Google sangat produktif dan inovatif dalam menciptakan sesuatu. Bisakah anda sebutkan apa saja produk yang berkaitan dengan teknologi, yang telah Google keluarkan dan perkenalkan kepada khalayak banyak? Dan tentunya juga, produk yang telah Google keluarkan seringkali menuai pujian dan kesuksesan. Google memang pintar memanfaatkan selera yang sedang terjadi di kalangan pengguna teknologi dan mereka bisa mengambil laba yang setara atau bahkan lebih besar dari budget-nya itu sendiri. Ya, itu semua berkat kegigihan mereka yang tak henti memberikan teknologi terbaik untuk membangun dunia lebih hebat lagi.

Namun tentunya, setiap teknologi pasti memiliki atau pernah mengalami titik bawah. Kadangkala, teknologi menjadi sesuatu yang sangat sensitif dan mudah rusak. Sebut saja kerusakan yang sering dialami banyak orang dalam gadget atau smartphone-nya, yaitu lagging di layar smartphone. Ketika terjadi lag, seakan seluruh aktivitas yang telah anda kerjakan di smartphone hilang antah berantah. Bagaimana mengatasinya, ya?

Selain sistem operasi yang merupakan ‘robot kecil’, yang sekarang telah dibenamkan di beberapa ponsel seperti Samsung, Lenovo, dan sebagainya, Google juga telah membuat robot yang menyelesaikan masalah lag dan akan mengatasi ketidakmampuan smartphone kamu dalam beroperasi sehingga membuat layar smartphone yang kamu punya tidak bisa bekerja.

Perusahaan mega yang dibuat Sergey Brin dan Larry Page setidaknya telah merancang robot yang bisa mengatasi masalah lag dalam smartphone anda. Google sendiri telah bekerjasama dengan perusahaan teknologi asal Finlandia, yaitu OptoFidelity, yang akan membantu Google membuat robot unik tersebut.

Lewat video yang telah diunggah oleh Francois Beaufort, salah satu insinyur yang bekerja di Google, robot OptoFidelity terlihat terus menekan layar yang mengalami lag atau kerusakan. OptoFidelity sepertinya terangsang jika ada sinyal rusak dari sebuah layar smartphone, maka robot OptoFidelity langsung membenarkannya secara teliti dan telaten.

Lebih hebatnya lagi, robot OptoFidelity juga mampu mengecek seluk beluk apa yang menyebabkan layar smartphone bisa mengalami lag dan mengalami kerusakan. Mulai dari sistem operasinya, kemudian software, lalu hardware, jika perlu seluruh komponen itu diteliti untuk menemukan apa yang menyebabkan smartphone bisa menjadi rusak. Sangat hebat, bukan, pembaca?

Untuk pemasaran robot OptoFidelity sendiri, Google dan OptoFidelity selaku pembuat dan penggagas belum bisa menentukan kapan. Mereka juga belum memberi kepastian apakah robot ini akan dipasarkan atau tidak. Namun yang pasti, jika memang robot ini dipasarkan, robot ini akan menimbulkan pro-kontra yang akan terjadi di sekitar masyarakat. Menurut para ahli, dengan mengeluarkan robot yang hanya bisa menangani masalah sepele seperti itu, akan membuang waktu dan tenaga para pengguna teknologi, juga para pekerja yang terlibat. Mereka menilai inovasi seperti ini harusnya dimasukkan bersama hal-hal penting lainnya, bukan hanya untuk membenarkan lag pada smartphone.