Thursday , October 22 2020

Pesona Komplek Wisata Candi di Alam Dieng

Kawasan wisata Dieng yang terletak di Wonosobo Jawa Tengah ini memang sangat terkenal. Ini adalah salah satu tempat dataran Tinggi yang memberikan pesona alam mengagumkan. Anda bisa mendatangi tempat ini untuk menghabiskan waktu musim libur panjang bersama keluarga. Tidak hanya wisata alam yang menarik tapi juga perjalanan sejarah alam yang tidak bisa dilepaskan dari dataran tinggi Dieng. Komplek wisata di tempat ini tidak hanya berisi berbagai jenis kawah tapi juga candi dan pemandangan alam.

Dinamika Wisata Alam Dieng

Untuk mencapai kawasan wisata Dieng maka Anda harus menempuh perjalanan panjang. Perjalanan menuju puncak Dieng diisi dengan jalan yang berkelok-kelok dan jalan kecil. Karena itulah perjalanan akan membutuhkan waktu yang panjang dan alangkah lebih baik jika Anda memilih berangkat mulai dari pagi. Suhu udara di kawasan Dieng memang cukup rendah. Anda bisa menyiapkan berbagai pakaian tebal karena suhu disini bisa mencapai 7 derajat Celcius. Selain wisata alam yang menyegarkan maka Anda juga bisa melihat situs wisata sejarah.

Aktivitas Wisata Dieng

Untuk menikmati wisata Dieng maka Anda bisa menginap selama beberapa hari. Ada banyak rumah yang disediakan untuk penginapan dengan pelayanan keluarga. Selain itu Anda juga bisa menginap di hotel atau losmen. Berikut ini adalah beberapa aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan.

Wisata Sejarah dan Komplek Candi

Dieng memiliki kawasan atau komplek khusus yang terdiri dari beberapa jenis candi. Kawasan ini memang menyimpan sejarah yang sangat dekat dengan perkembangan agama Hindu di Jawa Tengah. Beberapa jenis kawasan komplek candi yang bisa Anda kunjungi adalah:

Candi Arjuna

Candi Arjuna adalah kawasan candi yang berisi lima candi utama. Empat candi yang menghadap ke arah barat adalah Candi Srikandi, Candi Sembadra, dan Candi Puntadewa. Sementara itu candi yang menghadap ke arah Timur adalah Candi Semar.

Candi Arjuna merupakan candi utama yang berukuran kurang lebih sekitar 6 meter persegi. Bagian yang paling menarik dari Candi ini adalah atapnya yang berbentuk kerucut sehingga dari bagian bawah candi memiliki bentuk yang besar kemudian akan terus mengecil hingga ke bagian atas. Pada bagian dalam candi terdapat sebuah yoni yaitu tempat untuk menampung air yang berasal dari bagian atap candi. Air akan mengalir ke bagian depan candi jika sudah penuh.

Sementara itu Candi Semar yang menghadap ke arah Timur adalah candi yang memiliki ukuran sekitar 3,5 x 7 m. Candi ini memiliki bentuk dasar limasan yaitu candi dengan bentuk yang lebih pendek pada bagian dasar. Sementara itu candi lain yang berada di kawasan ini adalah seperti candi Sembadra, candi Srikandi dan Candi Puntadewa memiliki bentuk seperti kubus. Semua jenis candi memiliki bentuk yang berbeda sehingga tidak membosankan.

Candi Gatotkaca

Candi Gatotkaca adalah salah satu candi yang terletak sekitar 300 meter dari komplek candi Arjuna. Untuk berjalan ke candi ini maka Anda bisa menyusuri jalan setapak yang sudah dibangun dengan baik. Candi ini sudah didirikan pada masa pemerintahan Ratu Sima. Bangunan candi ini memiliki tinggi sekitar 1 meter dengan bentuk bujursangkar. Pada bagian selatan, utara dan timur memiliki bagian candi yang lebih menjorok ke luar. Pintu masuk candi terletak pada bagian barat dan ada anak tangga yang terlindungi oleh sebuah bilik.

Selain itu masih ada candi lain yang wajib Anda kunjungi saat datang ke komplek wisata alam Dieng. Candi Bima menjadi candi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Satu tips yang paling sering di berikan kepada pengunjung adalah jika Anda datang ke tempat ini maka hendaklah berhati-hati dengan tingkah laku dan ucapan. Percaya atau tidak, tapi ini adalah aturan tradisi yang masih di jaga hingga saat ini.

About Bas