. Saat ini Jogja dijadikan kota utama untuk mereka yang sedang belajar wisata dengan cara backpackernya. Ke Jogja sendiri? Bukan masalah.

tempat wisata terkenal di provinsi yogyakarta, dilut.com