Taman Laut Bunaken Terdapat di Provinsi

Taman Laut Bunaken Terdapat di Provinsi

Siapa yang belum kenal objek wisata Bunaken? Tempat wisata ini populer karena keindahan panorama dasar lautnya. Kepopulerannya pun bahkan sudah terkenal sampai ke manca negara. Karenanya tidak heran bila ada banyak wisatawan lokal maupun wisatawan asing datang berkunjung guna menyaksikan langsung keindahan alam bawah lautnya.Taman Laut Bunaken Terdapat di Provinsi

Taman Laut Bunaken Terdapat di Provinsi Sulawesi Utara. Merupakan salah satu dari 5 pulau yang ada di Taman Laut Nasional yang berlokasi di teluk Manado. Adapun 4 pulau lainnya yaitu Siladen, Mantehage, Naen, dan Manado Tua. Bagi setiap wisatawan, menyelam menjadi satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Bunaken. Di sini Anda bisa melihat indahnya terumbu karang yang terawat apik. Selain itu, ada pula banyak jenis ikan yang tinggal di taman laut Bunaken. Dijamin seru dan memberi pengalaman baru.

Transportasi Menuju Bunaken

Akses transportasi menuju pulau Bunaken cukup mudah. Anda bisa melewati pelabuhan Manado yakni NDC (Marina Nusantara Diving Centre) dan juga Marina Blue Banter. Adapun waktu yang dibutuhkan untuk menuju pulau Bunaken dari pelabuhan biasanya tidak lama hanya sekitar 30-45 menit saja. Dari NDC ke lokasi penyelaman pun tidak memakan waktu banyak hanya sekitar 20 menit perjalanan saja, sementara dari Marina Blue Banter ke Bunaken dapat ditempuh dengan kapal feri atau pesiar dengan waktu tempuh 10-20 menit.

Memang ada harga lebih yang mesti dibayar. Namun, tentu tidak menjadi soal bila dengan harga tersebut Anda berkesempatan melihat sendiri betapa indahnya alam bawah laut. Tingginya harga yang mesti dibayar ini tidak lain salah satunya karena kebutuhan sewa kapal. Ada 2 tempat penyewaan kapal menuju Bunaken yaitu Marina dan pasar Bersehati. Tarif sewa kapal di Marina di ketahui dibanderol mulai dari harga 600 ribu rupiah sampai 800 ribu rupiah. Sementara tawaran lebih murah bisa Anda dapatkan dari pasar Bersehati. Tarif dari pasar Bersehati ke Bunaken biasanya dibanderol mulai dari 300 ribu rupiah sampai 400 ribu rupiah. Ingin lebih hemat? Tidak perlu bingung karena ada juga kapal tradisional dengan tarif hemat hanya 50.000 saja per orang.

Tips Berlibur ke Bunaken

Setibanya di pulau Bunaken para pengunjung diharuskan membayar tiket masuk. Harga tiket masuk berkisar antara 25.000 sampai 50.000 rupiah. Cukup murah memang. Tiket masuk tersebut sebenarnya bisa langsung Anda beli di Manado ataupun Taman Nasional Bunaken.

Bagi Anda yang belum pernah ke Bunaken sebelumnya disarankan untuk mencari informasi terlebih dulu terkait tempat mana saja yang wajib dikunjungi. Setidaknya ada beberapa titik penyelaman terbaik di Bunaken diantaranya Tanjung Kopi, Tembok Lekuan I, II, III, Siladen, Puncak Barakuda, Bunaken Timor, Reruntuhan Kapal di Manado, Muka Gereja, dan Mandolin.

Perlu menjadi catatan bahwa kisaran harga sewa kapal dan tiket masuk yang sudah disebut di atas bisa jadi berubah-ubah. Oleh karenanya, dirasa perlu bertanya dengan pengelola terlebih dulu mengenai rincian fasilitas yang tersedia di kapal. Misalnya apakah sewa kapal sudah mencakup sewa pemandu selam atau belum. Pastinya pemandu selam mesti mempunyai sertifikat diving, asuransi, dan lainnya. Sebagai tips tambahan sebaiknya ajaklah teman atau kerabat yang sudah pernah berlibur ke Bunaken sebelumnya. Tidak ada salahnya pula mengikuti agen travel untuk cara mudahnya. Bagaimana? Apakah Anda sudah terbayang dengan keseruan berlibur ke taman laut terindah Bunaken?

 

Taman laut bunaken terdapat di provinsi sulut, halokawan.com