Mengenal Style Pakaian Anak Muda Jaman Sekarang

Jika ingin mencoba mengenal style pakaian anak muda jaman sekarang, Anda tentu bisa melihat gaya pakaian yang dipakai saat ini. Masalahnya di Indonesia hal ini sepertinya tidak stabil. Anak – anak muda di area Jawa memiliki style berbeda dengan anak muda di area NTT ataupun Maluku. Hal ini tentu karena budaya dan integrasinya sangat berbeda.

Jika Anda memperhatikan perkembangan gaya fashion, Anda pasti tahu bahwa setiap periode waktu tertentu gaya ini akan berganti. Pergantian gaya ini terjadi karena perkembangan budaya dan juga integrasi ide – ide baru. Pakaian yang bisa dikatakan populer di generasi Anda saat muda mungkin sudah tidak lagi di masa mendatang.

Untuk memastikan membahas style anak muda secara lebih mudah, di artikel ini akan coba membahas beberapa gaya yang populer secara global rata – rata. Tentu style ini ada yang bisa dilihat di Indonesia tapi ada juga yang tidak. Perkembangan style gaya walaupun sudah cepat menyebar dengan internet terkadang tetap terpengaruh budaya lokal sehingga sedikit sulit di observasi.

Gender Neutral Clothing

Style pakaian anak muda jaman sekarang pertama ini populer di kalangan Barat dan Asia Timur. Pakaian dengan gaya ini menyatukan gaya feminin dan masculine untuk keperluan gaya busana sehari hari. Gaya ini populer karena menyediakan style yang bisa digunakan wanita ataupun pria tanpa harus melakukan banyak perubahan.

Perkembangan gaya ini berbeda dengan pakaian tomboy untuk wanita ataupun pakaian feminim untuk pria. Tampilannya lebih melekat pada netral. Sebagai contoh bentuk kaos T-shirt casual. Pakaian ini tentu tidak akan banyak mendapat masalah untuk dipakai pria ataupun wanita.

gender neutral clothing
gender neutral clothing(sbnation.com)

Popularitas gaya berpakaian seperti ini tentu sudah ada, tapi lebih populer saat ini. Konsep baju lungsuran lah yang membuat gaya pakaian ini lebih populer. Pakaian dari orang tua jadi pas untuk anak tentu kebanyakan memiliki fitur ini. Sebagai contoh jeans dari Ayah waktu muda bisa digunakan anak perempuan yang menjelang usia SMA.

Pakaian gender neutral ini tentu cukup sederhana bentuknya, tapi karena itu banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuatnya lebih menarik. Hal seperti layering dengan jaket, menggunakan syal, aksesoris pin, topi, jam tangan, tas dan aksesoris lain bisa membuat kesan pakaian ini lebih menarik.

Pakaian dengan Konsep Nostalgia

Konsep gaya fashion lain yang populer saat ini adalah nostalgia. Gaya pakaian nostalgia ini lebih mengena pada brand ataupun style lama dengan beberapa modifikasi. Di Indonesia gaya ini tidak begitu populer karena budaya yang berbeda. Anda yang penasaran bisa melihat gaya ini berkembang untuk negara barat dan selalu muncul seperti wave.

Nostalgia disini berbeda dengan sekedar menggunakan pakaian konsep jaman dulu. Hal seperti pakaian batik yang dibuat dengan gaya modern belum bisa digolongkan nostalgia. Nostalgia di sini lebih berasal dari budaya pop yang populer.

Gaya pakaian 90-an dengan sentuhan modern banyak juga ditemukan khusus-nya untuk baju – baju pesta ataupun pakaian formal. Gaya pakaian disco jeans besar dan sejenisnya tentunya masih cukup menarik digunakan, tapi dengan beberapa modifikasi.

disco jeans for women
disco jeans for women(thefuss.co.uk)

Influencer Style

Style lain yang banyak mendapat dorongan sekarang ini adalah gaya influencer. Seperti yang Anda tahu di era internet sekarang ini lebih popularitas influencer menjadi makin jelas. Banyak hiburan yang didapat anak – anak muda saat ini lebih banyak datang dari para influencer ini. Karena sering dilihat, tentu saja para anak muda secara tidak sadar ingin memiliki tampilan sama dengan para idolanya tersebut. Style pakaian anak muda jaman sekarang yang satu ini perkembangannya hampir mirip dengan popularitas gaya berpakaian artis saat era 80 dan 90-an.

Hasil yang terjadi karena hal tersebut adalah berbagai merch dan clothing line yang populer digunakan. Kaos dengan gambar avatar influencer, jaket berlogo influencer dan bahkan style dari influencer tersebut secara keseluruhan juga bisa menjadi panduan fashion.

Tentu hal ini akan berbeda – beda tergantung dari influencer yang anak muda tersebut ikuti. Satu influencer memiliki gaya ala hip hop dan satu lagi dengan gaya sporty casual. Walaupun bisa berbeda, para anak muda sekarang pintar mengkombinasikan gaya ini untuk menjadi lebih original tapi tetap mengikuti gaya dari influencer yang mereka sukai.

Casual_Sporty for women
Casual_Sporty for women(bukalapak.com)

Casual Wear yang Mementingkan Kenyamanan

Style yang dari dulu hingga sekarang bisa dibilang banyak digunakan tapi tidak terlalu terkenal adalah casual wear yang mengutamakan kenyamanan. Hal ini terkenal karena banyak streamer, YouTuber dan influencer menunjukan gaya casual yang minim make up dan pakaian sederhana untuk merekam konten.

Casual Wear women
Pakaian casual wanita(lazada.com)

Para streamer ini sering mengambil rekaman dari kamar dan pakaian yang mereka kenakan terkadang lebih cocok untuk penggunaan rumah. Walaupun begitu, saat ditampilkan pada audience yang menonton, mereka tetap merasa tampilan tersebut menarik dan akhirnya ditiru serta menyebar jadi gaya tersendiri.

Bagaimana menurut Anda soal bahasan style pakaian anak muda jaman sekarang di atas? Mudah – mudahan dengan bahasan ini Anda bisa lebih bertambah wawasannya. Terima kasih sudah membaca!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *