Tuesday , October 20 2020

Susah Manajemen Waktu? Coba 5 Aplikasi Android Ini

Terkadang, kita suka melupakan hal-hal penting seperti waktu meeting atau deadline tugas. Padahal manajemen waktu itu penting. Bisa saja kamu kehilangan klien penting gara-gara tak bisa memanajemen waktu dengan baik. Aplikasi android di ponselmu bisa menjadi solusinya. Dari sekian banyak aplikasi, tentu ada aplikasi yang akan membantumu memanajemen waktu tanpa seorang sekertaris. Simak terus ya!

1. Evernote

Aplikasi termasuk dalam kategori Editor Choice karena sangat cerdas dan sederhana. Kamu akan dengan mudah menuliskan jadwal-jadwalmu ke depannya berikut waktu, tempat, dan tanggalnya. Evernote ini akan mengingatkan kamu terhadap jadwal-jadwal tersebut. Selain itu, penggunanya juga dapat menuliskan memo-memo ketika tiba-tiba ada sesuatu yang penting terlintas di pikiranmu atau ketika sedang berbincang dengan klien. Tentu ini akan membantumu dalam mengorganisir apa yang ada di kepalamu. Memo ini bahkan bisa berupa tulisan tangan, suara maupun gambar. Tidak hanya itu, Evernote dapat menandai atau mengkliping artikel-artikel penting yang telah atau ingin kamu baca.

2. Remember The Milk

Bagi kamu para orang-orang sibuk, install aplikasi ini untuk mencatat to do list. Baik itu interview, menyiapkan presentasi, liburan, bahkan surprise ulang tahun. Di setiap hal yang harus dikerjakan itu, kamu bisa lebih merinci lagi dan memberikan deadlinenya. Setiap list yang harus dilakukan pun bisa ditandai mana yang paling merupakan prioritas dan tidak. Remember The Milk ini akan mengingatkanmu. Tugas-tugas ini pun bisa dialihkan dan dibagikan ke orang lain. Aplikasi ini sangat efektif jika kamu seorang atasan dan ingin mendelegasikan tugas itu pada bawahan atau rekanmu. Remember The Milk juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain seperti Gmail bahkan Evernote.

3. Any.Do

Aplikasi ini mirip seperti Remember The Milk. Kamu bisa memberikan prioritas yang ditandai dengan warna-warna dari tumpukan tugasmu dan memberi reminder atas itu semua. Bedanya, reminder ini juga mengingatkan untuk menelpon balik bila ada panggilan tak terjawab. Follow up pertemuan penting pun menjadi lebih mudah dengan aplikasi ini. Karena bisa terintegrasi dengan Google Assistant juga, maka jangan lewatkan aplikasi ini dari ponsel pintarmu. Kerennya lagi, bisa memanage daftar barang belanjaan juga.

4. ColorNote

Kalau cari aplikasi yang paling simple, ColorNote jawabannya. Ini cocok bagi kamu penggemar post-it. Sebab, aplikasi ini berupa post-it digital seperti yang biasa digunakan sebagai pengingat di layar komputer atau laptop. Kamu juga dapat menampilkan post-it itu di layar homescreen ponselmu. Tak hanya menampilkan saja, post-it ini bisa memberikan alarm pengingat juga seperti aplikasi untuk memperbaiki manajemen waktu yang lainnya.

5. Google Keep

Aplikasi manajemen waktu ini juga dapat mencatat memo yang bisa diisi catatan-catatan penting berupa tugas, ide atau pemikiran-pemikiran. Kemudian mengelompokkan memo-memo itu dalam label. Kamu bisa mengkolaborasikan memo tersebut dengan to do list. Catatan-catatan itu pun bisa berupa gambar atau foto.

Karena ada fitur completer task, daftar pekerjaan yang telah terselesaikan pun dapat dengan mudah diperiksa sehingga akan membantumu mengingat apa saja yang telah dilakukan. Google Keep merupakan aplikasi dari Google, jadi bisa disambungkan dengan Google Assistant. Hanya dengan mengatakan ‘Ok Google’ lalu melanjutkan dengan perintah ‘take a note’ atau ‘add to do list’ kamu dapat langsung mengakses aplikasi ini.

 

Jadi, lima aplikasi tadi adalah aplikasi manajemen waktu yang akan sangat membantu dalam keseharianmu. Dengan penggunaan aplikasi tersebut produktivitasmu pun akan meningkat. Bagaimana? Tertarik mencoba?

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *