Tuesday , October 20 2020

Sering Menatap Laptop? Ini 6 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mata

Di zaman digital saat ini, laptop seolah telah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagaian besar masyarakat. Nggak cuma untuk pegawai kantoran aja, tapi para pebisnis, freelance, mahasiswa, bahkan ibu rumah tangga kerap menggunakan laptop untuk menunjang kebutuhan hariannya. Begitupun dengan ponsel, alat berukuran mini ini rasanya juga tak terpisahkan dari kehidupan modern. Dari anak-anak hingga orang dewasa, semuanya menggunakan ponsel. Tak peduli siang atau malam, ponsel seolah tak bisa lepas dari tangan mereka.

Well, pada dasarnya keberadaan gadget memang menjadikan hidup terasa lebih praktis. Namun begitu, juga memiliki dampak negatif! Salah satunya, dalam hal kesehatan, terlalu lama menatap gadget dapat menganggu organ pengelihatan.

Nah, buat Kamu nih yang sering menatap laptop atau ponsel, berikut tips menjaga kesehatan mata yang perlu Kamu ketahui!

  1. Atur Kecerahan Layar Senyaman Mungkin

Agar sinar radiasi dari layar gadgetmu tidak terlalu memberikan efek buruk pada organ mata, maka cobalah mengatur tingkat kecerahannya senyaman mungkin. Usahakan untuk tidak menyeting cahaya yang terlalu terang.

Lebih baik sih, pilih tingkat cahaya yang paling minimal. Dengan begitu tidak akan membuat silau dan mengurangi risiko mata cepat lelah. 

  1. Hindari Menatap Layar Terlampau Dekat

Cara menjaga kesehatan mata berikutnya yakni dengan menghindari menatap layar gadget terlampau dekat. Baik itu televisi, laptop, ataupun ponsel. Usahakan untuk mengatur jarak pandang sekitar 50 cm – 100 cm.

Menatap layar terlalu dekat bisa membuat mata terasa pedih, bahkan pengelihatan berisiko mengalami gangguan akibat paparan radiasi yang terlalu tinggi.

  1. Istirahatkan Mata dengan Menerapkan Prinsip 20-20

Kamu pasti pernah mendengar prinsip 20-20, kan? Prinsip ini sangat cocok diterapkan untuk orang-orang yang kesehariannya bekerja di depan laptop atau sering menatap ponsel.

Cara kerja prinsipnya yakni dengan Kamu mengistirahtkan mata setiap 20 menit sekali saat menatap layar gadget. Alihkan padanganmu ke tempat lain, misalnya pepohonan hijau selama 20 detik. Kemudian Kamu bisa kembali bekerja kembali. Simpel, kan?

Trik ini akan membantu melindungi matamu dari risiko-risiko yang membahayakan, seperti mata tegang dan berair, pengelihatan kabur, serta sakit kepala. Jadi usahakan jangan terlalu lama saat memandang layar, ya!

  1. Gunakan Kacamata Antiradiasi

Selanjutnya nih, bagi Kamu para pengguna gadget usakan untuk membeli kacamata antiradiasi. Pemakaian kacamata ini sangat diperlukan untuk menjaga matamu dari efek berbahaya sinar radiasi yang dipancarkan oleh layar gadget.

Seenggaknya bila Kamu pakai kacamata maka perlindungan terhadap mata akan lebih optimal. Dengan begitu, Kamu bisa meminimalisir dampak negatifnya.

  1. Tingkatkan Konsumsi Makanan Sumber Vitamin A

Pengonsumsian makanan sumber vitamin A juga direkomendasikan bagi Kamu yang kesehariannya sering menatap gadget. Vitamin A ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya bertindak sebagai zat antioksidan yang dapat membantu regenerasi sel mata dan mengatasi berbagai gangguan pengelihatan, seperti rabun jauh, katarak, dan sebagainya.

Adapun beberapa makanan yang mengandung tinggi vitamin A, misalnya saja wortel, bayam, brokoli, apel, kiwi, anggur, ubi jalar dan minyak ikan.

  1. Kompres Mata dengan Air Dingin atau Mentimun

Terakhir nih, untuk memberikan rileksasi pada organ mata agar tak terlalu tegang, Kamu bisa mengompresnya dengan air es yang dibungkus kain atau irisan mentimun. Metode ini juga efektif dalam mengatasi kantung mata, loh!

Nah, demikianlah beberapa cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna gadget. Moga bermanfaat ya!

About amania

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *