Wednesday , October 21 2020

Saatnya Berubah, Karena 10 Pedoman Gaya Hidup Sehat Ini Sudah Nggak Laku Lagi

Semua orang ingin hidup sehat. Tapi, apa yang kita pikir terbaik (dulunya), ternyata kini tak berlaku lagi. Apa sajakah aturan gaya hidup sehat yang sudah dianggap jadul tersebut?! Berikut detilnya:

1.Tidur 8 jam sehari

Hasil riset yang diadakan American Academy of Sleep Medicine membuktikan seseorang hanya butuh tidur 7 jam supaya tubuhnya bekerja efisien dan lebih berenergi di hari berikutnya.

2.Sarapan seperti raja

Kamu mungkin sering mendengar ungkapan: “sarapan seperti raja, makan siang seperti anak raja, dan makan malam seperti pengemis.” Faktanya, jumlah dan kualitas menu sarapan sebenarnya tergantung dari kebutuhan tubuh setiap orang. Makanan hanya ‘berguna’ jika kamu benar-benar menginginkannya. Karenanya kalau nggak sempat sarapan, it’s ok, minum air saja.

3.Jogging di pagi hari

Jogging sesungguhnya tetap bermanfaat jika dilakukan pagi ataupun malam hari. Jadi kalau kamu kesusahan bangun, jangan paksakan, apalagi jogging di pagi hari harus dilakukan 40 menit setelah sarapan. Bila tidak demikian, kamu bisa pingsan, sakit kepala, atau detak jantung bisa tidak teratur.

4.Hindari makanan manis

Makanan bercita rasa manis sebenarnya baik untuk tubuh manusia karena kandungan glukosanya merupakan elemen penting bagi fungsi otak. Oleh sebab itu, jangan hindari makanan manis sama sekali. Sebaliknya, batasi konsumsinya. Contoh, saat minum teh/ kopi jangan pakai gula, atau pilih buah kering ketimbang permen.

5.Olahraga hingga ‘kesakitan’

Sebuah ungkapan menyuarakan “jika tubuh tidak terasa sakit keesokan harinya, itu artinya olahragamu kurang maksimal.” Faktanya, sakit otot setelah olahraga justru muncul bila ketegangan dalam tubuh terlalu besar. Kram otot juga bisa jadi pertanda adanya jaringan yang terluka. Kalau ini terjadi, lebih baik hentikan sementara latihannya hingga sembuh total.

6.Jangan minum air selagi makan

Air sangat penting untuk melancarkan sistem pencernaan. Jika tubuh kurang air, maka lambung akan mengambilnya dari air liur. Oleh sebab itu minum air selagi makan boleh dilakukan agar lambung lebih mudah mencerna dan menyerap makanan. Tapi jangan kebanyakan juga ya biar nggak kekenyangan air.

7.Makan harus di jam yang sama setiap hari

Tenang guys, di zaman now ini, kamu nggak harus makan kalau belum lapar. Aturan yang berlaku sekarang adalah makanlah ketika lapar. Tubuh yang akan memberikan sinyal kapan saatnya untuk itu.

Dan dibanding makan 3 kali sehari, lebih baik mulai sekarang, kamu makan 5-6 kali porsi kecil dalam sehari.

8.Sikat gigi setelah makan

Mungkin ada begitu banyak jumlah maupun jenis makanan yang dikonsumsi seharian ini. Belum lagi yang rasanya asam, wah-wah bila dibiarkan, itu bisa merusak email gigi.

Sayangnya, menggosok gigi langsung setelah makan justru dapat memperparah kerusakannya. Di samping itu, terlalu sering menyikat gigi juga bisa membuat gusi sakit dan berdarah. Karenanya, cukup sikat gigi di pagi dan malam hari sebelum tidur.

9. Roti-rotian itu jahat

Roti mengandung semua serat yang dapat mengikat kolesterol dan asam empedu sehingga ke luar dari tubuh. Di samping itu, roti juga penting untuk kesehatan sistem pencernaan. Tentu saja ini tak berarti kamu harus makan banyak-banyak, 200gr sehari sudah cukup.

10.Minum 2 liter air per hari

Jumlah air yang diminum setiap hari seharusnya konsisten dengan berat badan, yakni 30ml/ kg. Selain itu, beberapa faktor seperti cuaca, kelembaban, dan olahraga juga perlu dipertimbangkan karena pada saat itu, tubuh butuh lebih banyak air.

Di samping itu, untuk mempertahankan keseimbangan air dalam tubuh, bukan hanya air saja yang masuk hitungan, teh, kopi, jus, dan cairan lain juga termasuk.
So, itu tadi 10 pedoman gaya hidup sehat yang dianggap sudah kadaluarsa.

About megsaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *