Sunday , October 25 2020

Tempat Wisata Alam di Sekitar Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser

 

1. Gunung Leuser

Gunung ini memiliki ketinggian 3.404 meter di atas permukaan laut. Anda dapat mendaki sampai puncaknya dengan waktu tempuh 14 hari. Wow cukup jauh kan? Trekking ke puncak Gunung Leuser dapat dimulai dari Desa Agusan, sebelah barat Blangkejeren.

Gunung ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, kawasan ini merupakan kawasan perlindungan flora dan fauna terbesar di Asia Tenggara. Diperkirakan terdapat 3.500 jenis flora dan fauna di taman nasional ini. Tumbuhan langka yang terdapat di taman nasional ini antara lain dari jenis Rafflesia yaitu Rafflesia Atjehensis dan Rafflesia Zippelni.

Kawasan taman nasional ini meliputi hutan rawa di pantai barat Aceh hingga ke kawasan hutan lebat tropis yang berada di daratan rendah bagian tengah.

Masyarakat dunia menyebut Taman Nasional Gunung Leuser ini sebagai salah satu paru-paru dunia. Di dalam taman nasional ini hidup empat jenis hewan yang paling langka di dunia yaitu: harimau, badak, gajah, dan orang utan. Dengan ketinggian lebih dari 1.500 meter di atas permukaan laut menyebabkan hutan di kawasan taman nasional ini kaya dengan berbagai jenis tanaman anggrek.

2. Sungai Alas

Sungai yang terdapat di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser ini sering digunakan untuk kegiatan arung jeram. Bagi Anda para penggemar olahraga arung jeram dapat mencoba keganasan Sungai Alas yang mengalir menuju Kabupaten Aceh Selatan sambil menikmati panorama keindahan alam hutan tropis Aceh dan perkampungan rakyat tradisional di sepanjang perjalanan.

Hutan Rekreasi Gurah atau Taman Nasional Lwe Gurah memiliki lokasi yang menarik selain panorama alamnya yang indah. Di sini terdapat sumber air panas, danau, air terjun, dan berbagai jenis hewan dan tumbuh-tumbuhan. Pengelola hutan wisata ini membangun jalur jalan untuk pengunjung yang menyukai trekking dan juga menara pandang agar wisatawan dapat mengamati kehidupan hutan hujan Leuser.

Kawasan trekking di hutan wisata ini dimulai dari Gurah hingga ke sumber mata air panas di dekat Sungai Alas dengan waktu tempuh selama dua jam dan jarak tempuh sekitar 5 km atau ke kawasan air terjun pada jarak 6 km. Pengunjung juga dapat bermalam di perkemahan yang berada di kawasan hutan wisata ini. Penginapan atau guest house bagi Anda yang tidak suka berkemah bisa Anda temukan di Gurah atau Balai lutu.

3. Gunung Kemiri

Ketinggian gunung ini adalah 3.314 meter di atas permukaan laut, gunung ini memiliki puncak tertinggi kedua di Taman Nasional Gunung Leuser. Perjalanan menuju puncaknya memerlukan waktu tempuh lima hingga enam hari. Selama trekking di jalur ini Anda dapat menyaksikan hewan-hewan seperti orang utan, siamang, dan gibson.

4. Gunung Perkinson

Gunung ini berada di sisi timur taman nasional, dan ketinggian puncaknya mencapai 2.828 meter di atas permukaan laut. Untuk menaklukkan puncaknya, Anda membutuhkan waktu tujuh hari. Dalam perjalanan ke puncaknya Anda akan menemukan bunga Rafflesia pada ketinggian 1.200 meter dan juga hutan lumut.

5. Gunung Simpoli

Gunung ini memiliki ketinggian 3.270 meter dan untuk menaklukkan puncaknya Anda membutuhkan waktu 7 hari. Perjalanan untuk mendaki gunung ini dapat dimulai dari Desa Engkran kemudian Anda menyusuri Sungai Lawe Mamas. Di kawasan ini hidup hewan langka seperti badak.

About Bas