Tuesday , October 27 2020

Ini lho Tempat / Lembaga Sumber Pinjaman untuk Modal Usaha

Sumber Pinjaman Modal Usaha

 

Ketika akan merintis sebuah usaha atau bisnis, hal pertama dan utama yang harus dimiliki adalah modal. Modal usaha diperlukan untuk mempersiapkan segala keperluan terkait bisnis tersebut, sekaligus untuk biaya operasional dalam menjalankannya. Karenanya, mengingat pentingnya peran modal ini, tak sedikit orang yang pada akhirnya enggan untuk memulai sebuah bisnis karena ketiadaan modal yang cukup.

Padahal, selain dana pribadi, tersedia beragam pinjaman modal usaha kecil yang bisa Anda manfaatkan. Meski memang, untuk mendapatkannya Anda harus memenuhi beberapa persyaratan, termasuk kesediaan membayar sejumlah bunga sesuai perjanjian.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang berupaya mendapatkan sumber modal, berikut alternatif sumber pinjaman untuk modal usaha yang bisa Anda pilih:

Koperasi Simpan Pinjam

Sejak awal berdirinya, koperasi memang dikenal sebagai lembaga ekonomi yang ramah terhadap kepentingan rakyat kecil. Karenanya, Anda pun bisa mendapatkan sumber pinjaman untuk modal usaha dari tempat ini. Bahkan, Anda bisa mendapatkan pinjaman tanpa jaminan dari layanan pinjaman koperasi yang kemudian dikenal dengan layanan simpan pinjam. Tentunya, syarat utama untuk bisa mendapatkannya adalah dengan menjadi anggota dari koperasi yang bersangkutan.

Kredit Usaha dari Perbankan

Umumnya, setiap bank memiliki layanan kredit usaha bagi para nasabahnya. Namun, Anda pun harus mengetahui bahwa kredit usaha dari perbankan ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu kredit modal kerja dan kredit investasi. Tentu, dengan persyaratan dan ketentuan yang berbeda di setiap bank, termasuk juga dalam hal suku bunga.

Nah, jika anda tertarik untuk memperoleh pinjaman modal dari kredit usaha perbankan ini, usahakan pilihlah bank pemerintah atau bank yang berpihak terhadap UKM seperti Bank Perkreditan Rakyat (BPR). BPR ini merupakan salah satu perbankan yang fokus pada penyediaan modal, baik bagi pengusaha maupun UKM. Dengan fasilitas kredit yang jauh lebih mudah, baik dari segi proses maupun persyaratannya.

Modal dari Lembaga Jasa Keuangan Nonbank

Selain bank, kini juga telah banyak berdiri lembaga keuangan non perbankan yang juga menyediakan layanan pinjaman modal melalui kredit. Lembaga-lembaga ini pada dasarnya juga mengelola dana masyarakat—utamanya masyarakat menengah-bawah—dan kemudian menyalurkannya dalam bentuk pinjaman/kredit.

Pegadaian

Nyatanya, lembaga keuangan milik pemerintah yang terkenal dengan slogan “mengatasi masalah tanpa masalah” ini, juga sangat efektif untuk dijadikan alternatif sumber modal. Di sini, Anda bisa mendapatkan dana pinjaman dengan suku bunga yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan lembaga perbankan. Hanya saja, untuk bisa mendapatkannya Anda memang harus menyerahkan barang tertentu sebagai jaminan.

Adapun jenis pinjaman yang bisa Anda pilih, di antaranya seperti Kredit Cepat Aman (KCA), Kredit Angsuran Sistem Fiducia (Kreasi), serta Kredit Angsuran Sistem Gadai (Krasida). Tentu, sebelum menjatuhkan pilihan, pelajari dulu syarat dan ketentuannya, ya.

Pinjaman Modal dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Logo BUMN BAdan Usaha Milik Negara er54312jk
Logo BUMN

Selama ini, sumber pinjaman untuk modal usaha selalu diidentikkan berasal dari lembaga keuangan. Padahal, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga mengalokasikan sekitar 2 persen dari keuntungannya, untuk membantu pengembangan usaha kecil utamanya yang berada di sekitar lokasi perusahaan tersebut. Program ini biasanya dikenal dengan nama program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL).

Nah, jika di sekitar Anda terdapat perusahaan BUMN, tak ada salahnya Anda mencoba untuk memanfaatkan layanan tersebut dengan mengajukan proposal pengembangan usaha kecil dan menengah

Modal Usaha dari Lembaga Pemerintah

Selain perusahaan negara, lembaga pemerintah pada dasarnya juga menyediakan layanan peminjaman modal berupa program pembiayaan untuk usaha skala kecil dan menengah. Setidaknya, terdapat tiga departemen yang menyediakan akses tersebut, yaitu Departemen koperasi, Departemen Perindustrian, dan Departemen Pertanian. Biasanya, lembaga-lembaga pemerintah tersebut mencanangkan sebuah program bantuan pinjaman seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri

Modal Usaha dari Kemitraan

Sumber pinjaman modal lain yang juga bisa Anda coba adalah dengan kemitraan. Anda bisa mencari mitra-teman atau keluarga-untuk bisa menjalankan ide-ide bisnis yang ada. Di sini, peran dari business plan atau rancangan program bisnis menjadi sangat penting. Sebuah business plan yang di program dengan baik, tentu akan lebih memiliki daya tarik untuk memikat para mitra, dibandingkan dengan ide bisnis yang hanya ala kadarnya. Jadi, sebelum Anda mencari mitra untuk menjadi sumber modal, pastikan bahwa business plan yang Anda rancang sudah baik, menarik dan memiliki prospek bagus.

Pinjaman Online

Bagi anda yang ingin menjalankan usaha dengan modal kecil, jenis pinjaman ini sangat cocok bagi anda. Selain syarat-syarat nya mudah pencairan uang nya juga cukup cepat hanya dalam hitungan hari.

Dewasa ini sangat banyak sekali situs-situs yang menawarkan pinjaman dana online. Namun yang perlu anda cermati adalah carilah situs pinjaman dana online terpercaya sehingga anda tidak terjebak penipuan. Karena sudah banyak konsumen yang awalnya membutuhkan pendanaan justru menjadi korban dari oknum penipuan secara online. Modus yang digunakan diantaranya adalah dengan meminta biaya di muka, pemaksaan dan peraturan yang tidak jelas sehingga anda terjerat dengan bunga pengembalian yang sangat besar.

Sebenarnya pinjaman dana dengan cara online ini sama dengan pinjaman dana secara online yang sudah kita ketahui selama ini. Namun pemasarannya saja yang berbeda, sehingga jenis pinjaman online ini bisa menjangkau para debitur dari segala penjuru dengan berbagai keterbatasan.

Lembaga kreditur biasanya bekerjasama dengan situs yang khusus memasarkan bisnis pinjaman secara online. Lembaga pendanaan ini biasanya adalah Bank atau lembaga pendanaan lainnya.

Dari keseluruhan sumber modal tersebut, sumber pinjaman untuk modal usaha mana yang akan Anda coba?

About Bas