Tempat Wisata di Negara Finlandia yang Harus Anda Kunjungi

Liburan ke luar negeri adalah ide liburan yang oke untuk liburan kali ini. Apalagi jika sebelumnya Anda lebih sering liburan di dalam negeri, waktunya mengambil kesempatan untuk merasakan liburan ke luar negeri. Di liburan ke luar negeri kali ini, sudahkah Anda mengantongi nama negara yang ingin Anda kunjungi? Jika belum, jadikan Finlandia untuk destinasi wisata Anda kali ini.

Jangan jadikan liburan Anda di Finlandia nanti amburadul karena belum tahu wisata apa saja yang bagus. Berikut adalah daftar beberapa wisata di Finlandia yang jangan sampai terlewatkan.

1. Turku Castle

Saat Anda berkunjung di Kota Turku jangan sampai lewatkan Turku Castle untuk dikunjungi. Turku Castle adalah kastil bersejarah yang menjadi ikon Kota Turku itu sendiri. Kastil yang dibangun di akhir abad ke 13 dan ditetapkan sebagai bangunan tertua di Finlandia ini dulunya dijadikan sebagai benteng perlindungan saat perang.

Karena Turku Castle menghadap ke arah Sungai Aura, Anda akan menemukan banyak lorong dan benda bersejarah di dalamnya. Bahkan ada yang menilai pengunjung butuh waktu belasan jam untuk bisa mengeksplor semua tempat di dalam kastil ini.

2. Old Rauma

Jika Indonesia punya Kota Tua, maka Finlandia punya Old Rauma. Di Old Rauma Anda akan merasakan nuansa tradisional warga Finlandia dengan kearifan lokalnya. Di daerah ini sering diadakan pameran atau acara tahunan untuk memamerkan karya lokal warga sekitar. Jangan lupa siapkan kamera Anda untuk memotret rumah-rumah tradisional khas Finlandia.

Alamat: 26100 Rauma, Finlandia.
Inskripsi Situs Warisan Dunia UNESCO: 1991

3. Helsinki Cathedral

Katedral yang satu ini akan memanjakan mata pengunjung dengan bangunan besar bergaya neo-klasik yang arsitekturnya patut diacungi jempol. Resmi dibuka sekitar tahun 1800 an, katedral ini dulunya digunakan sebagai gereja Lutheran Injili Finlandia.

Di sekitarnya ada Market Square dimana pengunjung bisa makan siang atau sekedar membeli oleh-oleh. Bahkan ada yang berpendapat juga bahwa datang ke Helsinki Cathedral tanpa makan siang akan terasa kurang karena suasana makan di sekitar katedral ini akan berbeda dengan suasana makan di tempat lain.

Alamat: Unioninkatu 29, 00170 Helsinki, Finlandia.
Tinggi: 62 m
Jam buka: 

Minggu 09.00–18.00
Senin 09.00–18.00
Selasa 09.00–18.00
Rabu 09.00–18.00
Kamis 09.00–18.00
Jumat 09.00–18.00
Sabtu

(Hari Raya Semua Orang Kudus)
09.00–18.00

Jam kerja dapat berbeda
Status: Katedral
Arsitek: Carl Ludvig Engel, Ernst Lohrmann

4. Lake Saimaa

Jika Anda ingin wisata yang natural dan alamiah, jadikan Lake Saimaa sebagai destinasi wisata Anda selama di Finlandia. Danau Saimaa dinobatkan sebagai danau terbesar di Finlandia dan memiliki banyak sekali pulau diantaranya. Pulau-pulau yang bergugus disana berwarna hijau pepohonan yang membuat mata segar.

5. Skiing in Levi

Ski di Levi Findlandia
Ski di Levi Findlandia (budgetyourtrip.com)

Salju tak akan Anda temukan di Indonesia, oleh karena itu manfaatkan liburan Anda di Finlandia dengan menemui atau memainkan salju. Di Levi Anda bisa melakukan berbagai kegiatan menarik dan menyenangkan baik di siang hari maupun di malam hari. Namun kegiatan utama yang tak boleh Anda lewatkan disana adalah ski.

Setelah melakukan ski disana jangan lupa untuk mencoba ngeteh di cafe atau rumah makan terdekat. Adapun tempat wisata yang paling populer di sekitar Levi adalah Levin Iglut Resort. Di Levin Iglut Resort Anda bisa menyaksikan langsung rumah iglo dengan atap kaca yang original.

Resor terbesar di Finlandia ini terletak di kotamadya Kittilä dan dilayani oleh Bandara Kittilä dan stasiun kereta Kolari.

Puncak jatuh Levi adalah pada ketinggian 531 meter (1.742 kaki) di atas permukaan laut. Ada 43 lereng ski (17 di antaranya lampu penerangan) dan 27 lift ski di Levi. Levi adalah salah satu dari dua lokasi lift gondola di Finlandia, dan telah dipilih sebagai resor ski domestik terbaik di Finlandia empat kali.

Lereng di Levi sebagian besar cocok untuk pemula atau menengah, tetapi ada juga tiga lereng hitam untuk para ahli.  Lift ski terpanjang adalah sekitar 1.636 meter (1,017 mi) panjangnya. Levi memiliki satu superpipe, satu halfpipe, dua jalan, dua taman salju, 10 lereng anak-anak gratis dan tujuh restoran lereng.  Ada 230 km (140 mil) trek ski lintas-negara dan 886 km (550 mil) trek mobil salju di Levi.

Lokasi resor, di utara Lingkaran Arktik. Pada 8 km (5 mil) dari pusat Levi adalah Luvattumaa, Levi Ice Hotel & Galeri Es dan pada 45 km (28 mil) dari Levi adalah Desa Salju Lainio; ada kemungkinan untuk melihat bangunan salju dan es, makan di restoran es (di Lainio) atau mengalami tidur malam di kamar es.

6. Old Porvoo

Old Porvoo adalah kawasan wisata yang berupa sungai dengan desa dipinggirnya. Desa yang berada di pinggiran Sungai Porvoonjoki ini sangat khas, yaitu berupa rumah-rumah merah ruby. Selain menikmati berlayar di Sungai Porvoonjoki Anda juga bisa berjalan-jalan di pinggiran sungainya, serta menikmati alun-alun pasar, taman-taman kota, serta rumah-rumah tradisional yang masih original. Ya, Porvoo sendiri adalah nama kota yang tercatat menjadi kota tertua nomor dua di negara Finlandia.

7. Lapland

Pemandangan Langit di Lapland Finlandia
Pemandangan Langit di Lapland Finlandia (clickandgo.com)

Di Lapland pengunjung bisa menikmati panorama alam luar biasa indah berupa aurora. Ingat, cahaya aurora di wilayah utara bumi ini tidak bisa Anda saksikan dengan mudah di negara lain selain Finlandia. Seperti cerita di dongeng atau di film fantasy, saat malam hari di Lapland Anda bisa saksikan langsung bagaimana keindahan warna-warna kuning, hijau, dan biru menyatu di atas Anda. Selain melihat keindahan cahaya aurora, di Lapland Anda bisa merasakan sendiri bagaimana rasanya berjalan dan beraktivitas di atas salju.

8. Suomenlinna Fortress

Dari namanya, apakah Anda sudah bisa menebak wisata seperti apa ini? Suomenlinna Fortress merupakan benteng yang didirikan di atas enam pulau oleh pemerintahan Swedia yang dulu berada di Finlandia. Benteng ini terletak di dekat pelabuhan Helsinki. Untuk saat ini, Suomenlinna adalah daerah yang ditempati ratusan penduduk Finlandia dan memiliki mata pencaharian utama di sektor pariwisata.

Itulah delapan tempat wisata di Finlandia yang harus Anda kunjungi saat datang ke negara ini. Semuanya ada, dari benteng, katedral, danau, hingga kawasan es salju semuanya indah. Jangan lupa untuk membawa pakaian khusus cuaca dingin karena hampir seluruh wilayah di Finlandia memiliki temperatur yang rendah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *