Thursday , October 22 2020

Siapa Sangka?! Ternyata 7 Hal Ini Mampu Jadi Penyebab Sakit Kepala

Menurut catatan WHO, sakit kepala termasuk 10 besar (di antara pria) dan 5 besar (pada wanita) penyakit yang bikin penderitanya susah beraktivitas.

Pertanyaannya sekarang, apa sebenarnya penyebab sakit kepala itu? Apa benar seperti yang disangkakan banyak orang, yaitu karena otak kurang oksigen? Selain itu, bagaimana pula mengatasinya? Well, guna menjawab beberapa pertanyaan tadi, mari simak ulasan berikut.

1.Cahaya matahari dan kekurangan vitamin D

Menurut hasil berbagai studi yang diadakan universitas di Finlandia, defisiensi vitamin D mampu meningkatkan risiko sakit kepala kronis. Para ilmuwan menganalisa kadar serum vitamin D dalam tubuh 2.600 partisipan. Hasilnya? Mereka yang kadar vitamin D-nya paling rendah rawan terkena sakit kepala dibanding lainnya. Sakit kepala kronis juga lebih sering dialami pria ketika musim panas yakni ketika matahari sedang terik-teriknya.

2.Cahaya terang

Ada alasan kenapa penderita sakit kepala cenderung menghindari cahaya terang dan lebih suka menghabiskan waktu di ruangan gelap. Hasil studi Beth Israel Medical Center menjumpai eratnya kaitan antara saraf mata dan otak yang mengontrol mood melalui perubahan fisik seperti detak jantung, nafas pendek, lelah, hingga mual. Selain sakit kepala, cahaya terang juga membuat penderitanya mudah marah, gelisah, hingga putus asa.

3.Guntur dan petir

Para peneliti dari Universitas Cincinnati menggunakan perhitungan matematika untuk mencari tahu apakah guntur dan petir mampu memicu sakit kepala. Hasilnya, keduanya memang meningkatkan risiko sakit kepala sebesar 19%. Sayangnya, mengenai bagaimana cara petir memicu sakit kepala masih belum diketahui.

4.Depresi dan kegelisahan

Sebanyak 588 pasien sakit kepala ambil bagian dalam studi yang diadakan National Defense Medical Center di Taiwan. Pada kebanyakan kasus, kegelisahan, depresi, dan kualitas tidur buruk adalah penyebab utama penyakit ini.

5.Obat yang mengandung kodein

Penyebab sakit kepala berikutnya adalah konsumsi obat (dosis tinggi) yang mengandung kodein. Biasanya ini terjadi pada seseorang yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap rasa sakit.
Sensitivitas terhadap rasa sakit memang merupakan penyebab utama penggunaan obat-obatan opioid, padahal semakin diminum, semakin meningkat sensitivitas rasa sakit. Itulah alasan mengapa penggunanya harus terus meningkatkan dosisnya agar bisa merasa lega. Parahnya lagi, penggunaan obat-obatan ini dalam jangka panjang hanya memperburuk keadaan, dan bukan membuatnya menjadi lebih baik.

6.Obesitas

Hasil berbagai penelitian dari Universitas John Hopkins menyimpulkan obesitas erat hubungannya dengan sakit kepala secara umum dan migrain terkhususnya, begitu pula dengan sakit kepala sekunder seperti Idiopatik intrakranial Hipertensi. Lebih dari itu, akibat kelebihan berat badan, migrain merupakan jenis sakit kepala yang banyak dialami kaum dewasa usia produktif.

Semakin tinggi indeks massa tubuh, semakin tinggi pula kemungkinan sakit kepala periodik berubah menjadi kronis. Akan tetapi, aktif secara fisik dan diet dapat meminimalisir itu.

7.Suhu dingin

Penyebab sakit kepala yang tak terduga lainnya adalah suhu dingin. Well, setidaknya itulah kesimpulan para ahli dari Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology.

Suhu rendah menyebabkan pembuluh darah otak kejang sehingga memengaruhi sirkulasi darah. Akibatnya di musim dingin, kadar oksigen menurun, oleh karena itulah beberapa mengalami sakit kepala atau migrain. Wah, jadi benar ya ternyata kalau kurang O2 dapat menyebabkan pusing.

Terakhir, bagaimana cara mengatasinya? Menurut hasil penemuan:

  • Albert Einstein College of Medicine – konsumsi kafein dicampur analgesik adalah jawabannya.
  • Technical University of Munich – akupuntur.
  • Harvard Medical School – sinar hijau.
  • Wake Forest Medical Center – meditasi.
  • Universitas Cincinnati – kacamata berwarna (tak selalu hitam).
  • MD Vincent Martin – lebih banyak buah segar dan sayur, serta mengurangi makanan tinggi MSG, hasil proses, maupun alkohol merupakan solusinya.

Jadi menurutmu, penyebab mana nih yang paling sering bikin kamu sakit kepala?!

About megsaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *