Saturday , October 24 2020

7 Sikap Anak Yang Tidak Baik Terhadap Ibunya

Kapan terakhir kita mengatakan pada ibu betapa luar biasanya dia sebagai orang tua dan betapa beruntungnya kita memiliki mereka? Ok, kita mengucapkannya pada hari ibu. Tapi bagaimana dengan hari lain? Ada 365 hari dan berapa hari kita gunakan untuk memuji ibu kita?

Berikut ini 7 Sikap Anak Yang Kurang Baik Terhadap Ibunya:

1. Tidak Menanyakan Kabarnya Saat Kita Menelepon

“Ma, aku cuma mau bilang tadi ada bazar baju keren di mal. Aku mau ke sana nanti sore setelah pulang kantor. Daah.” Pernah menelepon ibu seperti itu? Kita terlalu sibuk menceritakan diri kita sendiri sampai lupa untuk menanyakan kabar mereka. Padahal Dia selalu menanyakan keadaan kita pertama kali setiap kita menghubunginya.

2. Menunggu Berhari-hari Untuk Membalas Telepon Ibu

Di sela-sela hari kita yang padat, mendadak ibu menelepon. Ada kalanya kita malas mengangkat dan menunda hingga waktu sedikit luang. Tapi saat malam, kita malah lupa karena terlalu lelah. Begitulah terus hingga berhari-hari sampai ibu kembali menelepon kita lagi. Please deh, ibu hanya rindu pada kita kok. Jadi angkat saja teleponnya. Tidak ada orang yang dipecat dari pekerjaanya hanya karena menjawab telepon dari ibu saat rapat.

3. Sering Berkata Kasar Saat Ibu Memberi Nasihat Tentang Cinta

Kita kadang sok tau dan menganggap ibu kita orang jaman dulu yang memiliki pengalaman cinta berbeda dengan jaman sekarang. Well, masalah cinta itu dari masa ke masa sama saja. Ibu kita pasti berpengalaman soal jatuh cinta, patah hati, disakiti atau memutuskan banyak pria yang tidak tepat sebelum bertemu ayah kita. Jadi wajar dia banyak tahu masalah percintaan ini. Jadi dengarkan saja nasihat mereka karena itu pasti yang terbaik buat kita.

4. Menggunakan Waktu Liburan Bersama Teman Bukan Dengan Ibu

Kita liburan keliling Indonesia lalu keliling dunia tiap kali ada tanggal merah atau mengambil jatah cuti. Tapi setelah itu, siapa yang selalu setia menanti kita pulang? Ibu. Kamu pulang ke rumah di hari-hari besar seperti hari raya atau acara keluarga. Walaupun hanya sebentar, ibu kita menghargai itu melebihi apapun. Intinya bertemu dengan kita seperti hadiah terindah di masa tuanya.

5. Menganggap Ibu Tidak Punya Kegiatan Lain Selain Mengurusi Kita

Kita datang kapan saja ada masalah lalu tanpa henti menceritakan semua teman-teman kita yang jumlahnya banyak itu. Ibu kita selalu setia mendengarkan tanpa mengeluh sedikit pun. Padahal ibu telah memiliki banyak rencana yang akan dia lakukan. Ibu juga individu yang memiliki kehidupan dan kegiatan. Ia mencintai kamu tapi bukan berarti kamu tidak menghormati waktunya.

6. Memberi Kado Ulang Tahun Asal-Asalan

Kita mengenal ibu sepanjang hidup kita dan tidak mungkin tidak tahu apa yang ia suka dan harapkan saat ulang tahun. Iya kan? Jadi kenapa masih memberi kado asal-asalan. Seperti memberi vas bunga hanya karena itulah barang pertama yang kita lihat di toko. Bukan hadiah dengan harga mahal yang ibu inginkan. Sebenarnya ucapan ulang tahun di pagi hari darimu saja sudah cukup. Tapi bukankah kita ingin memberi sesuatu yang spesial buat orang spesial seperti ibu?

7. Menganggap Ibu Tidak Tahu Apa-Apa

Kita merasa lebih tahu segalanya karena menganggap ibu kita ketinggalan jaman. Mungkin juga tapi ibu kita sudah hidup di dunia ini lebih lama dari kita. Mungkin dia tidak lebih pintar dari kita. Tapi yang pasti dia lebih berpengalaman dari kita tentang masalah kehidupan.

About Bas