Tuesday , October 27 2020

Taman Bunga Bukit Bougenville, Singkawang Kalimantan Barat

Wisata taman Bougenville di Singkawang, Kalimantan Barat, bisa menjadi salah satu alternatif liburan kamu. Hamparan bunga Bougenville seluas 1,5 km² pasti akan membuatmu terkagum-kagum. Bisa dipakai untuk lokasi foto-foto kamu juga loh.

Sejak dulu Singkawang selalu dijadikan tempat istirahat oleh para pedagang dan penambang dari China. Jadi banyak orang yang mengira tempat wisata di Singkawang hanyalah Klenteng karena memang daerah ini dikenal dengan kota Seribu Kelenteng. Padahal ada wisata ”tersembunyi” lainnya yaitu taman bunga bukit Bougenville.

Taman Bougenville itu sendiri terletak di Desa Sijangkung, 6 km dari kota Singkawang. Hanya 10 menit dari pusat kota Singkawang. Tepatnya di kaki bukit Gunung Pasi.  Tempatnya yang sangat asri dengan hamparan warna warni bunga dan sentuhan budaya China yang khas di beberapa tempat. Taman ini selalu ramai oleh wisatawan dalam dan luar negeri.

Di taman ini, Bougenville menjadi si ”bintang utama”walaupun ada beberapa bunga lain yang ikut menyumbang keindahan taman ini. Bougenville mendominasi di beberapa tempat sehingga taman ini seperti lautan bunga Bougenville. Bougenville tidak hanya ada satu macam saja disini, tapi sampai 46 macam yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Bougenville merupakan bunga hias yang berasal dari Amerika Selatan. Bunga ini termasuk bunga hias yang populer di kalangan pecinta bunga. Keindahan tanaman ini berasal dari seludang (pelindung) bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian. Seludang ini sering dianggap bunga padahal bunganya itu sendiri adalah bagian kecil yang tersembunyi di antara seludang. Tanaman yang berbentuk pendek dan sukar tegak ini sering disebut sebagai bunga kertas karena bentuk seludang yang tipis dan mempunyai ciri seperti kertas.

Tanaman Buah

Bunga lain yang juga ditanam seperti aglaonema, anthurium, dan bunga lain. Ada juga koleksi tanaman buah seperti belimbing, alpukat, rambutan, dan durian. Jadi wisatawan bisa menikmati keindahan berbagai macam bunga dan buah. Beruntung kalau datang tepat saat bunga sedang bermekaran dan buah sedang panen. Wah, pasti tambah asik dilihat.

Kebun buah memiliki daya tarik sendiri bagi pengunjung. Apalagi kalau sedang berbuah semua. Pasti jadi lebih menarik untuk dilihat. Kebanyakan buah yang biasa ada di pasaran Singkawang. Di taman ini juga ada hutan homogen yang selalu jadi tempat paling populer wisatawan untuk bersantai dan beristirahat. Tempatnya teduh dan nyaman karena dipenuhi oleh rimbunnya pohon gaharu. Area ini disebut juga sebagai Area Super Sejuk karena memang benar-benar sejuk dan dingin.

Jual Bibit Bunga dan Buah

Ohya, disini pengunjung juga bisa membeli bibit bunga dan buah. Tersedia berbagai macam bibit. Jadi, bisa dicoba ditanam di rumah. Mungkin saja, halaman rumah kita bisa juga jadi taman Bougenville. Konon katanya menanam bunga Bougenville tidak terlalu sulit dan cepat tumbuh menjadi rimbun. Bisa membuat halaman rumah menjadi teduh.

Tertarik datang ke sini? Jam buka setiap hari kok. Tiket masuknya pun hanya Rp.10.000 dan bisa menikmati taman serta hutan homogen sepuasnya. Asal jangan lupa pulang ya, saking betahnya di dalam. Kalau mengajak anak-anak, bisa juga jadi ilmu pengetahuan buat mereka. Soalnya mereka akan mengenal banyak tanaman dan buah-buahan. Kebanyakan orang dari kota besar tidak tahu bentuk pohonnya loh,  mereka hanya tahu saat buah sudah berada di pasar atau supermarket.  Jadi, bisa dipakai untuk liburan sekaligus menambah ilmu.

About Bas