Ketika sahur biasanya seseorang ingin yang serba praktis. Pasalnya, banyak orang yang dilanda rasa malas ketika bangun di jam-jam sahur. Akibatnya mereka pun akhirnya mengkonsumsi makanan yang mudah dimasak, salah satunya seperti mie instan.

Berdasarkan beberapa fakta yang ada, masyarakat Indonesia sangat gemar mengkonsumsi jenis makanan yang satu ini. Selain cepat dan praktis, mie instan tergolong sebagai jenis makanan yang merakyat karena harganya yang murah. Konsumsi mie instan di Indonesia pun dapat dikatakan cukup tinggi.

Sedikit Gizi

Seorang dokter Spesialis Gizi pernah menyebutkan bahwa mie adalah jenis makanan darurat yang sangat tidak disarankan jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Pasalnya, di dalam mie tidak mengandung kelengkapan gizi yang berguna untuk menutrisi tubuh.

Namun, Anda perlu waspada jika terlalu sering mengkonsumsi mie instan. Karena sedikit sekali mengandung protein, mengkonsumsi mie instan bisa menyebabkan tubuh menjadi tidak memiliki tenaga ketika sedang menjalankan ibadah puasa.

Cepat Lapar

Hal tersebut diakibatkan karena mie instan terbuat dari tepung sehingga sangat mudah dicerna. Dalam waktu beberapa menit saja perut Anda akan terasa lapar kembali. Selain membuat Anda cepat lapar kembali, mie instan bisa membuat tubuh Anda menjadi lemas dan tidak bertenaga sehingga kekuatan Anda untuk melakukan banyak aktivitas pada akhirnya dapat menurun.

Salah satu cara jika Anda benar-benar terpaksa mengkonsumsi mie instan, sebaiknya jangan lupa untuk menambahkan telur dan sayuran. Telur merupakan protein dan sayuran merupakan serat. Kedua jenis makanan ini dapat membantu Anda agar dapat lebih bertenaga ketika menjalani ibadah puasa. Menu sahur sebaiknya yang kita konsumsi adalah makanan dengan kandungan gizi yang seimbang sama halnya jika kita makan sehari-hari selain bulan Ramadhan.

Selama berpuasa memang sangat baik dan dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi karena makanan yang mengandung protein lambat dicerna. Rasa lapar yang Anda alami pun jadi tertunda. Lengkapi juga menu sahur Anda dengan biji-bijian yang memiliki karbohidrat kompleks dan tinggi kandungan seratnya.

Jika Anda adalah salah seorang penggemar mie instan, maka sebaiknya mie makanlah mie instan dengan dengan tambahan makanan lainya yang mengandung protein dan vitamin lainya agar kebutuhan gizi Anda tercukupi.