Saturday , October 24 2020

Pilih Cara Alami atau Medis Untuk Menghilangkan Flek Hitam Gigi?

Gigi yang terlihat putih dan bersih tentu menjadi keinginan dari semua orang. Namun, untuk mendapatkan gigi yang putih dan bersih nampaknya tidak semudah yang Anda bayangkan. Banyak kebiasaan buruk yang menjadi penyebab flek hitam pada gigi.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Gigi Secara Alami

Menghilangkan noda atau flek hitam pada gigi dapat Anda lakukan dengan menggunakan beberapa bahan alami yang cukup mudah untuk ditemui.

Berikut beberapa cara alami yang mampu menghilangkan flek hitam pada gigi:

1. Baking Soda

Sodium Bikarbonat atau yang lebih dikenal dengan nama baking soda merupakan peralatan pembuat kue yang selama ini sudah tidak asing untuk diketahui. Dimana kandungan zat aktif didalamnya mampu digunakan untuk mengangkat noda atau flek hitam pada gigi.

Caranya:

  • Siapkan 2 sendok makan baking soda.
  • Campur dengan pasta gigi yang Anda gunakan.
  • Gosokkan pada gigi seperti Anda menggosok gigi biasanya.
  • Setelah itu, kumur dengan air bersih. Anda bisa melakukan cara ini dua kali seminggu agar flek hitam pada gigi yang membandel terangkat dengan sempurna.

2. Arang

Sifat penyerap yang terkandung di dalam arang sangat baik untuk menghilangkan noda atau flek hitam pada gigi. Bahkan karena sifatnya tersebut, arang sering digunakan sebagai campuran bahan pembersih gigi untuk menghilangkan noda-noda bekas nikotin, soda, bahkan sisa makanan yang menempel. Anda bisa menggunakan arang kayu atau arang bambu untuk menghilangkan flek hitam pada gigi.

Caranya:

  • Rebus arang kayu atau arang bambu yang sudah Anda siapkan.
  • Campur dengan baking soda secukupnya.
  • Oleskan pada gigi secara merata, hindari untuk menggosoknya karena dapat menipiskan enamel gigi.
  • Diamkan selama 5 menit, kemudian kumur dengan air bersih.

3. Garam

Garam memiliki kandungan antibakterial yang mampu mencegah gigi berlubang. Selain itu, kandungannya tersebut juga baik untuk membersihkan gigi secara menyeluruh hingga mengangkat noda atau flek hitam pada gigi. Caranya:

  • Ambil 1 sendok makan garam dapur.
  • Campurkan dengan 1 gelas air.
  • Gunakan sebagai obat kumur setiap hari.
  • Selain itu, Anda juga bisa menggosokan langsung garam ke bagian gigi yang terdapat flek hitamnya.

4. Kulit Jeruk

Jika selama ini Anda selalu membuang kulit jeruk karena tidak tahu akan manfaatnya. Maka kali ini manfaat kulit jeruk dapat Anda gunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam pada gigi.

Caranya:

  • Gosokkan kulit jeruk pada gigi secara menyeluruh.
  • Diamkan beberapa menit kemudian kumur dengan air bersih.
  • Atau anda bisa menggunakannya sebelum menggosok gigi.

5. Siwak

Siwak adalah batang atau ranting pohon yang digunakan untuk membersihkan gigi di zaman Nabi. Karena ranting pohon ini memiliki khasiat yang cukup tinggi untuk menjaga kebersihan gigi. Maka Anda pun bisa menggunakannya untuk menghilangkan flek hitam pada gigi.

Caranya:

  • Cukup gosokkan Siwak ke bagian gigi secara rutin.
  • Untuk yang beragama muslim, maka Anda bisa menggunakannya sebelum melaksanakan sholat karena hukumnya adalah sunnah.

6. Strawberry

Buah yang memiliki tampilan cantik ini memiliki kandungan asam askorbat dan asam malat yang mampu membersihkan flek hitam yang menempel pada gigi. Anda bisa langsung mengkonsumsinya atau bisa juga dengan menggosokkan strawberry pada gigi.

Caranya:

  • Siapkan 1 buah strawberry yang sudah matang.
  • Haluskan buah stroberi dan bisa ditambahkan dengan sedikit baking soda.
  • Gosokkan pada gigi dengan menggunakan jari atau sikat gigi secara merata.
  • Setelah itu, Anda bisa berkumur dengan air bersih.

7. Rajin Menggosok Gigi

Selain dengan cara di atas, menghilangkan flek hitam pada gigi juga dapat Anda lakukan dengan rajin menggosok gigi setiap hari. Usahakan selalu menggosok gigi setelah selesai makan atau minimal 2 kali sehari baik di pagi maupun di malam hari.

Menghilangkan Flek Hitam Pada Gigi Secara Medis

Sebagian orang tidak yakin cara alami mampu menghilangkan flek hitam pada gigi atau dirasa kurang memberikan hasil yang cepat / optimal.

Sekarang banyak orang yang memilih cara medis untuk menghasilkan gigi yang bersih, putih dan terhindar dari noda-noda hitam.

Cara medis dirasa lebih cepat dan praktis namun tentu saja Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal antara Rp 300.000 s/d jutaan rupiah untuk satu kali membersihkan Gigi. Dan jika Anda adalah seorang perokok, maka setidaknya setiap 6 bulan sekali Anda harus rutin membersihkan Gigi Anda ke dokter Gigi.

1. Bleaching Gigi

Bleaching gigi merupakan metode yang sering dilakukan untuk mendapatkan tampilan gigi yang lebih putih, bersih dan berkilau. Biasanya dalam metode ini, dokter akan menggunakan bahan campuran Hidrogen Peroksida dengan gel pemutih gigi untuk hasil yang lebih optimal.

Gel pemutih gigi akan diaplikasikan dengan bantuan sinar laser yang diarahkan pada bagian gigi yang terdapat flek hitamnya. Untuk prosesnya sendiri tidak lebih dari 1 jam, sedangkan untuk hasilnya mampu bertahan hingga 1 tahun atau bahkan lebih. Tergantung dari perawatan yang Anda lakukan.

2. Veneer Gigi

Veneer merupakan perawatan medis khusus gigi yang dilakukan dengan menutup gigi dengan bahan khusus yang terdapat flek atau noda hitam yang sulit dihilangkan. Biasanya perawatan seperti ini dilakukan untuk gigi yang sudah bermasalah, seperti gigi keropos hitam, gigi yang memiliki warna gelap, gigi renggang, atau bahkan flek hitam yang sudah menempel keras pada gigi.

3. Dental Prophylaxis

Dental Prophylaxis sendiri merupakan cara medis yang dilakukan untuk membersihkan gigi dari noda atau flek hitam serta menjaga dan melindungi gigi dari penyakit dan kerusakan yang lebih parah. Dalam metode ini biasanya akan dilakukan dengan dua cara yang berbeda, yaitu:

  • Polishing – merupakan cara yang digunakan untuk membersihkan flek hitam dengan memoleskan pasta gigi khusus yang berfungsi untuk menghilangkan dan mengikis noda hitam pada gigi. Noda akan hilang saat gigi sudah dibersihkan.
  • Scaling – merupakan cara medis yang digunakan untuk membersihkan noda pada gigi dengan bantuan alat ultrasonic scaler yang mampu membersihkan plak yang sudah mengeras. Untuk hasil yang lebih optimal, sisa plak akan dibersihkan dengan cara manual hingga ke sela-sela gigi secara menyeluruh.

Itulah beberapa cara menghilangkan flek hitam pada gigi baik dengan cara alami maupun medis.

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *