Tuesday , October 20 2020

Sejarah, Mitos, Legenda Situ Patenggang Ciwidey Bandung

Situ Patenggang merupakan danau yang lokasinya terletak di wilayah Bandung Selatan, Jawa Barat, tepatnya berada di kawasan Ciwidey, terletak di atas ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Danau ini memiliki keindahan yang begitu memukau. Jika berkunjung ke tempat ini, kamu akan disuguhkan oleh suasana alam yang asri karena di tempat ini kamu akan disuguhkan oleh hijaunya hamparan kebun teh yang terbentang luas.

Asal Usul

Situ Patenggang itu sendiri berasal dari kata “Situ” dan “Pateangan-teangan” yang memiliki arti saling mencari. Kedua kata tersebut berasal dari bahasa Sunda. Nama Situ Patenggang sebetulnya berasal dari mitos yang menceritakan Ki Santang dan Dewi Rengganis. Kedua orang tersebut terpisah dalam jang kawa waktu yang cukup lama. Rasa cinta di antara keduanya sangat dalam sehingga mereka saling mencari satu sama lain dan akhirnya bertemu di sebuah tempat yang kini dinamakan sebagai Batu Cinta. Setelah mereka berdua bertemu, akhirnya Dewi Rengganis meminta dibuatkan danau dan perahu agar mereka dapat berlayar bersama.

Batu Cinta Situ Patenggang

Perahu yang dibuat oleh Ki Santang, kini telah berubah menjadi sebuah pulau yang memiliki bentuk seperti hati. Pulau tersebut dikenal sebagai Pulau Asmara atau yang disebut sebagai Pulau Sasaka. Akibat mitos tersebut, masyarakat setempat pun percaya, apabila sepasang kekasih datang ke Batu Cinta dan berkeliling ke Pulau Asmara akan menjadi cinta abadi.

Luas Area

Situ Patenggang memiliki luas sekitar 45.500 hektar dengan total luas cagar alamnya dapat mencapai 123.077 hektar. Situ Patenggang kerap kali dijadikan pilihan tempat berwisata para wisatawan selain Kawah Putih. Kedua tempat wisata tersebut memang memiliki lokasi yang berdekatan dengan jarak tempuh sekitar 7 KM saja. Bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk datang ke tempat ini.

Transportasi dan Penginapan

Jika berkunjung ke Situ Patenggang, kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi, di Bandung juga banyak disediakan tempat rental mobil. Untuk tempat penginapan juga tersedia banyak penginapan murah di Bandung. Wah asyik ya?

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke tempat ini, kamu juga bisa menggunakan jasa angkutan seperti bisa dari terminal Leuwi panjang menuju terminal Ciwidey. Setelah itu, kamu juga dapat menyambung angkutan kembali ke Situ Patenggang. Namun, jika Anda yang datang dengan kendaraan pribadi, bisa melewati jalur Kopo, Soreang, Ciwidey dan Situ Patenggang.

Harga Tiket

Untuk tiket masuknya, kamu bisa membayar sekitar Rp. 18.000  per orang. Di sana juga banyak tersedia sarana parkir yang luas, toilet, mushola, penyewaan perahu, sepeda air, toko souvenir, rumah makan, perahu angsa dan tempat penginapan yang berada di kawasan Perhutani.

Jika berkunjung ke Situ Patenggang, Anda bisa menikmati keindahan alam Bandung yang masih asri. Selain itu, kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas seperti memancing, bermain sepeda air, mengelilingi danau dengan perahu, jalan-jalan ke kebun teh, mengunjungi Batu Cinta hingga Pulau Asmara. Menarik bukan?

About Bas