Menurut penata gaya dan penulis buku Color Your Style, David Zyla,”walau lemarimu berisi banyak pakaian beragam warna, namun selalu ada warna yang paling kamu sukai dan yang membuatmu PD ketika memakainya. Nah warna inilah yang merefleksikan karakermu.” Jadi, kira-kira yang mana nih warnamu kawan?!

1.Hitam

Menurut hasil riset, hitam dianggap sebagai lambang prestige, kekuasaan, keseriusan, dan inteligensi. Oleh sebab itu, sebagian besar lulusan universitas di Eropa mengenakan jubah hitam saat wisuda.

Penyuka warna hitam juga dianggap ambisius, punya tujuan, namun sensitif. Sebagai pemimpin, ia mungkin mudah emosional dan tersentuh walau perasaan ini seringkali disembunyikan. Warna hitam juga membantu mengalihkan fokus sekitar dari penampilan ke kepribadian, mengingat kualitas inilah yang terpenting dalam diri seseorang.

2.Coklat

Coklat merupakan warna tanah – sesuatu yang kuat, stabil, dan dapat diandalkan. Ya seperti itulah kepribadian penyuka warna ini. Selain tenang, stabil, dan kuat dalam segala hal, karakter lain penyuka coklat adalah konservatif, rasional, pandai, dan menghormati orang yang lebih tua.

3.Biru

Jurnalis sekaligus psikolog, Lisa Johnson Mandell, berpendapat biru merupakan warna terbaik ketika interview karena menciptakan kesan percaya diri dan dapat diandalkan. Karenanya, banyak seragam kerja yang menggunakan warna ini.

Hasil penelitian dari British Columbia menemukan biru yang gradasinya lebih gelap juga memiliki efek menenangkan. Tak hanya diasosiasikan dengan intelegensi, kepercayaan, efisiensi, dan kedamaian, biru sering dipakai oleh mereka yang baik, simpatik, sopan, serta pemalu. Penyuka warna biru juga berpotensi menjadi orang tua hebat atau karyawan teladan.

4.Hijau

Para pakar dari Universitas Amsterdam menyimpulkan hijau bisa menularkan mood baik dari diri seseorang terhadap sekitarnya. Tak jarang penggemar warna hijau juga stabil secara finansial, peduli, baik, dan lembut.

5.Ungu

Di masa lampau, ungu erat kaitannya dengan bangsawan dan masyarakat kelas atas. Namun di zaman modern, semua orang bisa memakainya, terkhususnya yang kreatif, berwawasan, dan mencintai seni. Karakter penggemar warna ini juga emosional, sensitif, pemimpi, penuh hasrat, tak mudah ditebak, serta suka mistis.

6.Merah

Karena merah melambangkan hasrat dan kekuasaan, maka kenakan jika ingin mengejar atau mendekati seseorang, terutama gebetan pria. Bagaimanapun juga semua warna cerah memang selalu menarik perhatian karena kesannya yang menyenangkan dan bikin semangat. Mereka yang menggemarinya biasanya mudah gembira, namun juga sedikit egois.

7.Kuning

Kuning merupakan warna bahagia, matahari, dan tawa. Berbagai studi menjumpai kuning bisa merangsang produksi serotonin di otak, mempercepat metabolisme tubuh, serta mendongkrak mood. Lebih dari itu, warna ini juga meningkatkan konsentrasi dan perhatian, makanya dipakai untuk rambu-rambu lalu lintas. Mereka yang menyukainya umumnya aktif, kreatif, pemimpi besar, dan berjiwa petualang.

8.Putih

Putih berkesan bebas, murni, polos, dan sederhana. Oleh karenanya banyak yang mengenakan warna ini ketika mulai hidup baru/ menikah. Penggemarnya umumnya sangat rapi dan terorganisir dalam segala hal.

9.Pink

Pink cerah mungkin lebih cocok untuk anak-anak. Bagi yang sudah dewasa, gradasi yang lebih soft lebih cocok untuk menonjolkan feminitas. Warna soft pink juga dianggap kalem, hangat, romantis, optimis, serta budiman. Maka dari itu, beberapa penjara mengecat dindingnya menggunakan warna ini untuk meredakan perilaku agresif tahanan.

10.Oranye

Selain hangat, ceria, kreatif, dan atraktif, oranye selalu memberi kesan ‘pesta’. Mereka yang suka warna ini umumnya optimis, enerjik, ceria, serta suka perubahan.

11.Abu-abu

Terakhir adalah abu-abu. Warna suam-suam ini dianggap seimbang karena tidak gelap ataupun terang. Mereka yang bajunya kebanyakan abu-abu umumnya tak suka menonjol atau menarik perhatian.