Wednesday , October 28 2020

Syarat agar Pengajuan Kartu Kredit Disetujui Bank

Syarat Pengajuan Kartu Kredit

Setiap bank memiliki kebijakan dan pertimbangan tertentu sebelum memutuskan untuk memberikan kartu kredit kepada nasabah yang mengajukan fasilitas tersebut. Namun, ada beberapa tolak ukur standar yang wajib dipenuhi oleh Anda sebagai calon pengguna kartu kredit saat melakukan pengajuan kepada bank. Berikut adalah syarat agar pengajuan kartu kredit disetujui.

1. Melaporkan riwayat kredit yang bersih

Sebelum menyetujui pengajuan kartu kredit, pihak bank harus memastikan bahwa Anda memang nasabah yang layak mendapatkan fasilitas tersebut. Salah satu informasi yang akan diminta dan dicek oleh bank adalah Informasi Debitur Individual (IDI), yakni riwayat kredit Anda yang dikelola oleh Bank Indonesia.

IDI diperlukan sebagai berkas resmi yang akan turut mengukur kemampuan serta komitmen Anda untuk memiliki kartu kredit. Jika Anda memiliki riwayat kredit yang bersih dan tanpa cela, pengajuan kartu kredit Anda akan mudah untuk disetujui. Sebaliknya, pengajuan akan langsung ditolak jika riwayat kredit Anda menunjukkan reputasi yang buruk, seperti pembayaran yang tidak tepat waktu atau tagihan yang tidak tuntas.

2. Memiliki pekerjaan tetap yang memenuhi standar

Pekerjaan yang Anda miliki juga menjadi pertimbangan pihak bank dalam menyetujui atau menolak pengajuan kartu kredit. Karyawan dari perusahaan besar biasanya lebih mudah disetujui saat mengajukan permintaan fasilitas kartu kredit. Namun, hal ini bukan berarti bahwa karyawan dari perusahaan kecil tidak berkesempatan untuk mengajukan kartu kredit.

Selama Anda sudah menjadi karyawan tetap dan pekerjaan Anda memenuhi standar yang ditentukan bank, besar kemungkinan pengajuan kartu kredit akan disetujui. Standar tersebut meliputi penghasilan minimum 3 juta rupiah per bulan yang dibuktikan dengan slip gaji, ketersediaan telepon kantor untuk keperluan verifikasi, serta kantor yang layak dan berfasilitas lengkap.

3. Mengisi formulir dan melampirkan dokumen tambahan yang valid

Syarat agar pengajuan kartu kredit disetujui adalah melengkapi formulir aplikasi dan melampirkan data serta dokumen tambahan yang masih berlaku. Selain formulir aplikasi yang diberikan oleh bank, Anda harus melampirkan sejumlah dokumen penting yang akan ikut dipertimbangkan saat pengajuan.

Dokumen umum yang harus dilampirkan adalah foto kopi identitas (KTP, SIM, atau paspor), fotokopi kartu keluarga, dan fotokopi buku tabungan terbaru. Selain dokumen umum tersebut, Anda juga perlu melampirkan kartu pegawai dan slip gaji untuk karyawan swasta; SKCPNS, SKPNS, dan SK Kenaikan Pangkat terakhir bagi pegawai negeri sipil; serta foto kopi rekening dan data keuangan bagi wirausaha.

4. Mencantumkan data kontak yang lengkap

Data kontak yang harus dilengkapi meliputi nomor telepon rumah dan kantor, nomor telepon cadangan, dan nomor telepon darurat (emergency contact). Pastikan semua kontak dan nomor telepon yang Anda cantumkan masih aktif dan bisa dihubungi kapan saja selama proses pengajuan berlangsung.

Nomor telepon yang tidak aktif atau sulit dihubungi akan menghambat proses pengajuan kartu kredit Anda. Pengajuan bisa saja ditolak atau dibatalkan dan prosesnya harus diulang jika Anda tidak memberikan data kontak yang mutakhir.

5. Memahami pertimbangan kelayakan pemberian kartu kredit

Secara umum, bank memiliki prinsip yang dijadikan sebagai pertimbangan kelayakan nasabah. Prinsip tersebut terangkum dalam 5C (Character, Capital, Capacity, Collateral, and Conditions).

Setiap nasabah yang mengajukan fasilitas kartu kredit akan dinilai dan dipertimbangkan dari segi kepribadian (Character), kondisi aset dan kekayaan yang dimiliki saat pengajuan (Capital), serta kemampuan menjalankan dan mengelola keuangan (Capacity).

Selain itu, bank juga akan mempertimbangkan aset yang dipertanggungjawabkan pada pihak bank jika pembayaran cicilan kartu kredit tidak berjalan dengan lancar (Collateral). Faktor perkembangan ekonomi di wilayah tempat bank dan nasabah berada (Condition) juga ikut menjadi pertimbangan sebelum bank menyetujui atau menolak pengajuan kartu kredit yang dilakukan nasabah.

Itulah sejumlah syarat agar pengajuan kartu kredit disetujui. Jika Anda sudah memilih bank yang tepat dan sesuai dengan keinginan, lalu memenuhi semua persyaratan di atas, pengajuan kartu kredit Anda akan mudah untuk disetujui.

Selalu persiapkan semua persyaratan dengan lengkap dan detail agar memudahkan pihak bank dalam meninjau kelayakan Anda sebagai calon pengguna kartu kredit, dan melakukan validitas terhadap data-data Anda. Pastikan pula bahwa Anda adalah nasabah yang layak dan tepat untuk bisa mengajukan kartu kredit.