Cara Merawat Sepatu Karet Agar Awet

Salah satu alasan mengapa Sepatu Karet jadi idola banyak orang adalah, karena alas kaki satu ini tidak licin. Anda yang pernah malu akibat jatuh terpeleset di atas tanah becek pasti setuju kalau sepatu dengan sol karet selalu lebih baik dari yang berbahan sintetis, seperti spons misalnya.

Selain itu, sepatu karet juga lebih nyaman dipakai karena bahannya yang lentur mampu cepat beradaptasi dengan lekuk telapak kaki.

Sepatu Karet hitam
Sepatu Karet (amazon.com)

Namun karena harga sepatu karet berkualitas biasanya tidak murah, Anda perlu tahu nih bagaimana cara merawat sepatu karet agar awet. Berikut kami bagikan beberapa cara merawat sepatu karet agar awet yang dapat dicoba di rumah.

Sepatu karet wanita seksi
Sepatu karet seksi wanita (aliexpress.com)

1. Selalu Bersihkan Usai Dipakai

“Kalau ingin hemat, maka tidak boleh malas”, agaknya prinsip ini pas benar untuk urusan merawat sepatu karet. Ya, bila ingin alas kaki kesayangan awet dan tahan lama, jangan malas untuk membersihkannya setiap kali habis dipakai. Menunda membersihkan sepatu hingga kotoran yang melekat menumpuk, hanya akan membuatnya semakin sulit dibersihkan.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah bawa sepatu ke luar rumah. Setelah itu, saling ketukan keduanya (sol luar dengan sol luar) sehingga debu dan kotoran berjatuhan. Untuk kotoran lain yang dijumpai lebih membandel, korek itu dengan bantuan sikat gigi bekas atau benda yang lebih tajam seperti kunci atau obeng. Lakukan perlahan agar bahan karet sepatunya tidak rusak.

Ingatlah bahwa semakin banyak kotoran dan noda yang berhasil disingkirkan, maka kian mudah pula proses pembersihan nantinya.

2. Gunakan Baking Soda dan Detergen Cair

Berikutnya, jika masih ada noda atau kotoran yang melekat, maka kini saatnya menggunakan larutan pembersih yang aman bagi sepatu karet. Tenang, Anda tak perlu membeli larutan khusus kok, cukup sediakan baking soda dan detergen cair saja. Oh ya untuk deterjennya, pilih yang tidak mengandung agen pemutih ya.

Dikarenakan takarannya tergantung dari kebutuhan, yakni seberapa banyak noda yang perlu dibersihkan, maka mulailah dengan mencampurkan 1 sdt (sendok teh) baking soda dan 1 sdt detergen dalam sebuah wadah kecil. Anda dapat menambah takarannya sedikit demi sedikit nanti bila memang masih kurang. Setelah larutan pembersihnya siap, celupkan sikat gigi ke dalamnya, kemudian gosok sol karetnya dengan gerakan melingkar hingga noda hilang.

Baking soda di sini berperan sebagai scrub yang memudahkan sabun untuk menghilangkan kotoran dan noda. Tapi, hati-hati jangan sampai terkena bahan sepatu lainnya karena baking soda cenderung sulit dibersihkan. Untuk membersihkan bahan sepatu selain karet, cukup pakai air dan detergen saja.

3. Perhatikan Cara Membilasnya

Bila sepatu karet sudah bersih sesuai keinginan, saatnya membilas. Tentu saja cara membilas larutan sabun di sepatu karet berbeda dengan pakaian. Dalam hal ini, Anda cuma perlu menggunakan spon atau kain yang sudah dibasahi air bersih.

Hanya saja pastikan tidak ada sisa larutan pembersih yang tertinggal di karetnya karena itu dapat memudarkan warna bahan. Di samping itu, kurang bersih saat membilas juga bisa membuat sepatu jadi licin.

4. Keringkan Benar Sebelum Disimpan

Begitu sepatu sudah selesai dibilas, langkah terakhir adalah mengeringkannya benar-benar sebelum menyimpan atau memakainya. Untuk ini, gunakan handuk bersih untuk menyerap air dari bahan karetnya. Alternatif lain adalah dengan mengangin-anginkan sepatu karet bila dirasa belum kering benar. Hindari menyimpannya atau memakainya dalam keadaan basah karena itu dapat membuat sepatu karet jadi bau.

Jadi itulah tadi beberapa cara merawat sepatu karet agar awet yang bisa dicoba di rumah. Semoga berhasil!

Artikel Terkait:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *