Thursday , October 22 2020

Ketat & Disiplin, Begini 7 Sistem Pembelajaran di Sekolah China

China merupakan salah satu negara yang dikenal memiliki sistem pendidikan yang keras. Bahkan banyak orang yang menjuluki siswa di China sebagai siswa paling ‘stres’ di dunia. Dalam artian mereka sangat tertekan.

Ya, sistem pembelajaran di Negeri Tirai Bambu tersebut memang sangatlah ketat. Namun hal ini tak sepenuhnya berarti negatif. Sebaliknya, berkat aturan-aturan yang ketat itu, kualitas akademik disana terbilang mengagumkan. Baik dalam bidang sains, matematika ataupun olahraga, rata-rata menempati urutan teratas di dunia.

Nah, kira-kira bagaimana sih metode pembelajaran siswa-siswa di China? Penasaran, kan? Berikut ulasannya!

1. Waktu Sekolah Mencapai 8 Jam Sehari

Layaknya orang kerja, siswa-siswa di China juga menghabiskan waktu selama 8 jam di sekolah. Mereka masuk pukul 8 pagi dan pulang pukul 4 sore. Sesudah itu, beberapa sekolah ada yang menerapkan jam belajar tambahan atau kelas tutor.

Sedangkan di waktu weeked, biasanya mereka mengikuti ekstrakulikuler yang diadakan sekolah. Duh, full banget ya jadwalnya?

2. Kebutuhan Gizi Para Siswa Sangat Diperhatikan

Tak hanya mengedepankan urusan akademik, sekolah China juga memperhatikan gizi para siswanya. Oleh karena itu, mayoritas sekolah selalu menyediakan fasilitas makan siang di kantin. Tentunya menu makan siang yang diberikan enggak sembarangan ya! Diutamakan makanan-makanan yang tinggi gizi, seperti nasi, sayuran, buah, daging, dan sejenisnya.

3. Tidur Siang Setelah Jam Makan

Tak hanya menyediakan fasilitas makan siang, beberapa sekolah China juga mengizinkan para siswanya untuk beristirahat setelah jam makan siang. Kira-kira sekitar 30 menit. Tujuannya untuk mengurangi rasa lelah dan agar nantinya siswa bisa lebih fresh menerima pelajaran.

4. Bahasa Asing Menjadi Mata Pelajaran yang Diutamakan

Keunggulan lain dari sistem pendidikan di China yakni sangat memperhatikan mata pelajaran bahasa asing. Dimana umumnya, dalam sehari para siswa mengikuti 3 kelas bahasa yang berbeda. Maka itu, tak heran jika siswa-siswa di China jago banget berbahasa asing. Bahkan tak jarang yang menguasai 4-5 bahasa sekaligus di tahun pertamanya.

Tentunya hal tersebut patut diacungin jempol. Pasalnya, bahasa mandarin sendiri  sudah cukup sulit, baik dari segi penulisan ataupun pelafalan. Dan jumlah karakternya pun mencapai 80.000! Tal ayal, bahasa mandarin kerap disebut bahasa tersulit di dunia.

5. Beberapa Sekolah Melegalkan Hukuman Fisik

Hal ini mungkin terdengar agak aneh, namun faktanya beberapa sekolah di China memang masih melegalkan hukuman fisik. Para guru diberikan wewenang untuk menghukum siswanya yang melakukan kesalahan, asalkan tidak berlebihan atau tidak menyebabkan cedera. Tentunya hukuman ini bukanlah ajang tindak kekerasan. Melainkan bertujuan agar para siswa bisa lebih disiplin.

Meski demikian, tidak semua sekolah melegalkan hukuman fisik. Beberapa sudah ada yang menghapus peraturan tersebut.

6. Terdapat Sekolah Kungfu Untuk Anak yang Kurang Berminat di Akademik

Kungfu merupakan salah satu olahraga bela diri yang terkenal di China. Nah, bagi anak-anak yang biasanya kurang berminat di akademik, atau mungkin lebih tertarik di olahraga, mereka diarahkan untuk mengikuti sekolah kungfu.

Sekolah kungfu disana juga sama-sama tertib layaknya sekolah umum. Adapula mata pelajaran membaca dan berhitung. Bahkan terdapat peraturan hukuman fisik untuk siswa yang nakal. Para guru diperbolehkan memukuli siswanya, mulai dari mencubit hingga menendang. Yang jelas, benar-benar keras dan melatih mental. Di samping itu, sekolah ini mempunyai jam aktif dari pagi sampai malam.

7. Siswa Dilarang Pacaran

Walaupun enggak semua, namun ada sekolah China yang melarang siswanya berpacaran. Pihak sekolah bahkan menyiapkan ruang kantin berbeda untuk siswa perempuan dan laki-laki. Apabila ditemukan ada yang melanggar peraturan, maka dia akan mendapatkan hukuman. Hmm, bagus juga ya? Tujuan sekolah tersebut menerapkan aturan tersebut agar siswa-siswanya bisa lebih fokus belajar tanpa terganggu oleh hubungan asmara.

Jadi itulah beberapa peraturan yang kerap diberikan di sekolah-sekolah China. Bagaimana menurut kamu?

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *