Sunday , October 25 2020

Rencana Kedepan Setelah Lulus Kuliah, Persiapkan Sebelumnya

Akhirnya kita bisa menikmati apa yang mereka bilang lulus kuliah! Selfie dan groufie dengan toga kemudian upload sana-sini. Senang, terbalas semua perjuangan dan peluh selama beberapa tahun. Akhirnya nama kita punya embel-embel, sarjana.

Eiitss, senangnya Cuma sampai tiga bulan, kenapa? Bertubi-tubi pertanyaan yang menghantam dari berbagai arah. “Kerja dimana? Kapan kerja? Udah ngelamar dimana aja?”, awalnya mungkin kita akan balas, “Santai, masih menikmati liburan ala sarjana baru” Tapi inget, jangan terlalu terlena dengan ‘liburan’ yang kamu nikmati.

Biasanya memasuki bulan ketiga kita udah mulai mikir, mau buka usaha, nerusin S2, atau kerja dimana. Dan pilihan ketiga adalah pilihan umum yang akan terlintas dalam benak kita. Masa iya udah lulus masih mau nyusahin orangtua?

Tapi gimana caranya cepat diterima kerja? Mau kerja dimana? Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebelum lulus untuk menghindari terjangan-terjangan pertanyaan-pertanyaan di atas:

1. Aktif di Organisasi

Wah semua mahasiswa kebanyakan memang aktif di organisasi kampus, mau itu mapala, klub drama, klub menulis dan lainnya. Kenapa harus aktif? Biasanya di organisasi-organisasi kampus kalian akan menemukan alumni kampus yang masih aktif.

Alumni itulah yang menjadi target kamu, sebelum kamu selesai mengerjakan skripsi, coba dekati mereka dan tanya jika ada lowongan pekerjaan di kantor mereka. Banyak kok yang ternyata satu kantor tapi dulunya satu klub organisasi di kampus

2. Bikin Kartu Nama Sesuai Dengan Keahlianmu

Nah kalau kalian sudah aktif di klub kampus tertentu, buatlah kartu nama pribadi kalian. Berdasarkan kemampuan dan skill kalian. Mungkin penerjemah, jasa membuat web design, MC, Event Organizer, dan lainnya.

ika nomor satu tadi ternyata tidak lancar, kalian kan bisa memberikan kartu nama kalian ke alumni-alumni tersebut, sekalian promosi untuk freelance dan membantu kalian membangun jaringan sebelum lulus.

3. Aktif Ikut Seminar di Luar Kampus

Nah, ikutan seminar di luar kampus juga bisa memperluas jaringan kalian, di sinilah gunanya kartu nama kalian. Kalau seminarnya formal lebih bagus lagi, tapi jika seminar dengan tema informal kalian bisa ngobrol dengan speakernya, berikan kartu nama kalian. Setidaknya mereka tau kalian aktif, dan semoga mereka ingat jika mereka membutuhkan sesuatu yang berkaitan dengan skill kalian

4. Sering-Seringlah Ikut Menjadi Volunteer

Sekali lagi, ini juga gunanya untuk membesarkan jaringan kalian. Tidak masalah jika memang Volunteer ternyata ada di luar kota mu, hitung-hitung jalan-jalan sekalian.

Menjadi volunteer juga mendidik kamu untuk bekerja sebagai team, tidak peduli jika nantinya kamu ditaruh di filed mana. Konsumsi kah, atau LO kah, atau mungkin front gate. Yang jelas jika kalian memiliki pengalaman menjadi volunteer, untuk event-event yang besar kalian bisa menjual pengalaman kalian sebelumnya.

Biasanya jika kalian menjadi volunteer event besar, pengalamannya juga besar dan orang-orang yang menjadi supervisor kalian juga bukan sembarang orang.

5. Jaga Hubungan Baik Dengan Dosen

Tidak sedikit mereka yang dekat dengan para dosen juga mendapatkan rekomendasi ke kantor tertentu. Biasanya sang dosen punya link yang luas, tapi ingat saat mendekati dosen untuk mencarikan lowongan jangan berlebihan ya? Jangan sampai kalian dicap sebagai penjilat.

6. Kontak Kembali Teman-Teman Lama

Nah yang namanya reunian biasanya tidak akan semua teman sekelas zaman SMA dulu yang akan hadir. Tapi kalau tidak ada embel-embel reunian biasanya banyak yang akan datang, berdasarkan pengalaman sih kebanyakan seperti itu.

Kalo judulnya seperti ini bukan Cuma kerjaan yang akan kalian dapat sebelum lulus, tapi juga pendamping saat wisuda nanti. Gak sedikit kan yang ternyata cinlok saat reunian, makanya saat reunian tampil lah sebaik mungkin.

Itulah hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan sebelum kamu lulus kuliah, kalau ada tambahan, silahkan isi di kolom komentar di bawah ya.

About Bas