Wednesday , October 21 2020

Siapa Sangka 14 Gaya Hidup Ini Penyebab Masuk Angin, Sering ke Mall Salah Satunya..

Tak seorangpun ingin sakit, tapi apa daya kadang keadaan berkata lain. Kamu mungkin merasa sudah menjaga kesehatan semaksimal mungkin, tapi kok ya tetap masuk angin. Well, bisa jadi beberapa kesalahan lifestyle berikut jadi penyebab masuk angin. Alasannya karena kebiasaan di bawah ini cenderung melemahkan kekebalan sehingga tubuh rawan terserang virus penyebab masuk angin.

1. Asal saat cuci tangan

Cuci tangan bukanlah aktivitas yang boleh dilakukan setengah-setengah. Fakta menunjukkan hanya 5% orang yang mencuci tangannya dengan benar. Hasil riset juga menjumpai, cuma 2 dari 3 orang saja yang cuci tangan menggunakan sabun.

Matthew Mathias, MD, dokter dari Duke Health mengatakan.”cucilah tangan dengan sabun lembut dan air hangat selama 20 detik atau lebih. Gunakan pula teknik mencuci yang tepat, yakni bukan hanya membersihkan telapak saja, tapi punggung tangan dan sela jari juga.”

2. Sering ke mall

Baik ada diskon atau tidak, mall mungkin merupakan satu-satunya tujuanmu untuk mengisi hari libur. Padahal menurut riset, semakin padat area tersebut dengan manusia, maka risiko tertular berbagai penyakit juga kian tinggi.

3. Salah pilih produk hand sanitizer

Selama ini kamu mungkin selalu membawa hand sanitizer di tas. Tapi menggunakannya tetap takkan efektif kalau kandungannya kurang memadai untuk bunuh kuman. Saat membeli produk antibakterial, pilih yang kandungan alkoholnya minimal 60%. Pergunakan itu hanya jika tidak ada tempat untuk cuci tangan. Jangan terlalu sering karena produk ini juga bisa membunuh bakteri baik.

4. Malas pakai kaos kaki

Ada alasan mengapa penting untuk menjaga tangan dan kaki tetap hangat, khususnya selama musim dingin. Kita tahu bahwa penyebab masuk angin adalah virus dan bukan cuaca dingin. Namun hasil riset menunjukkan kondisi dingin membuat kuman cenderung bertahan.

Tubuh juga lebih rawan sakit karena aliran darah berkurang demi menjaga organ vital tetap hangat. Itu artinya, sirkulasi sel darah putih tidak maksimal.

5. Suka bicara dalam jarak dekat

Ya tak mengapa sih kalau lawan bicara pasti sehat. Tapi bila ia tampak sakit, Dr Matthew menyarankan untuk bicara dari jarak 1,5 meter saja.

6. Sering menggigit kuku

Baik menggigit kuku maupun menyentuh wajah, keduanya membuat mikroorganisme lebih mudah masuk dalam tubuh – melalui hidung, mulut, atau mata.

7. Doyan makanan manis

Makanan manis itu ibarat candu yang membuat kamu ingin makan lebih banyak lagi. Selain berdampak negatif pada berat badan, makanan manis juga buruk bagi flora bakteri di pencernaan. Imbas lainnya adalah sistem imun jadi melemah sehingga tubuh lebih gampang sakit.

8. Berolahraga terlalu keras

Tidak olahraga salah, tapi berolahraga terlalu keras juga keliru. Ketika olahraga, tubuh sebenarnya menghasilkan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. Karenanya pada waktu olahraga, sistem imun tubuh melemah untuk sesaat. Olahraga kelewat batas dapat meningkatkan drastis kadar hormon tadi sehingga berdampak pada sel darah putih.

9. Gila kebersihan

Memang kok segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Malas bersih-bersih memang buruk, namun terlalu gila kebersihan ternyata juga kurang baik.

Faktanya, tubuh juga perlu beberapa jenis ‘kuman’ baik. Selain itu, terlalu sering cuci tangan dapat menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah sehingga kuman lebih mudah masuk dalam tubuh.

10. Kurang minum air putih

Kurang minum air putih ternyata juga bikin tubuh rawan kena masuk angin. Kurang minum mampu memicu dehidrasi sehingga berimbas pada energi, kualitas tidur, serta kemampuan tubuh untuk mengeluarkan racun. Ketika semua hal ini terganggu, otomatis kekebalan tubuh ikut terpengaruh dan melemah.

11. Berbagi makanan atau minuman

Makan dari piring atau minum dari gelas yang sama dengan orang lain juga meningkatkan risiko sakit karena kamu dan mungkin orang tersebut juga tak tahu apa yang mungkin dialaminya.

12. Tidak ganti pakaian begitu tiba di rumah

Karena pakaian umumnya dihinggapi berbagai kuman berbahaya dari luar, maka sebaiknya langsunglah ganti baju begitu tiba di rumah. Dengan begitu, tak ada kesempatan untuk kuman tersebut berpindah dan menempel di bagian rumah lainnya.

13. Bergaul dengan perokok

Mungkin kamu sendiri tidak merokok, namun imbasnya sama saja jika kamu jadi secondhand smoker. Racun dari asap rokok juga tetap buruk bagi imun tubuhmu.

14. Jarang sarapan

Gaya hidup penyebab masuk angin yang terakhir kita bahas adalah tidak sarapan. Melewatkan makan pagi membuat gula darah tak menentu sehingga meningkatkan rasa lapar dan membuat badan lemah. Memilih menu yang salah untuk sarapan juga sama buruknya karena menu kurang nutrisi bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

About megsaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *