Alas kaki kasual seperti sepatu denim, sepatu kanvas atau lainnya, pastilah lebih sering dipakai dalam keseharian ketimbang high heels atau dress shoes. Karenanya, sepatu tersebut tidak boleh sampai terasa tidak nyaman.

Namun bagaimana bila belinya terlanjur salah ukuran?! Waktu dicoba sebentar sih rasanya pas, tapi begitu dipakai jalan agak lama, kok terasa sesak ya?! Untung-untung kalau tersedia fasilitas tukar size di tokonya, namun bagaimana jika tidak?!

Tenang, berikut ini hendak kami bagikan beberapa cara meregangkan sepatu denim yang terasa sesak.

1. Panaskan Sepatu Denim

Suhu panas ternyata mampu melunakkan bahan denim pada sepatu. Dalam hal ini, sebenarnya lebih praktis bila ada microwave di rumah. Tapi jika tidak pun tak mengapa, karena untuk metode pertama ini ada berbagai cara untuk melakukannya.

1.1.Microwave

Sebelum menggunakan microwave, pastikan lebih dulu bahwa tidak ada bahan logam pada sepatunya, entah itu hiasan maupun lubang talinya. Jika sudah, maka ikuti beberapa langkah berikut:

  • Masukkan sepatu denim dalam microwave.
  • Pasang suhu tinggi, namun hitung benar waktunya karena alas kaki harus segera dikeluarkan setelah 30 detik (jangan lebih dari itu).
  • Pakai sepatunya segera sesudah dikeluarkan dari microwave karena pada saat itu bahannya masih hangat.
  • Berjalanlah keliling sambil mengenakannya selama 1 menit.
  • Setelah 1 menit dan bahan denimnya mulai dingin, lepaskan lalu masukkan lagi dalam microwave selama 20 detik.
  • Sesudah itu, baru kenakan sepatunya lagi. Ukuran sepatu denim harusnya sudah lebih besar sekarang.

1.2.Hair Dryer

Tak ada microwave, hair dryer pun jadi. Nah, cara meregangkan sepatu denim menggunakan hair dryer adalah:

  • Kenakan lebih dulu kaus kaki tebal sebelum memakai sepatu denim.
  • Nyalakan hair dryer lalu arahkan ke bagian depan sepatu selama 20-30 detik.
  • Selanjutnya, cobalah sepatunya tanpa kaos kaki untuk mengetahui apakah ukurannya sudah lebih longgar atau belum.

1.3.Uap Panas

Sama seperti 2 alat pemanas tadi, uap panas juga mampu mengendurkan serat denim sehingga membuat alas kaki lebih longgar. Anda tinggal mendidihkan air dan pegang sepatu dekat uapnya selama 3-5 menit. Jangan melamun ketika melakukannya agar tangan tak sampai terbakar. Coba sepatu dan ulangi bila perlu hingga ukurannya meregang sesuai keinginan.

2. Jejali Sepatu Denimnya

Salah satu metode yang paling terkenal untuk ini adalah menjejalkan kantung air ke dalam sepatu, lalu membekukan keduanya. Mengapa teknik ini berhasil?! Sebab begitu air berubah jadi es, ukurannya akan mengembang sehingga meregangkan bahan.

Namun kalau was-was kantung airnya bocor, alternatif lain adalah dengan menjejalkan gumpalan kertas koran atau kaos kaki ke dalam sepatu. Biarkan semalaman dan ujilah besok apa sepatu terasa membesar atau belum. Ulangi lagi pada malam-malam selanjutnya kalau perlu.

3. Pakai Terus Sepatu Denimnya

Metode berikutnya memang lebih mudah, tapi mungkin juga memerlukan waktu lebih lama dalam pelaksanaannya. Triknya gampang, tinggal pakai saja terus sepatu denimnya ketika beraktivitas. Jangan lupa kenakan kaos kaki tebal supaya ukurannya lebih cepat membesar.

4. Minta Bantuan Tukang Sepatu

Anda sudah mencoba semuanya, tapi sayangnya tidak ada juga yang berhasil. Sepatu denim tetap terasa sesak dan tidak nyaman.

Bila ini yang terjadi, maka hanya ada 2 pilihan: pertama, berikan sepatunya pada orang lain yang ukuran kakinya lebih kecil. Kedua, bawalah itu ke tukang sepatu yang mempunyai mesin khusus untuk meregangkan alas kaki. Beres kan?