Wednesday , October 21 2020

Saking Dahsyatnya, 5 Fenomena Ini Diprediksi Mampu Menghancurkan Bumi

Bumi kita yang begitu indah nan hijau, suatu hari nanti akan musnah dengan adanya peristiwa kiamat. Namun entah, kapan terjadinya dan seperti apa kiamat itu, tak ada seorang pun yang mengetahuinya.

Para ilmuwan sendiri, memprediksikan ada beberapa fenomena astronomi yang dianggap berpotensi menghancurkan alam. Fenomena-fenomena ini tentunya sangat mengerikan, begitu dahsyat sehingga bila benar-benar terjadi maka akan mengakhiri riwayat manusia di bumi ini.

  1. Tabarkan Galaksi Andromeda dengan Bimasakti

Pernah kebayang nggak, jika galaksi tempat kita hidup yakni galaksi Bimasakti bertabrakan dengan galaksi tetangganya, Adromeda? Duh, pastinya sungguh mengerikan! Menurut para ilmuwan, sekitar 4 miliar tahun kemudian, kedua galaksi tersebut berkemungkinan bertabrakan dan akan membentuk sebuah galaksi baru.

Lalu bagaimana dengan kondisi bumi? Diperkirakan bahwa bumi tidak akan hancur seketika karena letaknya yang berjauhan dari pusat galaksi. Namun dampak lain, bobot matahari diduga akan semakin besar sehingga menyebabkan suhu di bumi akan meningkat drastis. Hal inilah yang berisiko membuat bumi jadi semakin kekeringan dan lama-kelamaan terancam punah.

  1. Ledakan Supernova dari Bintang WR 104

Kamu mungkin belum pernah mendengar nama bintang ini. Ya, bintang WR 104 memang masih baru ditemukan beberapa tahun lalu. Tepatnya di tahun 1998 oleh seorang ahli astronomi asal Sydney bernama Peter Tuthill.

Ilmuwan lain, yakni Grant Hill menjelaskan bahwa letak bintang ini sekitar 8 ribu tahun cahaya dari bumi. Apabila bintang tersebut meledak, maka diperkirakan efeknya akan mencapai bumi. Ledakan supernova dari bintang WR 104 diduga akan menghasilkan sinar gamma yang mampu meluluhlantakan alam kita.

  1. Jatuhnya Asteroid ke Bumi

Sekitar 66 juta tahun lalu, sebuah asteroid diduga telah menambrak bumi sehingga mengakibatkan kondisi bumi saat itu menjadi pora-poranda. Iklim dunia jadi kacau, zaman es berakhir. Bahkan beberapa spesies binatang musnah seketika.

Peristiwa tersebut tentunya sangat menakutkan. Namun yang lebih ngeri, para ilmuwan mengungkapkan bahwa mereka mendeteksi adanya asteroid bernama Toutaris 4179 yang sedang berputar mengelilingi tata surya. Posisi asteroid ini tampak semakin dekat dengan planet bumi. Ada dugaan bahwa asteroid tersebut bakal menambral bumi sekitar tahun 2069.

Wah, semoga saja tidak terjadi ya!

  1. Ledakan Termonuklir Bintang T-Pyxidis

Beberapa tahun lalu, teleskop ruang angsaka Hubble menangkap gambar sebuah bintang bernama T-Pyxidis. Bintang ini memiliki cahaya sangat terang menyerupai cahaya dari kumpulan bintang di suatu galaksi.

Tentunya, bila bintang T-Pyxidis meledak maka akan terjadi ledakan maha dahsyat di luar angkasa. Ilmuwan memperkirakan jika kekuatan ledakan bintang tersebut setara dengan 20 miliar megaton TNT atau bisa disebut sebagai ledakan termonuklir.

Jarak bintang T Pyxidis dari bumi sendiri memang cukup jauh, yakni sekitar 3260 tahun cahaya. Namun demikian, bila bintang ini meledak efeknya lapisan ozon bumi akan hancur. Kondisi tersebut akan membuat bumi jadi sangat panas dan berisiko mengalami kemusnahan.

  1. Berakhirnya Aktivitas Matahari, Bumi Membeku atau Menjadi Debu?

Fenomena selanjutnya yang berpotensi memusnakan umat manusia yakni berakhirnya aktivitas matahari. Ini mungkin terdengar sedikit aneh. Tapi ada beberapa ilmuwan mengungkapkan bahwa matahari bisa saja mengalami penurunan aktivitas karena usianya yang sudah sangat tua. Apabila hal tersebut terjadi, maka ada 2 hal yang diprediksikan akan terjadi.

Pertama, bumi berkemungkinan akan mengalami zaman es seperti yang pernah terjadi di abad 17. Menurut ilmuwan bernama Prof. Valentina Zharkova, kondisi tersebut mungkin akan terjadi sekitar tahun 2030 mendatang. Dimana prosesnya terjadi secara berangsur-angsur, dimulai dari zaman es mini hingga lama-kelamaan bumi menjadi membeku.

Kedua, apabila ukuran matahari menyusut maka akan terjadi efek gaya gravitasi yang amat besar. Lapisan terluar dari matahari akan naik hingga ke orbit planet Mars dan membentuk bintang baru berwarna merah. Sementara kondisi planet bumi terancam menjadi abu dan musnah seketika.

Hmm, jadi itulah Gengs beberapa fenomena mengerikan yang diprediksi bisa menghancurkan dunia. Duh, bikin merinding ya? Semoga aja peristiwa diatas tidak akan pernah terjadi.

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *