Tuesday , October 20 2020

Solo Traveling ke Luar Negeri, Ini Negara Paling Aman Untukmu

Aspek keamanan ketika solo traveling atau traveling sendirian tentu harus kamu pertimbangkan. Seperti memilih negara sebagai destinasimu, kamu perlu mengenal betul bagaimana tingkat kriminalitasnya agar tak menjadi korban. Jika kamu belum tahu negara mana saja yang aman untukmu, berikut ini akan disebutkan negara-negara yang direkomendasikan.

Rekomendasi ini berdasarkan Indeks Keamanan Dunia tahun 2018 yang merupakan produk dari Institur for Economics and Peace (IEP). Dilansir dari Global Finance, ranking ini didapat dari 23 indikator yang dikelompokkan dalam tiga kriteria yakni keamanan dan keselamatan sosial, tingkat konflik domestik dan internasional, dan tingkat militerisasi. Jadi nggak perlu khawatir datang ke tujuh negara ini.

1. Islandia

Negara paling aman di dunia dinobatkan kepada Islandia. Islandia ini berturut-turut berada di peringkat teratas sebagai negara paling aman. Di sini, kamu tak akan menemukan tentara NATO yang menjaga perdamaian. Gedung kepresidenannya saja nggak punya pengamanan. Orang-orangnya juga ramah. Kriminalitas di negara ini juga rendah. Tingkat pembunuhan pun hanya 0-1,5 per tahunnya lho.

Selain itu, pornografi dilarang demi menjaga anak-anak dari paparan tersebut. Kerennya lagi, udara dan air di sini benar-benar bersih. Sampai-sampai kamu bisa minum air kerannya. Karena itu, semakin banyak turis yang berdatangan untuk sekedar berwisata ke sini. Namun untuk kesini, kamu harus merogoh kocek yang tak sedikit. Biaya pesawatnya saja untuk pulang-pergi di atas 20 juta. Tapi worth it banget karena saat musim dingin bisa melihat Aurora dan mengikuti tur ice cave.

2. New Zealand

Dilansir dari Global Finance, saking amannya, New Zealand nggak pernah ada di bawah peringkat ke empat, lho. Itulah mengapa New Zealand jadi negara paling aman berikutnya. Warga setempat pun sangat ramah dan tak segan membantumu kalau ada kesulitan. Bahkan petugas imigrasi juga tak terkesan kejam seperti kebanyakan.

Andalan Selandia Baru ini adalah bentang alamnya yang akan memberi suntikan vitamin ke matamu. Apalagi nggak ada sampah di danau, laut atau sungai, bikin makin nyaman berwisata. Kalau ke sini, kamu harus cobain skydiving, dan bungee jumping. Kamu juga wajib ikut tur buat lihat paus, kapan lagi kamu bisa bertemu paus di dunia nyata. Biaya perjalanan dan biaya hidup di sini juga tak terlalu mahal, kok.

3. Austria

Nah, mari kita ke negara yang terkenal dengan musik klasiknya. Kamu pasti tak asing dengan Mozart dan Strauss, kedua komposer besar ini berasal dari Austria. Selain negara musik, Austria juga merupakan negara paling aman ketiga apalagi. Ibukotanya, Wina, juga mendapat gelar kota paling layak huni nomor satu karena sistem kesehatan, keamanan, dan transportasi publik yang baik.

Pokoknya, bagi kamu pecinta musik, seni, dan arsitektur, solo traveling ke Austria sangat direkomendasikan. Sempatkan berjalan-jalan ke Wina untuk menikmati keindahan arsitektur bangunannya yang instagramable banget. Ada University of Vienna yang dibangun tahun 1365. Kemudian Vienna City Hall dengan nuansa neo-gothic, tepat diselenggarakannya acara publik. Menononton teater di Burgtheater yang lokasinya tepat  di depan Vienna City Hall. Lalu berkunjung ke Mozart Haus, dan masih banyak lagi.

Jadi, tiga negara tadi merupakan top three negara paling aman yang cocok untuk para solo traveling. Meskipun berwisata di negara paling aman sekalipun, kamu juga harus tetap waspada dan menjaga barang-barang pribadimu. Karena kejahatan itu bisa saja datang kalau kamu memberi kesempatan. Nah, bagaimana? Apakah kamu tertarik mengunjunginya negara-negara tadi?

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *