Wednesday , October 28 2020

Serem, 6 Lagu ini Dipercaya Bisa Memanggil Makhluk Ghaib

Halokawan,

Pada umumnya sebuah lagu diciptakan untuk hiburan. Namun terkadang ada pula yang membuat lagu sebagai wujud ungkapan hati. Sebuah penelitian yang dilakukan di McGill University menyatakan bahwa mendengarkan lagu bisa merangsang otak mengeluarkan hormon dopamine, yakni senyawa yang bisa menimbulkan perasaan bahagia.

Maka itu, tak heran jika banyak orang yang dengerin lagu buat menghilangkan galau. Tapi gimana ya kalau lagu yang dinyanyikan bernuansa mistik? Atau bahkan dipercaya bisa memanggil hantu? Hii..serem.

Nah, berikut ini beberapa lagu yang katanya mampu mendatangkan makhluk ghaib. Simak kuy!

 

1. Malam Satu Suro

Malam satu suro merupakan malam tahun baru yang dianggap sakral oleh masyarakat Jawa, khususnya yang masih memegang kuat kepercayaan leluhur. Biasanya mereka mengadakan ritual-ritual di malam satu suro, seperti mencuci keris, mubeng beteng (mengarak tumpeng dan benda pusaka mengelilingi benteng keraton), sampai ritual tapa bisu (diam di sepanjang malam).

Ternyata gak cuma tanggalnya aja yang dianggap keramat, lagu malam satu suro pun disebut-sebut bisa memanggil hantu. Lagu ini pernah dinyanyikan oleh Suzana saat berperan sebagai Sundel Bolong. Entah bagaimana awal mulanya, mitos itu mendadak muncul dikarenakan pengaruh film yang memang serem dan bikin merinding.

2. Lingsir Wengi

Lagu yang diciptakan oleh Sunan Kalijaga ini sudah terkenal dengan mitosnya yang katanya memiliki kekuatan magis pemanggil hantu, khususnya hantu kuntilanak. Biasanya lagu lengser wengi sering dinyanyikan di film-film horor Indonesia.

Beberapa orang ada yang mengatakan bahwa lagu lingsir wengi memiliki makna perlindungan dari malapetaka. Ada juga yang mengartikan sebagai lagu kerinduan akan cinta. Namun semenjak muncul di film Kuntilanak, persepsi akan lagu lengser wingi langsung berubah jadi horor. Hmm, Kamu berani menyanyikannya?

3. Lagu Jelangkung

Jelangkung jelangsat.

Di sini ada pesta, pesta kecil-kecilan.

Datang tidak diundang, pergi tidak diantar.”

 

Kamu pasti sudah sering mendengar lagu diatas, kan? Sebenarnya lirik tersebut bukanlah sebuah lagu, melainkan mantra. Biasanya orang-orang yang menyanyikannya saat melakukan permainan Jelangkung, yakni sebuah permainan tradisional menggunakan boneka untuk memanggil makhluk ghaib.

Selain itu, mantra ini juga sering digunakan di film-film horor. Jadi kesannya memang mistis. Jadi lebih baik jangan coba-coba menyanyikannya ya.

4. Asereje

Masih ingat dengan lagu Asereje yang sempat booming di tahun 2002’an? Lagu yang dinyanyikan oleh grup vokal Last Ketchup ini digadang-gadang sebagai lagu pemujaan untuk setan, bahkan katanya bisa memanggil arwah orang meninggal.

Lirik lagu Asereje sendiri menggunakan campuran bahasa inggris dan spanyol. Beberapa kata yang ditulis di liriknya, seperti “Diego” dianggap memiliki makna “Devil”. Selain itu adapula beberapa kalimat yang menjelaskan tentang pesta keramat pemanggilan setan dan sebagainya.

5. Nina Bobo

Siapa dari Kamu yang masih suka menyanyikan lagu Nina Bobo sebelum tidur? Lagu anak-anak ini ternyata juga gak luput dari mitos-mitos mistis. Konon katanya lagu ini dulunya sering dinyanyikan oleh Ibu dari anak bernama Helenina Mustika van Rodjnik.

Ia menyanyikan lagu tersebut setiap anaknya menangis dan sebelum tidur. Namun suatu hari, Helenina meninggal. Ibunya yang dilanda despresi masih sering melantunkan lagu Nina Bobo untuk mengingat anaknya. Hingga kabarnya, arwah si anak kembali ke rumah.

Mitos tersebutlah yang kemudian berkembang di masyarakat, sehingga muncul kabar bahwa lagu Nina Boo dapat memanggil setan.

6. Takdir

“Ketika malam datang
ku tak bisa melihatmu
ketika pagi datang
ku tak bisa menyentuhmu
kau telah pergi.”

 

Masih ingat dengan lagu berjudul Takdir yang viral di tahun 2012? Lagu yang muncul dari kota Pati, Jawa tengah ini tidak diketahui siapa penyanyinya. Lagu tersebut mendadak beredar luas di masyarakat hingga muncul mitos yang mengatakan bahwa lagu Takdir bisa memanggil hantu.

Katanya sih, lagu ini bercerita tentang seorang pria yang mengungkapkan isi hatinya kepada sang kekasih yang telah meninggal. Menurut beberapa penuturan, bila lagu ini dinyanyikan tengah malam maka akan membuat si pelantun menjadi linglung dan didatangi sosok wanita bernama Lita dalam mimpi. Serem juga ya.

Jadi itulah beberapa lagu yang dipercaya bisa memanggil hantu. Nah, gimana Kamu percaya nggak?