Rumus Luas Lingkaran Atap Kolam Renang Ronaldo

 

Supaya belajar matematika itu menyenangkan, mari kita praktekan mencari luas lingkaran dengan rumus luas lingkaran dengan contoh atap untuk kolam renang Ronaldo.

Ronaldo sedang membeli atap dari kolam renangnya yang berbentuk lingkaran dengan diameter 30 meter. Rencananya atap kolam renang Ronaldo akan terbuat dari kain Sutra.

Jika harag 1 meter persegi kain Sutra adalah 1 juta rupiah, maka berapakah Ronaldo harus mengeluarkan uang untuk membeli atap yang terbuat dari kain Sutra tersebut agar bisa menutupi kolam renang Ronaldo yang berbentuk lingkaran?

Mari kita bantu Ronaldo dengan menggunakan rumus luas lingkaran.

Karena atap kolam renang Ronaldo berbentuk lingkaran, maka untuk mengetahui luas atap kolam renang Ronaldo kita akan menggunakan rumus mencari luas lingkaran.

Rumus Luas Lingkaran : Luas = π r2

π = 22/7 = 3,14

d = diameter lingkaran = 30 meter.

r adalah jari-jari lingkaran yang belum kita ketahui.

Untuk mencari nilai r adalah:

r = 1/2 x d

r = 1/2 x 30 meter

r = 15 meter

jadi jari-jari atap kolam renang Ronaldo = 15 meter.

Maka untuk mencari luas atap kolam renang Ronaldo :

L = π r2

L = 3,14 x 15 x 15

L = 3,14 x 225

L = 706,5

Jadi Luas atap Kolam Renang Ronaldo yang berbentuk lingkaran adalah 706,5 meter persegi.

Jadi  Jika diketahui harga 1 meter persegi kain Sutra adalah 1 juta Rupiah maka Ronaldo harus membeli atap dari kain Sutra seluas 706,5 meter persegi x 1 juta Rupiah = 706,5 juta Rupiah.

Nah dengan menggunakan  Rumus Luas Lingkaran kalian telah berhasil membantu Ronaldo menentukan berapa harga yang harus Ronaldo keluarkan untuk membeli atap kolam renang dari kain Sutra seluas 706,5 meter persegi.

Matematika asyik bukan ?…….