Hal yang paling umum terjadi saat bulan ramadhan adalah harga kebutuhan pokok yang semakin meningkat. Hal ini tentunya meningkatkan pengeluaran anda pada bulan ramadhan. Ditambah lagi, anda harus mengumpulkan uang untuk mempersiapkan hari raya idul fitri, mulai dari makanan, uang hari raya sampai keperluan untuk membeli baju lebaran. Jika anda tidak mempunyai tabungan khusus untuk mempersiapkan hal ini maka pengeluaran anda akan semakin banyak.

Untuk itu anda harus mempunyai strategi untuk mengatur keuangan anda di bulan ramadhan, berikut strategi yang bisa anda lakukan:

1. Anda dan keluarga harus menghindari perilaku yang konsumtif sehingga dapat menghemat pengeluaran anda dalam bulan ramadhan. Anda bisa menargetkan uang belanja dan kebutuhan sehari-hari dalam seminggu. Anda tidak boleh melebihi pengeluaran dari uang belanja yang telah ditargetkan. Dalam uang belanja yang telah ditargetkan tersebut, anda harus juga memasukkan biaya transport atau bensin yang akan dikeluarkan oleh keluarga anda dalam seminggu. Dengan melakukan hal tersebut maka keuangan anda akan tetap terjaga sampai hari raya idul fitri tiba.

2. Anda sebaiknya menghindari makan di luar atau membeli makanan sahur dan berbuka. Sebaiknya anda memasak sendiri makanan untuk sahur dan berbuka. Selain lebih hemat, memasak sendiri juga lebih sehat karena kita akan menyajikannya untuk keluarga kita di bulan ramadhan. Jika anda tidak punya waktu dan harus membeli makanan tersebut maka anda harus membeli makanan secukupnya saja. Memang saat bulan puasa keinginan kita untuk membeli banyak makanan semakin tinggi meskipun kita tidak akan mengkonsumsi semua makanan yang kita beli. Sebaiknya anda membeli makanan secukupnya saja agar tidak mubazir.

3. Sebelum anda melakukan belanja bulanan maka anda harus membuat daftar belanja yang anda butuhkan selama bulan ramadhan. Hal ini dilakukan agar anda tidak berbelanja terlalu banyak sehingga membuat pengeluaran anda semakin besar. Anda juga bisa memilih barang-barang yang sedang diskon namun anda juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan anda. Anda bisa melihat koran atau televisi sebelum berbelanja. Hal ini dikarenakan terkadang supermarket tertentu mengadakan diskon untuk produk tertentu untuk menyambut bulan ramadhan. Namun anda jangan berbelanja sesuai dengan keinginan anda namun sesuai dengan kebutuhan anda. Anda bisa membandingkan harga yang dijual dari satu toko atau supermarket ke tempat lainnya.

Biasanya banyak supermarket yang berlomba-lomba untuk menarik pembeli selama bulan ramadhan dengan memberikan diskon untuk pembelian produk tertentu. Anda harus benar-benar memperhatikan diskon-diskon ini. Ini dapat anda manfaatkan untuk membeli baju lebaran untuk keluarga anda. Hal ini dikarenakan banyak toko-toko pakaian yang bermerek atau tidak mengadakan diskon terutama midnight sell selama mendekati hari raya idul fitri.

4. Untuk anda yang mempunyai anak sekolah maka anda dapat sedikit lega. Hal ini dikarenakan pada saat bulan puasa, anak anda telah libur sekolah sehingga anda bisa menghemat uang jajan dan ongkos anak anda selama bulan puasa. Anda juga harus mengajarkan anda untuk berhemat selama bulan puasa. Hal yang paling penting adalah jika anda tidak berhemat maka pengeluaran anda setelah hari raya idul fitri semakin besar. Hal ini dikarenakan anak anda sudah masuk sekolah dan anda harus membeli perlengkapan yang dibutuhkannya.