Friday , October 23 2020

Suka Minum Jus Jeruk? Ini 6 Khasiatnya Untuk Kesehatan

Mengonsumsi segelas jus jeruk di pagi hari tentulah terasa nikmat. Selain bergizi, jus jeruk mampu menyegarkan tenggorokan. Rasanya yang manis juga bisa membuat lidah jadi ketagihan. Maka itu, nggak heran jika buah kaya vitamin C ini banyak difavoritkan banyak orang.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang manfaat dari jus jeruk. Nggak sekedar untuk kesehatan organ tubuh saja, tapi juga untuk merawat kecantikan kulit, loh! Yaudah, tanpa basa-basi, langsung simak yuk beberapa khasiat dari jus jeruk dibawah ini!

  1. Anti Penuaan

Buat para cewek nih, yang mendambakan kulit kenyal dan awet muda, Kamu wajib tuh menggemari jus jeruk. Minuman ini kaya vitamin C yang bisa membantu kulit memproduksi kolagen lebih optimal.

Kolagen ini berguna untuk menjaga elastisitas kulit, sehingga kulit nggak mudah kendur.

Selain itu, jus jeruk juga mengandung tinggi antioksidan dalam bentuk polifenol yang fungsinya melindungi tubuhmu dari efek buruk radikal bebas. Tentunya hal ini sangat sangat bagus ya! Sebab jika kulit terus-menerus terpapar radikal bebas maka dampaknya jadi mudah keriput, muncul flek hitam dan kusam.

Jeruk dapat melawan itu semua dan membuat kulitmu tampak lebih muda.

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Mengonsumsi makanan manis, soda dan makanan cepat saji lainnya rentan membuat kadar gula dalam darah meningkat. Kondisi ini tentunnya nggak baik sebab bisa memicu diabetes.

Nah, untuk mencegahnya, Kamu bisa mencoba mengonsumsi jus jeruk. Minuman ini mengandung kalium dan magnesium yang dapat membantu mengontrol kadar glukosa dalam darah. Di samping itu, jus jeruk juga efektif melunturkan sisa-sisa kolesterol dalam tubuh.

  1. Pendongkrak Energi

Mengonsumsi segelas jus jeruk di pagi hari tidak hanya membuat tubuhmu jadi segar. Tapi juga dapat membangkitkan semangat loh! Ini dikarenakan jus jeruk mengandung mineral magnesium, kira-kira sekitar 100 miligram dalam 1/4 gelas jus jeruk.

Magnesium ini berguna untuk mengoptimalkan proses metabolisme sel, termasuk membantu proses pembentukan energi. Oleh karena itu, jus jeruk ini sangat cocok dijadikan minuman pendamping saat sarapan.

  1. Membantu Detoks Tubuh

Manfaat jus jeruk selanjutnya yaitu membantu proses detoks, yakni pengeluaran racun-racund dari dalam tubuh. Khasiat tersebut diperoleh karena jeruk mengandung nutrisi yang cukup lengkap, mulai dari vitamin, mineral, enzim dan antioksidan yang tinggi.

Tentunya jika proses detoks berjalan lancar, tubuh akan menjadi lebih sehat. Kerja organ lebih optimal dan kulit pun menjadi bersih dan cerah.

  1. Menyehatkan Mata

Nggak cuma tomat dan wortel, jus jeruk pun juga baik untuk membantu menyehatkan organ mata. Menurut ahli Epidemiologi asal University of Sydney Australia, Bamini Gopinath, mengonsumsi jus jeruk secara rutin dapat mengurangi risiko gangguan mata hingga 60%. Ini dikarenakan jeruk kaya flavonoid yang merupakan zat antioksidan kuat.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Terakhir, fungsi dari konsumsi jus jeruk yakni membantu meningkatkan fungsi kognitif otak. Hal tersebut dikarenakan buah jeruk kaya flavonoid dan kolin yang memberikan dampak positif pada kinerja sel-sel otak. Jadi kalau Kamu ingin lebih cerdas, coba deh konsumsi jus jeruk secara rutin ya!

Nah, demikianlah beberapa khasiat jus jeruk untuk kesehatan dan kecantikan! Oiya, yang perlu Kamu ketahui Guys, minum jus jeruk itu baiknya tanpa tambahan gula. Selain itu, hindari pula produk minuman rasa jeruk yang beredar di pasaran. Minuman itu biasanya mengalami proses pasteurisasi dan  mengandung tinggi gula sehingga tidak bagus untuk kesehatan.

Jika Kamu ingin minum jus jeruk, bikin sendiri di rumah aja. Selain terjamin kebersihannya, juga lebih kaya nutrisi. Jadi yuk, minum jus jeruk!

About amania

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *