Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Mengunduh Aplikasi!

Mempunyai ponsel yang canggih dan pintar, membuat kita ingin terus memperbaharuinya. Entah itu kita perbaiki di bagian luarnya, atau dengan menambahkan gigabyte memori agar kita bisa dengan leluasa menyimpan segala file yang kita butuhkan, atau dengan mengunduh aplikasi yang semakin mempercantik ponsel anda. Khusunya untuk smartphone, hal ini seperti menjadi sebuah kewajiban yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, tak akan meriah dan seru jika ponsel pintar yang kita miliki miskin aplikasi alias tidak memiliki variasi untuk membuat kita betah lama-lama menggenggamnya.

Terutama aplikasi yang bisa kita semua unduh di Play Store. Banyak aplikasi yang menggiurkan. Apalagi jika memang aplikasi tersebut adalah bidang yang paling kita sukai. Pasti tidak akan fikir panjang, langsung saja diunduh. Namun, aplikasi-aplikasi yang akan anda jadikan salah satu ikon utama di smartphone anda ini harus benar-benar ditilik lebih dalam lagi, pembaca. Mungkin jumlah aplikasi yang gratis berjumlah jutaan. Namun itu semua tak bisa disandingkan dengan kualitas dan hasilnya. Ada aplikasi yang reviewnya bagus, namun ketika kita sudah mendownloadnya, hasilnya tidak sesuai dengan yang ada di review.

Sebelum mengunduh aplikasi, ada baiknya anda mementingkan beberapa hal ini. Bukan hanya untuk sekedar saran, tapi tips ini juga berguna untuk kelanggengan atau keawetan ponsel anda. Penasaran? Silahkan cek tips-tips berikut ini dan, selamat mengaplikasikannya!

1. Baterai

Aplikasi yang boros baterai disarankan untuk dihindari dan tidak perlu diunduh. Mengapa? Karena, tonggak utama dari sebuah ponsel adalah baterai. Bayangkan jika ponsel anda tidak mempunyai baterai atau kehabisan baterai? Tentu akan menghambat seluruh aktivitas di ponsel anda, bukan? Nah, untuk mencegah semua itu, sebelumnya, ada baiknya kita harus mengunduh aplikasi penghemat baterai yang ada di Play Store. Jangan sembarang unduh saja. Perhatikan integritas aplikasi tersebut dengan meminta saran kepada orang-orang yang telah menggunakannya atau telah mengalaminya. Pengalaman adalah guru terbaik, jadi jangan lupa untuk menggunakan pengalaman anda dalam menentukan kebaikan untuk ponsel anda. Dan lebih baiknya lagi, jika anda langsung membeli smartphone yang sudah dirancang bersama penghemat baterai. Tetapi kembali lagi, semuanya bagaimana anda selaku penggunanya.

2. Paket Data

Suatu hari anda mengunduh aplikasi yang hanya berkisar 16 megabyte. Namun, saat anda mengecek kuota internet anda, 100 megabyte yang anda punya kini tinggal 50 megabyte. Mengapa bisa, ya? Itu semua karena iklan yang ditampilkan oleh situs penawar aplikasi. Dengan iklan, besar kuota semula yang dibutuhkan misalkan hanya 16 megabyte, semuanya dijadikan dua kali lipat lebih besar. Selain iklan, jika situs atau aplikasi yang anda buka terbilang rumit dan dengan desain yang bagus, itu juga bisa menyedot kuota internet yang anda miliki.

About Bas