Saturday , October 31 2020

Sebelum Terlambat, Coba Kenali 7 Tanda Hubungan Tidak Sehat dan Hanya Jadi Toxic Ini

Banyak yang menilai bahwa suatu hubungan dapat memberikan dampak positif pada masing-masing individu. Tapi nyatanya, hubungan juga bisa jadi toxic apabila hubungan tersebut tidak sehat. Hubungan yang sehat dapat membuatmu lebih berkembang, percaya diri, optimis, dan bahagia tentunya. Dan sebaliknya, hubungan yang tidak sehat justru akan menjadi racun yang mengacaukan hidupmu, membuatmu jatuh, dan bahkan membuatmu merasa tidak berharga.

Lalu, bagaimana mengetahui apakah hubungan yang kamu miliki sekarang tergolong sehat atau tidak? Untuk memuaskan rasa penasaranmu, pada artikel ini halokawan akan membagikan tanda-tanda bahwa suatu hubungan sudah tidak sehat.

Langsung saja, berikut ini 7 tanda hubungan yang tidak sehat.

1. Kalian Sering Bertengkar

 

masterfile.com 

Untuk tanda yang pertama ini pasti mudah sekali untuk dicek, ya. Salah satu tanda hubungan yang tidak sehat adalah seringnya cek-cok satu sama lain. Tapi, ini bukan berarti kalian tidak boleh berdebat, ya. Berdebat tentu saja boleh. Hanya saja, tidak sampai berkali-kali. Jangan sampai hal-hal kecil dan sepele jadi bahan perdebatan antara kamu dengan pasanganmu.

Kalau ternyata kalian sering melakukannya, maka sebaiknya kalian pikirkan kembali apakah hubungan kalian perlu dilanjutkan atau tidak. Mengapa? Masih pacaran saja sudah sering bertengkar, bagaimana kalau sudah menikah, yang mana saat sudah menikah masalah akan semakin banyak dan kalian semakin mengenal karakter asli masing-masing. Dan tentu saja, dengan seringnya berdebat menandakan bahwa kalian tidak sejalan dalam banyak hal.

2. Memiliki Banyak Rahasia

Salah satu kunci langgengnya suatu hubungan adalah keterbukaan. Sebab, akan lebih mudah bagi seseorang untuk menerima orang lain apabila orang tersebut bersikap jujur dan terbuka. Nah, ini saatnya kamu evaluasi hubunganmu dengan pasangan. Apakah kamu sering menyembunyikan sesuatu? Apa kamu sering berbohong? Atau  justru, pasanganmu yang sering melakukannya?

Percayalah, kurangnya keterbukaan menandakan kurangnya kepercayaan satu sama lain. Bagaimana kalian bisa menghadapi rintangan yang menghadang di depan sana apabila tidak saling percaya? Bagaimana bisa membangun hubungan yang kuat apabila pondasinya saja tidak ada?

3. Melemahkan Satu Sama Lain, Adanya Bikin Down!

Memiliki partner atau pasangan diharapkan dapat menguatkan satu sama lain, saling mendukung, mengisi kekurangan, dan maju bersama-sama. Tetapi, bagaimana jika yang terjadi justru sebaliknya? Bagaimana jika pasangan tidak setuju dengan impianmu? Bagaimana jika pasangan meremehkan hal-hal yang kamu suka? Pasangan yang seperti itu justru akan membuatmu ragu dan tidak bergairah lagi dengan impianmu.

Kalau kamu memiliki pasangan seperti itu, pikirkan lagi apakah hubungan kalian dapat dipertahankan atau sebaliknya, dihentikan. Bicarakan dengan pasanganmu mengenai apa yang kamu inginkan dan cita-citamu. Tetapi, apabila dia tetap tidak setuju dengan alasan yang tidak masuk akal, maka jangan takut kehilangan seseorang untuk orang yang lebih baik.

4. Pasangan Terlalu Posesif, Yakin Masih Suka?

Mungkin menurut kebanyakan cewek cowok posesif itu sweet, ya. Iya sih, sweet banget kalau di drama Korea. Tapi di realita, keposesifan cowok itu terkadang menjengkelkan, girls. Hubungan yang sehat seharusnya sama-sama memahami bahwa masing-masing juga punya lingkungan dan dunia sendiri. Salah satu pihak tidak boleh menyimpan pasangannya hanya untuk diri sendiri.

Ingat, pasangan adalah seorang partner, sehingga seseorang tidak bisa memaksa pasangannya untuk memberikan semua perhatian dan waktunya. Kalau pasanganmu sudah begitu, coba perhatikan lagi, apakah itu tanda sayang atau hanya keegoisannya yang ingin mengontrol kehidupanmu?

5. Pasangan Suka Manipulasi

Tidak semua orang dapat melihat bahwa pasangannya adalah seorang manipulator. Terlebih kaum perempuan yang perasaannya terlalu halus dan gampang jatuh karena pujian. Tapi girls, banyak sekali kamu adam yang manipulator di luar sana. Jangan sampai pasanganmu salah satunya, ya.

Manipulator ini adalah mereka yang suka memainkan perasaanmu. Kalau dia merasa perhatianmu berkurang kepadanya, dia akan mencoba berbagai trik untuk menarikmu, misalnya dengan memberikan ber-ton-ton perhatian atau pujian. Tetapi, apabila kamu sudah mulai luluh, dia akan merasa besar kepala dan memperlakukanmu seperti biasa, atau bahkan karena sombongnya dia bisa berubah cuek dan jual mahal. Bikin ilfeel memang, ya.

6. Pasangan Yang Suka Bikin Cemburu

Kalau pasanganmu suka sengaja bikin kamu cemburu, itu tandanya dia masih anak-anak. Pasangan semacam ini melakukannya untuk membuatnya selalu berharga di matamu. Kalau dia suka menunjukkan foto-fotonya dengan cewek lain, sebenarnya dia ingin menyampaikan kalau dia punya banyak pilihan, bukan kamu aja. Mungkin buat kamu yang sudah cinta banget bakal merasa sakit oleh perlakuan pasanganmu yang seperti itu, tetapi kalau kamu sudah paham trik-trik dari cowok sejenis ini, bukan sakit yang akan kamu rasakan, melainkan ilfeel. He doesn’t deserve you.

7. Kamu Merasa Tidak Bahagia

Nah, salah satu tanda hubungan tidak sehat adalah adanya pihak yang merasa tidak bahagia dalam hubungan tersebut. Tapi, bukan berarti hubungan akan selalu membawa kebahagiaan ya. Tentu saja itu tidak mungkin dan tidak realistis. Setidaknya, suatu hubungan akan membuatmu merasa aman dan merasa dicintai.

Tapi, apabila yang kamu rasakan sebaliknya, maka ini saatnya kamu tanyakan pada dirimu sendiri. Apa yang salah dengan hubungan kalian? Apakah kamu atau pasanganmu yang salah? Kalau kamu sudah menemukan penyebabnya, kamu dapat memutuskan apakah akan memperbaikinya atau justru mengakhirinya.

Bagaimana? Apakah hubunganmu memiliki salah satu atau bahkan beberapa dari tanda-tanda di atas? Kalau iya, maka tidak ada salahnya kamu memikirkan kembali bagaimana ke depannya. Jangan sampai kamu menyia-nyiakan energi dan waktumu hanya untuk hal yang sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *