Tuesday , October 27 2020

Streaming SIMD Extensions (SSE) adalah

Dalam komputasi, Streaming SIMD Extensions (SSE) adalah kumpulan instruksi instruksi SIMD ke arsitektur x86, yang dirancang oleh Intel dan diperkenalkan pada tahun 1999 dalam rangkaian prosesor Pentium III mereka segera setelah kemunculan 3DNow AMD !. SSE berisi 70 instruksi baru, yang sebagian besar bekerja pada data floating point presisi tunggal. Instruksi SIMD dapat sangat meningkatkan kinerja saat operasi yang sama persis dilakukan pada beberapa objek data. Aplikasi tipikal adalah pemrosesan sinyal digital dan pemrosesan grafis.

Usaha SIMD IA-32 Intel pertama adalah set instruksi MMX. MMX memiliki dua masalah utama: digunakan kembali register floating point yang ada sehingga CPU tidak dapat bekerja pada data floating point dan SIMD pada saat yang bersamaan, dan hanya bekerja pada bilangan bulat. Instruksi floating point SSE beroperasi pada set register independen baru (register XMM), dan menambahkan beberapa instruksi integer yang bekerja pada register MMX.

SSE kemudian dikembangkan oleh Intel ke SSE2, SSE3, SSSE3, dan SSE4. Karena mendukung matematika floating point, ia memiliki aplikasi yang lebih luas daripada MMX dan menjadi lebih populer. Penambahan dukungan integer pada SSE2 membuat MMX sebagian besar berlebihan, walaupun peningkatan kinerja lebih lanjut dapat dicapai dalam beberapa situasi dengan menggunakan MMX secara paralel dengan operasi SSE.

SSE pada awalnya disebut Katmai New Instructions (KNI), Katmai menjadi nama kode untuk revisi inti Pentium III yang pertama. Selama proyek Katmai Intel berusaha membedakannya dari lini produk mereka sebelumnya, terutama kapal induknya Pentium II. Itu kemudian berganti nama menjadi Intel Streaming SIMD Extensions (ISSE), lalu SSE. AMD akhirnya menambahkan dukungan untuk instruksi SSE, dimulai dengan prosesor Athlon XP dan Duron (Morgan core).

Sumber: wikipedia

About Bas