Sunday , October 25 2020

Selain Bikin Pintar, 6 Makanan ini Juga Membuat Awet Muda Loh

Pintar memang harus didapatkan dengan cara belajar. Begitupun dengan wajah awet muda, Kamu juga kudu rutin merawat kulit dengan penggunaan skincare atau masker-masker dari bahan alami.

Selain dari itu, asupan dari dalam tubuh juga nggak kalah penting. Beberapa jenis makanan diyakini dapat memberikan pengaruh cukup signifikan terhadap kecerdasan otak sekaligus memelihara kecantikan kulit. Nah, berikut ini makanan-makanan yang bisa bikin Kamu makin pintar dan awet muda. Simak yuk!

  1. Pepaya

Jika berbicara tentang pepaya, kebanyakan orang hanya mengetahui manfaatnya sebagai pelancar pencernaan. Padahal pepaya memiliki segudang khasiat lain, loh! Buah ini tak sekedar kaya serat, tapi juga mengandung tinggi vitamin, antioksidan serta mineral.

Diantaranya yakni vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E. Sedangkan kandungan mineralnya berupa kalium, magnesium, kalsium dan fosfor. Tentunya senyawa-senyawa tersebut memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan otak dan kulit.

Selain itu, pepaya juga mengandung enzim papain dengan kadar tinggi yang bekerja sebagai anti-inflamasi, anti penuaan, dan membantu proses eksfoliasi kulit.

  1. Salmon

Khasiat ikan salmon untuk kecerdasan IQ memang telah dikenal sejak lama. Ikan ini merupakan sumber asam lemak omega-3 yang tinggi,  terdiri dari EPA dan DHA yang mana keduanya berperan sebagai antioksidan yang membantu perkembangan otak dan psikis.

Selain salmon, alternatif lain Kamu bisa mengonsumsi Tuna. Ikan Tuna juga merupakan sumber protein yang bagus dan mengandung asam lemak omega 3, hanya saja kadarnya tidak setinggi ikan salmon.

  1. Buah-Buahan Berri

Buah-buahan berri, seperti stroberi, blueberi, rasberi, blackberi dan sejenisnya juga merupakan makanan yang bisa bikin pintar sekaligus awet muda.

Umumnya buah berri mengandung antioksidan dengan kadar tinggi dalam bentuk antosianin. Selain itu adapula kandungan asam lemak omega-3, vitamin A dan vitamin C. Semua senyawa tersebut dapat membantu melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas, serta menjaga elastisitas kulit dengan cara merangsang produksi kolagen.

Selain itu, nutrisi yang tinggi dalam buah berri juga mengoptimalkan fungsi kognitif otak. Sehingga sangat cocok bila dikonsumsi oleh anak-anak.

  1. Bayam

Siapa nih yang sering memasak bayam di rumah? Well, sayuran ini memang sangat mudah diolah. Selain itu, rasanya pun juga sangat lezat. Yang lebih menakjubkannya lagi, ternyata bayam kaya nutrisi loh! Kandungan antioksidan yang tinggi dalam bayam bisa membantu mengoptimalkan kerja sistem syaraf di otak sekaligus memperlambat penuaan otak.

Bayam juga kaya vitamin. Adanya kandungan vitamin A berguna untuk melawan penuaan kulit. Sedangkan vitamin C membantu produksi kolagen sehingga keelastisan kulit bisa tetap terjaga. Adapula kandungan vitamin K yang berguna mengurangi peradangan di dalam sel.

Nah, Kamu bisa mengolah bayam dengan cara ditumis, dijadikan smoothie atau dikombinasikan sebagai salad untuk sarapan di pagi hari. Pilih saja menurut favoritmu!

  1. Buah Delima

Buah delima telah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Adanya kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi membuat buah ini mampu berkerja melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Di samping itu, buah delima juga mengandung senyawa punicalagins yang berperan dalam meningkatkan produksi kolagen pada kulit serta memperlambat tanda-tanda penuaan. Buah delima berkhasiat pula dalam menjaga kesehatan otak loh!

  1. Kacang

Tak sedikit orang menghindari mengemil kacang karena dianggap pemicu munculnya jerawat. Padahal kacang ini, terutama jenis kacang almond dan kenari memiliki segudang manfaat tubuh loh! Khususnya untuk menyehatkan otak dan menjaga kulit agar awet muda.

Ya, kacang almond kaya akan vitamin E yang berperan dalam membantu melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV, menjaga kelembaban kulit serta memperbaiki jaringan yang rusak.

Selain itu, kacang almond dan kenari juga merupakan sumber asam lemak omega 3 yang bertindak sebagai antioksidan untuk mengoptimalkan perkembangan otak. Nah, bagaimana masih nggak mau ngemil kacang?

So Gengs, itulah tadi beberapa makanan yang bisa bikin pintar sekaligus awet muda. Yuks, segera beli dan simpan di kulkasmu ya!

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *