SPARC (Scalable Processor Architecture) adalah arsitektur set instruksi komputasi ( Reduced Instruction Set Computing / RISC) yang direduksi ( Instruction Set Architecture / ISA) yang awalnya dikembangkan oleh Sun Microsystems dan Fujitsu.

Desain

Desainnya sangat dipengaruhi oleh sistem eksperimental Berkeley RISC yang dikembangkan pada awal 1980-an.

SPARC Pertama kali dikembangkan pada tahun 1986 dan dirilis pada tahun 1987.

Sukses SPARC

SPARC adalah salah satu sistem RISC komersial awal yang paling sukses, dan keberhasilannya menyebabkan pengenalan desain RISC yang serupa dari sejumlah vendor selama tahun 1980-an dan 90-an.

Implementasi pertama dari arsitektur 32-bit asli (SPARC V7) digunakan di Sun-4 workstation dan sistem server Sun, menggantikan sistem Sun-3 mereka sebelumnya berdasarkan seri prosesor Motorola 68000.

SPARC V8 menambahkan sejumlah perbaikan yang merupakan bagian dari seri prosesor SuperSPARC yang dirilis pada tahun 1992.

SPARC V9, dirilis pada tahun 1993, memperkenalkan arsitektur 64-bit dan pertama kali dirilis pada prosesor UltraSPARC Sun pada tahun 1995.

Kemudian, prosesor SPARC digunakan di server multiprosesor simetris (SMP) dan akses memori tidak seragam (CC-NUMA) yang diproduksi oleh Sun, Solbourne dan Fujitsu, antara lain.

Desainnya diserahkan kepada kelompok perdagangan Internasional SPARC pada tahun 1989, dan sejak itu arsitekturnya telah dikembangkan oleh para anggotanya.

SPARC International

SPARC International juga bertanggung jawab untuk melisensikan dan mempromosikan arsitektur SPARC, mengelola merek dagang SPARC (termasuk SPARC, yang dimilikinya), dan menyediakan pengujian kesesuaian.

SPARC International dimaksudkan untuk menumbuhkan arsitektur SPARC untuk menciptakan ekosistem yang lebih besar; SPARC telah dilisensikan ke beberapa produsen, termasuk Atmel, Teknologi Terpadu Bipolar, Cypress Semiconductor, Fujitsu, Matsushita dan Texas Instruments. Karena SPARC Internasional, SPARC sepenuhnya terbuka, tidak berpemilik dan bebas royalti.

Pada September 2017, prosesor SPARC high-end komersial terbaru adalah SPARC64 XII Fujitsu (diperkenalkan pada 2017 untuk server SPARC M12) dan SPARC64 XIfx (diperkenalkan pada 2015 untuk superkomputer PRIMEHPC FX100); dan Oracle SPARC M8 diperkenalkan pada September 2017 untuk server-server kelas atas.

Oracle Menghentikan Desain SPARC

Pada hari Jumat, 1 September 2017, setelah putaran PHK yang dimulai di Oracle Labs pada November 2016, Oracle menghentikan desain SPARC setelah selesainya M8. Sebagian besar kelompok pengembangan inti prosesor di Austin, Texas, diberhentikan, seperti halnya tim di Santa Clara, California, dan Burlington, Massachusetts. Pengembangan SPARC berlanjut dengan Fujitsu kembali ke peran penyedia terkemuka server SPARC, dengan CPU baru yang dijadwalkan dalam kerangka waktu 2020.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/SPARC